Comscore Tracker

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteks

Beragam merek yang jadi penanda nama benda

Metonimia adalah majas yang berupa pemakaian nama ciri atau nama hal yang ditautkan dengan orang, barang, atau hal sebagai penggantinya. Gaya bahasa ini, baik sadar maupun tanpa sadar, sudah umum digunakan di masyarakat.

Bahkan, beberapa nama merek sudah terdaftar sebagai lema di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan definisi dari produk yang diperdagangkan. 

Langsung saja, berikut ini IDN Times bagikan 12 kosakata dalam KBBI yang diserap dari nama merek. Simak hingga akhir, ya!

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022

1. Klakson 

https://www.youtube.com/embed/RFcNJ6KaQmo

Klakson merupakan alat berupa trompet yang dibunyikan dengan listrik pada mobil atau kendaraan bermotor lain, digunakan sebagai tanda peringatan akan keberadaan kendaraan tersebut. 

Tahukah kamu? Kata klakson berasal dari merek dagang Klaxon yang diciptakan oleh Franklyn Hallett Lovell Jr. pada tahun 1908. Klaxon itu sendiri dambil dari kata kerja Yunani Kuno, klazō, yang artinya adalah 'aku menjerit'. 

Suara yang dihasilkan Klaxon pun berbeda dengan yang biasa terdengar dari klakson era modern ini. Penasaran? Tonton video di atas, ya!

2. Kodak

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Kodak (pixabay.com/PublicDomainArchive)

Pengertian kodak menurut KBBI adalah alat untuk memotret; kamera. Kemungkinan kata kodak terdengar ganjil bagi kawula muda, khususnya generasi Z dan Alfa. Namun, kata satu ini sangat populer di Indonesia puluhan tahun silam, lho. Maka itu, tak heran kodak diserap sebagai lema dalam KBBI. 

Kata ini berasal dari produk Eastman Kodak Company, perusahaan multinasional yang didirikan oleh George Eastman dan Henry Strong pada tahun 1892. Sayangnya, perusahaan ini mengalami kemunduran sejak memasuki abad ke-21. Hal ini bisa terjadi karena mulai ditemukannya teknologi fotografi digital. 

3. Kuteks 

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Cutex dari iklan di koran Keng Po, 13 Oktober 1927 (twitter.com/ivanlanin)

Pada daftar ketiga ada kuteks yang berasal dari Cutex, merek dagang untuk cat atau pewarna kuku pada masa penjajahan Belanda. Siapa, nih, yang gemar menghias kukunya dengan kuteks? 

4. Odol

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Odol (deutschesroteskreuzrussland.jimdofree.com)

Untuk kata yang satu ini, kamu pasti tidak asing lagi, deh. Tak banyak yang tahu, Odol merupakan merek dagang pasta gigi milik perusahaan Jerman, yakni GlaxoSmithKline.

Kata odol sendiri merupakan lakuran—kata baru yang terbentuk dari hasil penggabungan dua kata atau lebih—dari odous dalam bahasa Yunani yang artinya 'gigi' serta oleum dalam bahasa Latin yang artinya 'minyak'. 

5. Pamper

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Pampers (instagram.com/pampersus)

Menurut KBBI, pamper adalah celana bayi yang terbuat dari kertas berdaya serap baik dan kedap air dengan lapisan luar dari plastik tipis. Kata ini juga memiliki beberapa sinonim yaitu popok, lampin, dan diaper, lho. 

Populer hingga kini, Pampers merupakan nama merek dagang produk bayi dan balita milik perusahaan Amerika Serikat, Procter & Gamble atau juga kita kenal dengan singkatan P & G. 

6. Paralon

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Pralon (instagram.com/pralon_official)

Paralon merupakan istilah di KBBI untuk pipa PVC. Di sisi lain, Pralon adalah merek dagang pipa PVC yang pertama kali muncul sebagai pelopor dan terkenal di pasaran Indonesia, tepatnya sejak tahun 1963. 

7. Petromaks 

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Petromax (instagram.com/mamocamp)

Berdasarkan KBBI, petromaks adalah lampu yang menggunakan kaus sebagai sumbu, dinyalakan dengan batuan nyala spiritus, bahan bakar yang berupa minyak tanah disemburkan ke sumbu kaus oleh udara yang dipompakan. 

Kata ini diserap dari Petromax, nama merek produk lampu asal Jerman yang diciptakan oleh Max Graetz pada tahun 1910. Petromax sendiri berasal dari campuran kata petroleum dan Maxe, nama panggilan Max Graetz.  

8. Jip 

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Jeep (instagram.com/blkaut.photo)

Mobil kecil yang kuat, serba guna, bentuknya segi empat, lebih tinggi daripada sedan, beroda empat, untuk 4–10 orang merupakan pengertian dari "jip" di KBBI. Kata ini diserap dari Jeep, sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk mobil SUV.  

9. Silet

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Gillette (instagram.com/gillette)

Pisau berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua (tanpa pegangan) yang biasa kita sebut silet berasal dari Gillette, merek dagang milik perusahaan multinasional Procter & Gamble. Produk ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 September 1901 oleh seorang pebisnis Amerika bernama King Camp Gillette.

10. Termos

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Thermos (instagram.com/thermosbrand)

Termos merupakan botol yang diberi dinding rangkap untuk menyimpan minuman agar tetap memiliki suhu yang semula. Rupanya, kata ini berasal dari merek dagang milik Thermos LLC, produsen kemasan makanan dan minuman terinsulasi serta berbagai macam produk konsumen lain, yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

11. Vespa 

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Vespa (instagram.com/vespa)

Selanjutnya ada Vespa, yaitu merek dagang kendaraan bermotor beroda dua dari Italia. Kepopulerannya di Indonesia membuat produk satu ini tergeneralisasi sebagai istilah untuk kendaraan bermotor beroda dua, rodanya lebih kecil daripada roda sepeda motor, tidak berjeruji kawat atau kita sebut juga dengan skuter. 

12. Vetsin

12 Kosakata KBBI Serapan Nama Merek, Termos hingga Kuteksilustrasi produk Ve-Tsin (tokopedia.com/bosjayasantosa)

Berdasarkan KBBI, vetsin adalah bumbu tambahan untuk menyedapkan masakan berupa serbuk berwarna putih bersih, monosodium glutamat sebagai bahannya. Kata ini diambil dari nama produsen vetsin asal Shanghai, Tiongkok, yakni Tien Chu Ve-Tsin. 

Nah, itulah 12 kosakata dalam KBBI yang diserap dari nama merek. Dari daftar di atas, produk apa saja yang sudah pernah kamu jumpai? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Kata Ekspresi Gaul yang Kini Masuk KBBI, Ada Ajib hingga Songong

Matthew Suharsono Photo Community Writer Matthew Suharsono

We're lost in the rain, so let's run away.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya