Comscore Tracker

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah

Hargai diri sendiri meski tanpa validasi orang lain

Banyak hal yang secara tidak langsung dapat menyebabkan kelelahan mental. Salah satunya adalah memiliki sifat gak enakan. Hal ini selain jadi penyebab kelelahan juga memancing hadirnya pikiran negatif.

Terlalu banyak memikirkan hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan juga menguras energi, kan? Oleh sebab itu, yuk lebih bijak lagi dalam menanggapi sesuatu. Kamu bisa dengan mulai mengenali hal-hal yang sebenarnya tidak perlu membuatmu merasa bersalah. Berikut 5 diantaranya.

Baca Juga: 6 Cara Mudah untuk Berhenti Merasa Bersalah, Pahami Perasaanmu Sendiri

1. Menolak

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa BersalahIlustrasi penolakan (by SHVETS production on Pexles)

Bagi orang yang mudah merasa tidak enak, tentunya menolak bukan hal yang mudah. Terkadang rasa ingin menyenangkan orang lain lebih besar daripada mengutamakan kepentingan sendiri.

Menolong orang lain memang sangat dianjurkan, namun jika hal tersebut dirasa menyulitkanmu, tak perlu memaksakan diri. Menolak bukan hal yang buruk. Sampaikan penolakanmu dengan baik dan jelas.

Namun, jika kamu mendapat perkataan buruk setelah melakukan penolakan, pahamilah bahwa hal tersebut bukan tanggung jawabmu. Buat batasan agar orang lain mengetahui sejauh apa hal yang bisa kamu lakukan untuk mereka tanpa perlu memaksakan diri.

2. Berkata jujur saat dimintai pendapat

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa BersalahIlustrasi berbincang (Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels)

Bukankah pendapat merupakan hal subjektif? Berkata jujur meskipun bertentangan dengan keinginan orang yang meminta pendapat justru lebih baik daripada berbohong.

Tidak perlu merasa bersalah mengenai pendapatmu. Namun, tetap harus menggunakan kalimat yang tidak menyakiti, ya! Berkata jujur bukan berarti boleh menghina seenaknya, lho! 

3. Memprioritaskan diri sendiri

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa BersalahIlustrasi komunikasi (by Andrea Piacquadio on Pexels)

Dirimu mengetahui apa saja yang perlu diprioritaskan dalam kehidupanmu. Jadi, tidak perlu merasa bersalah akan hal itu. Kamu boleh memilih untuk tidak ikut kumpul dengan teman karena sedang butuh istirahat, atau hal serupa yang mengharuskanmu untuk memilih.

Tentukan pilihanmu tanpa perlu merasa bersalah. Orang yang memahamimu akan memaklumi hal-hal seperti itu. Semakin dewasa akan semakin banyak hal yang mengharuskan kita untuk memilih, jadi jangan mempersulit diri dengan mudah merasa bersalah, ya!

4. Memutus hubungan yang tidak sehat

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa BersalahIlustrasi pertemanan (by Adrienn on Pexels)

Entah itu hubungan pertemanan atau dengan pasangan, jika terasa tidak sehat, lepaskan saja! Tidak perlu menghabiskan energimu dengan mempertahankan hubungan seperti itu.

Hubungan yang baik tidak akan membuatmu merasa terbebani, justru akan membuatmu bahagia, merasa beruntung, dan mensyukuri keberadaan mereka. Mungkin awalnya terasa berat, namun melepaskan hubungan yang tidak sehat akan membuatmu merasa lega di kemudian hari.

5. Memiliki perbedaan prinsip atau pandangan

5 Hal Ini Sebenarnya Tidak Perlu Membuatmu Merasa BersalahIlustrasi baik-baik saja (by Anna Shvets on Pexels)

Setiap orang memiliki alur hidup berbeda. Maka dari itu, tidak apa-apa jika prinsip hidupmu berbeda dengan orang lain. Tidak perlu merasa bersalah! Tidak perlu pula memaksa diri agar memiliki prinsip atau pandangan yang sama dengan orang lain. Cukup hargai perbedaan disekitarmu sebagaimana kamu ingin dihargai. 

Yuk, belajar menghargai diri sendiri dengan mengatur batasan dengan orang lain tanpa perlu merasa bersalah! Memiliki sifat tidak enakan akan membuatmu memikirkan hal-hal yang justru tidak perlu dipikirkan, dan itu akan menyusahkan diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Hubungan Asmara Kamu Sering Kandas

Dhini Chalista Photo Community Writer Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya