Comscore Tracker

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyo

#IDNTimesLife Kamu akan mendapatkan perhatian yang positif

Jika asal mendapatkan perhatian dari orang lain, tentu tidak sulit. Buat saja mereka kaget dengan apa yang kamu lakukan maka kamu sudah memperoleh perhatian tersebut. Akan tetapi, yang perlu dipastikan ialah kamu mencari perhatian dalam arti yang positif. 

Kamu ingin terlihat menarik bagi orang lain, khususnya lawan jenis yang sedang didekati. Kita tak akan berbicara tentang apakah pada akhirnya seseorang jatuh cinta padamu atau tidak. Namun, kamu bisa menerapkan tujuh tips berikut ini supaya sosokmu tak terlewatkan begitu saja olehnya. Simak, yuk.

1. Jaga penampilanmu agar tetap bersih

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selalu berpakaian serapi seperti ketika kamu hendak pergi ke kantor tentunya berlebihan. Bukannya menarik, kamu justru tampak sebagai pribadi yang kaku dan kurang bisa bersantai. Kamu cuma perlu lebih fokus pada kebersihan diri, kok.

Sebab bagaimanapun juga, tidak ada orang yang nyaman berada di dekat sesuatu atau seseorang yang kotor. Mandi teratur, rutin mengganti pakaian, dan mengenakan wewangian secukupnya pasti bukan hal sulit, kan?

2. Dalami suatu bidang dengan serius

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Ketika kamu menceburkan diri ke suatu bidang mula-mula orang bakal tertarik dengan apa saja yang kamu lakukan, mengapa itu penting bagimu, bagaimana prospeknya, serta apa tujuan terbesarmu. Kamu tidak perlu repot-repot membuka percakapan.

Orang lainlah yang akan memulainya saking penasarannya pada keterikatanmu dengan bidang tersebut. Dari sekadar ingin tahu, dia kemudian menilai dirimu punya keseriusan yang tinggi tehadap bidang itu. Bila kamu telah menyukai sesuatu, dirimu tidak main-main dalam mengerjakannya. Penilaiannya tentang totalitasmu merupakan hal yang positif.

3. Jadilah pendengar yang baik, tapi bukan pasif

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/Ron Lach)

Apabila kamu mendengarkan dengan pasif, lawan bicara justru akan bosan dan merasa percakapannya denganmu gak memberinya hasil apa-apa. Responsmu sangat sedikit dan tidak berarti, sedangkan ceritanya banyak sekali.

Namun jika kamu menjadi pendengar yang baik, dirimu tak sekadar menampung ceritanya melainkan juga meresponsnya pada saat yang tepat. Yaitu dengan tidak menyela perkataannya dan tanggapanmu sesuai dengan topik yang dibicarakannya. Obrolan bakal terus berlanjut dan terasa menyenangkan kalau begini.

4. Tunjukkan bahwa kamu pribadi yang dewasa, bukan malah kekanak-kanakan

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/saad ibrahem)

Terlalu manja hanyalah salah satu dari ciri ketidakdewasaan. Di samping itu masih ada sifat egois, ketidakberanian mengambil keputusan sendiri, perilaku tidak bertanggung jawab, dan sebagainya. Semua bentuk ketidakdewasaan ini bakal bikin orang lain capek berhadapan denganmu.

Sebaliknya, kedewasaanmu membuatnya tenang berada di dekat kamu. Dengan tingkat kedewasaan psikis yang setara, mendiskusikan apa saja mudah untuk kalian. Tukar pikiran dan perasaan akan terjadi secara timbal balik, bukan cuma satu arah.

5. Miliki kepedulian dan empati pada siapa saja

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat kamu berusaha menarik perhatian seseorang, kemampuanmu dalam menunjukkan kepedulian dan empati akan diuji. Meski kamu peduli dan mampu berempati padanya, ini belum cukup buat bikin dia benar-benar tertarik.

Kamu perlu memperluas kepedulian serta empatimu. Dia akan tahu bahwa mudahnya kamu memedulikannya serta berempati padanya adalah karena dirimu menyukainya dan ingin mendapatkan perhatiannya. Akan tetapi, ia lebih menghargai kepedulian serta empati yang tidak tebang pilih sebab itu lebih menggambarkan ketulusan.

6. Kurangi keinginan untuk menilai dan mengontrol orang lain

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi ketertarikan (pexels.com/Samson Katt)

Makin besar keinginanmu menilai dan mengontrol orang lain, dirimu tampak sedang berusaha menancapkan kekuasaan atas diri mereka. Dari sini, ia bisa menyimpulkan kurangnya sikap menghargaimu atas pilihan-pilihan yang diambil orang lain. 

Tanda dari besarnya keinginan menilai dan mengontrol orang lain yaitu kerapnya kamu menyalahkan pilihan hidup mereka. Lalu kamu mengatakan seharusnya mereka begini begitu seolah-olah dirimu tahu yang terbaik untuk setiap orang. Hindarilah sikap seperti ini karena sangat memuakkan. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan di Usia 20-an

7. Menjadi diri sendiri, tetap apa adanya meski terus bertumbuh

7 Tips Tampil Menarik tanpa Terkesan Caper, Gak Perlu Ngoyoilustrasi apa adanya (pexels.com/Dewey gallery)

Dalam prosesmu bertumbuh, mengembangkan kualitas diri serta kehidupanmu, ingatlah bahwa kamu belum sepenuhnya terbentuk menjadi sosok ideal yang dicita-citakan. Maka dari itu, tak usah berbual seakan-akan kamu telah mencapai versi diri yang terbaik.

Kamu tidak perlu melebih-lebihkan pencapaianmu dalam hal apa pun atau menggembar-gemborkan rencana hidupmu yang belum tentu terlaksana. Fokuslah menampilkan dirimu sebagaimana adanya saat ini sekalipun kamu terus berjalan menuju jutaan mimpi.

Menarik perhatian orang lain secara positif justru lebih mudah dilakukan apabila kamu tidak terlalu banyak memoles diri. Kamu harus percaya terhadap cahaya asli yang terpancar dari dalam dirimu. Bukan berusaha amat keras untuk mengarahkan seluruh lampu di sekitarmu pada kamu seorang. Mengerti, ya?

Baca Juga: Overthinking Rentan Bikin Kamu Pusing, Ini 5 Alasannya

Marliana Kuswanti Photo Community Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya