Comscore Tracker

Viral Warga Makassar Ini Beli Mobil Rp271 Juta Pakai Uang Koin

Pembeli bawa 9 galon uang koin buat beli mobil Toyota Rush

Makassar, IDN Times - Seorang laki-laki bernama Asriadin Syamsuddin (40) bersama istrinya membawa bergalon-galon uang koin ke dealer Kalla Toyota Cokroaminoto Makassar, Selasa (28/9/2021). Uang itu ternyata digunakan untuk membeli mobil Toyota Rush.

Hal itu terbilang unik karena sangat jarang orang membayar mobil seharga ratusan juta menggunakan uang koin maupun uang receh. Pastinya, membutuhkan banyak tenaga untuk menghitung uang tersebut. 

"Proses pembeliannya sama seperti biasa. Cuma dia bedanya di proses pelunasannya. Karena dia belinya cash pakai uang koin dan receh," kata Customer Relation Person Firda Agustiandi kepada IDN Times, Selasa.

1. Membawa 9 galon uang koin

Viral Warga Makassar Ini Beli Mobil Rp271 Juta Pakai Uang KoinIlustrasi uang koin sumbangan dari masyarakat (IDN Times/Ervan)

Biasanya, pelanggan yang hendak membeli mobil akan membayar melalui transfer rekening atau membawa uang tunai yang dikeluarkan langsung dari bank dengan pecahan Rp50.000 atau Rp100.000. 

Hingga tadi, karyawan dealer belum selesai menghitung. Untuk hari ini, karyawan dealer baru menghitung uang pecahan Rp2.000. Sisanya yang uang koin, akan dihitung besok karena pelanggan tersebut membawa 9 galon uang koin.

"Tapi dia pembayarannya menggunakan uang receh pecahan Rp500, Rp1.000 dan Rp2.000. Kemarin dia sudah DP Rp10 juta. Bayarnya pakai uang receh juga. Kali ini dia bawa lagi uang receh sekitar Rp150 jutaan," katanya.

2. Uang receh untuk mobil seharga ratusan juta

Viral Warga Makassar Ini Beli Mobil Rp271 Juta Pakai Uang KoinToyota Rush Sportivo Ultimo (wikipedia)

Menurut penuturan Firda, pembeli tersebut merupakan wiraswasta asal Sidrap yang memiliki usaha di Makassar. Sehari-hari dia menjalankan usahanya menjual barang campuran.

Pelanggan tersebut membeli sebuah mobil Toyota Rush berwarna merah seharga Rp271,5 juta. Namun mobil belum diserahkan ke pelanggan tersebut.

"Penyerahan mobilnya di awal bulan. Mobilnya masih belum di Makassar, masih di Jakarta, di Tanjung Priok. Karena kan mobil yang dipesan sama customer itu kebetulan warnanya jarang di Makassar. Jadi tunggu pengiriman dari Jakarta," kata Firda. 

Baca Juga: Viral Wajah Seorang Ibu di Makassar Disebut Mirip Presiden Jokowi

3. Uang koin dihitung berjam-jam

Viral Warga Makassar Ini Beli Mobil Rp271 Juta Pakai Uang Koinunsplash.com/@f7photo

Firda menyebut pembelian mobil Toyota dengan pembayaran menggunakan uang koin sudah pernah terjadi sebelumnya yaitu di Kabupaten Bulukumba. Namun ini merupakan pertama kali di Makassar.

Karena dibayar dengan uang koin dan recehan, para karyawan dealer harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghitung secara manual. Bahkan, kata Firda, Kepala Kantor Dealer Toyota Kalla Cokroaminoto Makassar juga turun tangan untuk membantu menghitung uang tersebut.

"Uangnya dihitung manual. Informasi dari customer katanya dia bawa uangnya ke bank, tapi bank tidak bisa terima kalau uangnya tidak terselotip. Jadi dihitung manual," kata Firda.

Baca Juga: Viral Emak-Emak Berkerumun Joget di Atas Kapal Pinisi Wisata Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya