Comscore Tracker

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!

Buat kamar mandi lebih fresh!

Bosan dengan tampilan kamar mandi? Hal ini memang bisa terjadi ketika kamar mandi sudah cukup lama tak mengalami perubahan  penampilan.  Salah satu cara mengubah kamar mandi umumnya adalah dengan melakukan renovasi dan melakukan perubahan di sana sini.

Namun renovasi tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Jika kamu ingin mengubah penampilan kamar mandi  namun tak punya cukup anggaran untuk melakukannya, jangan khawatir. Ada beberapa cara  ramah biaya untuk mengubah tampilan kamar mandi kamu.

Berikut adalah lima cara mudah dan hemat untuk membuat kamar mandi kamu berubah dalam waktu singkat.

1. Mengganti warna cat

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!ilustrasi cat (Pexels.com/Lorena Martínez)

Kamu bisa mengganti warna cat dinding kamar mandi dengan warna favorit kamu. Hal ini tidak harus kamu lakukan untuk semua permukaan dinding. Bahkan jika kamu hanya mengganti salah satu sisi dinding saja, itu sudah cukup membuat perubahan yang besar.

Tetapi kamu tetap harus memperhatikan paduan warna yang akan didapatkan setelah kamu melakukan pengecatan ulang pada salah satu sisi dinding. Pastikan warna cat baru yang ditambahkan akan tampil serasi dengan warna dinding semula.

2. Tambahkan tanaman

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!ilustrasi tanaman (Pexels.com/Huy Phan)

Menambahkan tanaman ke dalam kamar mandi akan memberi efek yang cukup besar. Tanaman akan membuat suasana terasa lebih dekat ke alam dan membawa kesegaran.

Pilihlah  jenis  tanaman  yang tahan dipelihara dalam ruangan dan tak rumit cara memeliharanya. Pastikan juga tanaman yang akan kamu letakkan dalam kamar mandi menyukai kelembaban. Beberapa jenis tanaman bahkan mempunyai manfaat sebagai pembersih udara, seperti Sansevieria, sirih gading dan lain-lain.

3. Buat galeri di dinding

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!ilustrasi galeri dinding (Pexels.com/Mike B)

Kamu juga bisa mengisi dinding kosong  di kamar mandi dengan memasang beberapa karya seni buatanmu yang dipigura. Jika kamu tak suka melukis atau menggambar, kamu juga bisa mencetak gambar atau menulis sendiri beberapa quotes untuk dipigura dan dipasang di dinding.

Saat membuat galeri di dinding, hindari mengisi area dinding  terlalu penuh.  Ukurlah seberapa besar ukuran pigura dan seberapa banyak karya yang sebaiknya kamu pasang agar galeri dinding menjadi detail yang menarik dan bukan malah memberi kesan sesak dan berantakan.

Pastikan kamu memakai pigura berkaca untuk menjaga isi pigura dari kerusakan akibat sering terkena cipratan air.

4. Pasang wallpaper atau stiker

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!ilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Max Vakhtbovych)

Memasang wallpaper  juga bisa membuat tampilan dinding berubah seketika. Namun wallpaper juga bisa menjadi cukup mahal jika harus menutup semua permukaan dinding.  Seperti halnya cat, kamu pun bisa memasang wallpaper hanya pada salah satu bagian dinding kamar mandi.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya adalah dengan menggunakan stiker. Saat ini sudah banyak stiker dinding dengan aneka desain yang berharga terjangkau.

Sesuaikan motif dengan tema dekorasi asli kamar mandi saat ini agar tak terkesan sebagai tempelan yang mengganggu dekorasi awal.

5. Mengganti pernak-pernik

5 Cara Hemat Mengubah Tampilan Kamar Mandi, Lebih Fresh!Ilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Christa Grover)

Pernak-pernik di kamar mandi adalah detail yang memberi aksen berbeda pada tampilan kamar mandi. Mengubah beberapa pernak-pernik tentu lebih menghemat biaya dibandingkan dengan mengganti banyak perabot di kamar mandi.

MIsalnya saja, kamu bisa mengganti gagang shower dengan warna baru maka kesan yang didapat akan sangat berbeda dengan kamar mandi sebelumnya. Begitu juga jika kamu mengganti cermin persegi dengan cermin oval. Bahkan mengganti tirai kamar mandi pun bisa menjadi cara jitu untuk menghasilkan efek tampilan baru.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan tema desain kamar mandi saat memutuskan membeli pernak-pernik baru agar desainnya bisa menyatu. Dan kamu juga tak harus mengganti semua detail, cukup sebagian saja.

Lima cara diatas sangat mungkin dilakukan dengan biaya yang lebih rendah daripada biaya renovasi. Kamu bisa melakukannya dengan menyesuaikan pilihan dengan biaya yang sudah kamu anggarkan.

Cermatlah dalam memilih dekorasi dan item yang akan kamu beli. Pastikan penghematan yang kamu upayakan tidak justru menjadi over budget karena salah perhitungan.

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya