Comscore Tracker

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!

Mengelola uang tanpa stres saat harga-harga naik

Tahun ini, masyarakat banyak dibombardir sama berita melesatnya harga kebutuhan. Mulai dari minyak, telur, mie, dan yang terbaru, bahan bakar minyak alias BBM.

Sebagai rakyat biasa yang gak berpenghasilan sultan, pastinya kenaikan harga berpengaruh banget. Dari yang awalnya mungkin uang Rp400 ribu bisa cukup buat belanja bulanan, eh sekarang harus merogoh dompet lebih dalam. Alhasil, kita perlu pintar-pintar nih mengelola pengeluaran. Tapi bukan sekadar pintar, kita juga wajib mindful!

Nah pertanyaannya sekarang, apa itu Mindful Spending? Intinya sih, ketika membelanjakan uang, kita berada dalam kesadaran penuh atas hal yang benar-benar penting. Jadi kita gak akan tergoda juga buat beli sesuatu yang sifatnya keinginan sesaat.

Kamu wajib simak nih, hal-hal apa aja yang bikin kamu makin mindful saat spending, yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan Finansial

 1. Renungkan apa prioritas diri 

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!Unsplash.com/Katie Harp

Kebanyakan dari kita sibuk hidup konsumtif demi menunjang lifestyle semata. Sekarang, untuk menghindari itu, waktunya merenungkan apa prioritas hidup kita. Apakah kita sering jajan kopi itu karena kebutuhan, atau sekadar gak enak menolak ajakan teman?

Karena ketika memahami kebutuhan dan yang bukan, kita bisa menggunakan uang secara lebih bijak. Misalnya untuk menambah dana darurat atau tabungan masa depan.

2. Pakai metode 'Pause Before Purchase' 

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!unsplash.com/Bruce Mars

Ini adalah metode biar kita bijak saat belanja. Intinya adalah memberi jeda dan memikirkan baik-baik kenapa kita harus beli barang XYZ. Pikirkan juga apakah kebutuhan pokok kita sudah terpenuhi sebelum beli barang yang sifatnya tersier.

Kasih jeda sehari, seminggu, atau sebulan, sampai betul-betul merefleksi sejauh mana kita butuh barang ini.

3. Kritis bertanya pada diri sendiri 

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!unsplash.com/Magnet.me

Kamu bisa tanya ini ke dirimu: Apakah aku perlu beli ini? Untuk apa? Adakah barang lain yang bisa dipakai di rumah? Bakal sering terpakai atau cuma sesaat aja? Ada added value kah yang didapatkan kalau beli ini? Kalau gak beli, apakah hidupku akan baik-baik aja?

4. Kita berbeda dengan orang lain 

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!unsplash.com/Clay Banks

Sadari dulu guys, kalau setiap pribadi itu gak sama. Berbeda kemampuan finansial, beda prioritas kebutuhan hidup, dan pastinya berbeda cara dalam menggunakan uang.

Gak perlu memaksakan standar hidup orang lain biar pas dengan hidup kita. Karena yang ada nanti malah gak match, dan bisa jadi malah merugikan hidup sendiri.

5. Selalu bersyukur dan merasa cukup 

Kelola Finansial dengan Mindful Spending, Gak Panik saat Harga Naik!unsplash.com/Alora Griffiths

Kenaikan harga itu sesuatu yang berada di luar kendali kita. Biar hal ini gak mempengaruhi kebahagiaan hidup kita, ada baiknya jika terima dan rela dulu dengan kondisi yang ada.

Bersyukur dan merasa cukup membantu kita lebih lapang di situasi sempit. Tapi dengan tetap diiringi rasa semangat dan berusaha sebaik mungkin buat bertahan.

Nah itu dia tips agar mindful dalam mengelola uang. Memang tidak semudah kedengarannya, tapi lebih sulit lagi jika kita tidak bisa survive di tengah biaya hidup yang melesat naik. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan ala Anak Kos, Cukup Sampai Akhir Bulan!

Aghniya Ilma Hasan Photo Community Writer Aghniya Ilma Hasan

Seorang penulis yang passionate di bidang sharia-finance.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya