Comscore Tracker

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktif

Manfaatkan tips sederhana ini dalam keseharianmu

Manajemen waktu adalah sesuatu yang kebanyakan orang ingin tingkatkan, terutama di tempat kerja. Sebuah survei oleh salary.com menemukan 89% responden mengaku membuang-buang waktu setiap hari di pekerjaan mereka.

Dengan maraknya penggunaan ponsel, media sosial, dan email yang sering mengganggu kita, menjadi sukses dalam manajemen waktu semakin sulit untuk dicapai.

Nah, untuk kamu yang sedang berupaya memperbaiki manajemen waktu, bisa menerapkan lima tips sederhana ini. Kamu bakal lebih produktif di tempat kerja.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Waktu agar Tidak Terbuang Sia-Sia, Wajib Tahu!

1. Atur pengingat untuk semua tugas 

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktiffreepik.com

Kunci keberhasilan manajemen waktu adalah mengetahui tenggat waktumu dan mengatur pengingat. Sebagai contoh, menyetel pengingat 15 menit sebelum rapat atau acara agar Kamu dapat mempersiapkan dan mengumpulkan barang-barangmu

2. Buat perencana harian 

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktiffreepik.com

Buat daftar tugas yang perlu kamu selesaikan hari itu, dan catat dalam rapat atau tenggat waktu yang akan datang saat kamu menyadarinya. Saat kamu menyelesaikan daftar, pastikan untuk menandai tugas yang telah diselesaikan. 

3. Beri waktu untuk setiap tugas 

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktiffreepik.com

Pada daftar harian tentang hal-hal yang harus dilakukan, tuliskan berapa banyak waktu yang kamu pikirkan untuk setiap tugas yang akan akan dilakukan. Jika tidak selesai, berhentilah ketika waktu yang kamu berikan berakhir, dan kembali lagi nanti. Terkadang pindah ke tanggung jawab yang berbeda dan kemudian kembali memberi pikiranmu awal yang baru dan perspektif baru.

4. Blokir gangguan 

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktiffreepik.com

Pertama dan terpenting, matikan notifikasi email dan sosial mediamu. Tetapkan blok 30 menit untuk memeriksa email ataupun sosmed setiap beberapa jam alih-alih memeriksanya setiap 15 menit. Pastikan kamu meminimalkan gangguan di luar pekerjaan seperti ponsel, media sosial, atau toko online favoritmu.

5. Tetapkan rutinitas 

5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktiffreepik.com

Saat bekerja, buat rutinitas yang paling masuk akal untuk posisimu. Mengapa ini penting? Sebagai permulaan, jika hari yang kacau datang, kamu masih akan mengatasi masalah tersebut sambil mengikuti rutinitasmu. Dengan tetap berpegang pada rutinitas, kamu tidak akan bisa menunda-nunda.

Itu tadi tips-tips untuk meningkatkan produktivitas lewat manajemen waktu. Sudah siap untuk menerapkannya di tempat kerja?

Baca Juga: 6 Tips agar Terhindar dari Mindset Gak Enakan biar Gak Rugi Sendiri!

uzik nurrikza Photo Community Writer uzik nurrikza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya