Comscore Tracker

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diri

Sepertinya kehidupanmu butuh sedikit permak nih

Jika kamu tinggal di satu tempat terlalu lama, baik secara fisik maupun mental, kebosanan dan rasa tak puas diri dapat dengan mudah muncul. Perasaan gelisah itu membuatmu mendambakan sesuatu yang baru untuk membuat hidup kembali bersemangat.

Kalau masih ragu, lima hal di bawah ini mungkin bisa meyakinkanmu, apakah kamu memang siap untuk membuat perubahan besar dalam hidup atau tidak.

Baca Juga: Hidup dalam Ketakutan? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Bebas Menjalani Hidup

1. Kamu sering merasa lelah

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diriilustrasi perempuan memejamkan mata (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Salah satu tanda terbesar bahwa sesuatu perlu diubah dalam hidup adalah ketika kamu merasa tidak tertarik, tidak bersemangat, dan tidak termotivasi sepanjang hari. Kamu perlu melihat jauh ke dalam hati dan mencari tahu apa yang harus tetap ada dalam hidup dan apa yang telah melemahkannya. Rasa bosan bisa berbahaya.

Jangan jatuh ke dalam perangkap kepuasan diri dan merasa seperti kamu tidak dapat membuat perubahan dalam hidup. Kamu adalah makhluk yang kuat dan mampu melakukan banyak hal. Jalani hidup sesuai dengan rancangan besar di kepalamu, bukan dengan cetak biru orang lain.

2. Ada gairah dalam hidup yang belum terpenuhi

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diriilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/DANNY G)

Ketika kamu masuk kerja setiap hari, apakah benar-benar merasa terinspirasi dan siap untuk menghadapi hari lain? Atau apakah kamu merasakan perasaan takut yang luar biasa? Jika kamu memiliki semangat di hati untuk mencapai sesuatu, jangan pernah mencoba untuk memadamkan semangat itu.

Semakin lama kamu mencoba membungkam suara itu di dalam, semakin kuat jadinya. Terlalu banyak orang menghabiskan hidup mereka melakukan hal-hal yang tidak benar-benar mereka nikmati. Jadi, jika kamu memiliki mimpi yang masih hidup di dalam jiwa, biarkan hal itu hidup kembali.

3. Kamu jatuh dalam kebiasaan buruk

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diriilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/Brooke Cagle)

Ketika orang menjadi tidak tertarik pada lingkungan dan kehidupan sehari-harinya, mereka sering menggunakan hal-hal negatif seperti narkoba, alkohol, makanan, seks, perjudian, dan kecanduan lainnya untuk sekadar mengatasi rasa bosan itu. Kecanduan sering dianggap sebagai akibat langsung dari gaya hidup modern yang sibuk, tetapi kamu dapat mengatasi kebiasaan buruk tersebut dengan mengubah hidup kalian bahkan dengan cara-cara kecil.

Sayangnya, perilaku merusak diri sendiri sudah sangat umum di dunia saat ini. Namun, hal itu dapat dikalahkan dengan hidup dari tempat yang penuh kasih dan mengandalkan kesadaran di dalam hati kalian. Hanya kalian yang memegang kunci takdir kamu sendiri dan karena itu kamu harus merobohkan penghalang di dalam diri sendiri.

4. Sisi buruk yang dimiliki dunia terlihat dengan jelas

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diriilustrasi perempuan melamun (unsplash.com/Rachel McDermott)

Saat melangkah ke luar ke dunia, kamu bisa menyadari ada banyak sekali masalah dan kebohongan yang mengelilingi. Majalah, iklan, acara TV, dan bisnis, semuanya menginginkan perhatiamu. Jika kamu tidak memiliki minat untuk mengikuti dunia yang tampaknya sudah tidak baik lagi ini, itu artinya kamu pasti siap untuk memulai jalan menuju pencerahan dan perubahan besar dalam hidup.

5. Merasa lelah dengan hubungan yang ada

5 Kondisi Hidup Tanda Kamu Sudah Siap Mengubah Diriilustrasi teman (unsplash.com/Gemma Chua-Tran)

Setiap orang yang kamu temui memainkan peran dalam hidup, bahkan jika mereka tidak bertahan lama di dalamnya. Namun, terkadang bahkan persahabatan jangka panjang dan hubungan romantis bisa mulai runtuh begitu kedua orang mulai berjalan ke arah yang berbeda dalam hidup.

Tidak apa-apa untuk mengakhiri hubungan dengan mereka yang tidak lagi punya koneksi dengan kalian. Itu karena pada akhirnya kalian harus melakukan yang terbaik untuk pertumbuhan pribadi kalian sendiri. Ini juga dapat berlaku untuk hubungan yang kalian miliki dengan diri sendiri.

Mungkin kamu berharap bisa lari dari diri sendiri dan memulai kembali sebagai seseorang yang baru. Memang, semua orang pernah merasakan hal ini dari waktu ke waktu, tapi tidak harus menjadi orang lain untuk memulai yang baru. Kamu dapat menjadi diri yang baru kapan pun kalian mau dan waktu terbaik untuk melakukannya adalah sekarang.

Baca Juga: 5 Tips Untukmu yang Merasa Hidup Berantakan karena Hilang Arah

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya