Comscore Tracker

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Now

Cerita drama yang sarat akan makna hidup

Drama It's Beautiful Now merupakan drama kategori long series yang episodenya berjumlah 50 episode. Drama bergenre romance family ini menceritakan tentang tiga laki-laki kakak-adik dalam menemukan cintanya sampai pada akhirnya mereka menuju ke jenjang pernikahan.

It's Beautiful Now yang tayang di KBS 2TV baru-baru ini mencapai peringkat penayangan tertinggi. Dilansir Soompi, drama itu mencetak rating versi Nielsen Korea rata-rata 27,4 persen untuk episode terbarunya. Itu menjadikannya sebagai program paling banyak ditonton di saluran mana pun pada hari Minggu.

Drama ini tidak hanya menceritakan kisah dari tiga pemeran utama, melainkan juga beberapa karakter lain. Nah, karena bergenre romance family, banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik nih dari drama Korea satu ini.

Apa saja sih, pelajaran hidup yang dapat dipetik setelah menyaksikan drama ini? Berikut pembahasannya.

Baca Juga: 11 KDrama yang Dibintangi Pemain Utama Drama It's Beautiful Now

1. Cinta datang tak terduga, kadang terlambat

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Lee Yoon Jae (Oh Min Suk) dan Sim Hae Joon (Shin Dong Mi) tidak pernah membayangkan bahwa pertemuan awal mereka di klinik Lee Yoon Jae pada gambar di atas, akan membawa mereka ke hubungan yang lebih serius. Keduanya sudah berada di umur yang tidak lagi muda. Yoon Jae berumur hampir 40 tahun dan Hae Joon 2 tahun lebih muda darinya.

Menjalin hubungan apalagi sampai menikah tidak ada dalam pikiran mereka. Namun nyatanya Hae Joon lebih dulu jatuh cinta pada Yoon Jae, dan Yoon Jae pun lama kelamaan juga jatuh cinta pada Hae Joon.

Cinta memang selalu datang di saat yang tidak terduga bahkan terlambat. Seperti sebuah pepatah mengatakan, semua akan indah pada waktunya.

2. Keluarga yang terpenting

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Drama ini juga akan memberikan pelajaran hidup bahwa keluarga selalu menjadi bagian terpenting dalam hidup. Walaupun Lee Hyun Jae (Yoon Si Yoon) sudah memiliki tempat tinggal sendiri, namun Ia sering mengunjungi orang tuanya baik untuk sekadar makan malam bersama ataupun menyampaikan suatu hal. Begitu juga Lee Yoon Jae dan Lee Soo Jae (Seo Bum June), walaupun mereka sibuk bekerja namun mereka selalu menyempatkan untuk sarapan atau makan malam di rumah dan berbincang dengan orang tua dan kakek mereka.

Pada gambar d iatas pun terlihat orang tua ketiga bersaudara ini sangat menghargai ayah mereka dengan bersama-sama berdiskusi untuk mengambil keputusan. Memang tidak dapat dimungkiri, di drama atau di kehidupan nyata, keluarga selalu menjadi yang terpenting.

3. Orang tua tidak pernah melupakan anaknya

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Pada episode terbaru terkuak bahwa anak perempuan dari kakek Yoon Jae, Hyun Jae, dan Seo Jae, yang sudah lama terpisah adalah Jin Soo Jung (Park Ji Young) Ibu dari Mi Rae (Bae Da Bin). Saat mengetahui ayahnya adalah kakek dari Yoon Jae dan memiliki keluarga yang bahagia, Jin Soo Jung marah dan tidak mau berbicara dengan ayah kandungnya tersebut.

Ia merasa ayahnya tega meninggalkannya di panti asuhan sedangkan ia justru mengadopsi anak lain dan bahagia bersama anak dan cucunya. Namun ayahnya berkata Ia tidak pernah meninggalkan Soo Jung, Ia hanya menitipkannya untuk sementara karena takut Soo Jung akan tertular penyakit TBC yang sedang dideritanya saat itu.

Kakek Yoon Jae merasa Ia tidak pernah meninggalkan Soo Jung, Ia bahkan selalu mengingatnya, bahkan Ia meninggalkan sampel DNA di kepolisian agar Ia bisa menemukan anak perempuannya. Orang tua seharusnya memang tidak pernah meninggalkan anak-anaknya, mungkin ada alasan kuat di balik semua kejadian tersebut.

4. Bijaksana dalam mengambil keputusan

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Lee Soo Jae ditipu oleh sahabat yang sudah dikenalnya sejak kecil. Saat itu Ia ingin sekali mempunyai usaha pusat kebugaran dan sahabatnya menjanjikan akan menjual pusat kebugaran miliknya kepada Soo Jae. Namun karena Soo Jae tidak memiliki uang sama sekali, maka Ia pun mengambil pinjaman besar agar bisa membeli pusat kebugaran tersebut. Sayangnya, sahabatnya tersebut memberikan kontrak palsu dan membawa pergi uang Soo Jae.

Selalu gagal dalam ujian pegawai negeri sipil, membuat Soo Jae ingin menyerah saja dan memiliki usaha pusat kebugaran agar tidak menyusahkan kedua orangtuanya lagi. Namun karena terlalu emosi dan kurang bijaksana dalam mengambil keputusan, Ia bahkan sampai berutang pinjaman dan justru membuatnya tertipu.

5. Berbohong tidak akan membawa kebaikan

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Lee So Jae dan Yuna (Choi Ye Bin) berbohong kepada kakek dan orang tua Soo Jae bahwa mereka pacaran dan akan menikah. Hal itu mereka lakukan agar Soo Jae bisa mendapatkan apartemen yang dijanjikan akan diberikan kepada siapa pun yang berhasil menikah dalam waktu 6 bulan.

Yuna yang awalnya menolak keinginan Soo Jae nyatanya setuju untuk berbohong bahwa mereka pacaran dan akan menikah. Namun setiap saat Yuna selalu dihantui rasa bersalah karena telah berbohong, terutama kepada Ibu Soo Jae yang sangat perhatian padanya. Sampai pada akhirnya Yuna tak tahan lagi dan mengaku kepada Ibu Soo Jae bahwa mereka telah berbohong.

Pengakuan Yuna pun berbuntut panjang, Ibu Soo Jae marah besar, Yuna selalu dihantui rasa bersalah, dan Soo Jae menyesal karena telah menyeret Yuna ke dalam rencananya. Hingga pada akhirnya mereka berdua pun berpisah.

6. Hidup kadang tidak sesuai dengan rencana

6 Pelajaran Hidup dari Drama Korea, It's Beautiful Nowcuplikan drama It's Beautiful Now (dok. Kbs/It's Beautiful Now)

Kakek Yoo Jae menemukan anak perempuannya yang telah lama menghilang, yang ternyata adalah Ibu dari tunangan Yoo Jae, Mi Rae. Padahal saat itu Yoo Jae dan Mi Rae sudah melakukan pertemuan keluarga dan telah menetapkan tanggal pernikahan mereka. Muncul masalah baru yaitu, apabila Kakek Yoo Jae mendaftarkan Ibu Mi Rae sebagai anaknya maka secara hukum Yoo Jae dan Mi Rae tidak bisa menikah.

Tragedi pun terjadi dalam perjalanan cinta mereka, segala hal yang sudah mereka rencanakan dan bayangkan akan berakhir bahagia, nyatanya terjadi hal-hal yang tak mereka duga sebelumnya.

Itu tadi enam pelajaran hidup yang dapat kita petik dari drama It's Beautiful Now. Drama ini memang sarat dengan makna hidup yang bisa juga menjadi inspirasi kita dalam memaknai kehidupan. Drama ini selain bisa jadi tontonan di kala senggang, juga bisa membuat kita banyak belajar, ya.

Baca Juga: 6 Artis Pemeran Utama Drama It's Beautiful Now, Bertabur Bintang!

Cicilia Rahmawati Photo Community Writer Cicilia Rahmawati

Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel, semoga bermanfaat, ya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya