17 Tahun, 93 Persen Desa di Sulbar Teraliri Listrik

Ada sekitar 660 desa di Sulbar yang dibentuk pada tahun 2004

Makassar, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah mengalirkan listrik ke hampir semua dari sekitar 660 desa di Sulawesi Barat. Kondisi itu disampaikan Gubernur Ali Baal Masdar pada momen ulang tahun ke-17 Provinsi Sulbar.

"Berkat kerja keras pemerintah, 93,80 persen desa di Sulbar telah menerima listrik sebagai sentuhan pembangunan yang dijalankan pemerintah,” kata Ali Baal dikutip dari Antara, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Baju Adat Dipakai Wapres, Pusat Diminta Perhatikan Sulbar

1. Empat kabupaten sudah terima listrik 100 persen

17 Tahun, 93 Persen Desa di Sulbar Teraliri ListrikGubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar . ANTARA Foto/Amirullah

Sulbar dengan ibu kota Mamuju merupakan provinsi hasil pemekaran dari Sulawesi Selatan. Provinsi ini dibentuk pada 5 Oktober 2004.

Kini, Ali Baal menyebut empat kabupaten di Sulbar sudah teraliri listrik seratus persen. Masing-masing Majene, Polman, Mamuju, dan Mamuju Tengah.

2. Listrik tingkatkan aktivitas ekonomi masyarakat

17 Tahun, 93 Persen Desa di Sulbar Teraliri ListrikIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur menyatakan pemerintah di Sulbar terus berupaya agar seluruh desa mendapatkan layanan listrik. Aliran listrik diharapkan bisa meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Selama 17 tahun, Sulbar, pemerintah telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan listrik dinikmati oleh masyarakat agar terbantu dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” katanya.

3. Berbagai infrastruktur penunjang listrik dibangun

17 Tahun, 93 Persen Desa di Sulbar Teraliri ListrikIlustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). IDN Times/Yuda Almerio

Ia juga menyampaikan pemenuhan kebutuhan listrik di Sulbar. Selain kelistrikan PLN, Pemprov Sulbar juga telah membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik. Sejak tahun 2017 telah dibangun dua pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Sulbar..

Kemudian selain itu telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak lima unit pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 juga dibangun listrik hemat energi 3.956 unit dan easy electric 84w unit.

Baca Juga: Kantor Gubernur Sulbar yang Roboh Akibat Gempa Mulai Dibangun

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya