Comscore Tracker

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!

Jusuf Kalla kerap juga disapa Daeng Ucu, kok bisa?

Nama tentunya menjadi suatu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui arti dan maknanya. Kesalahan penyebutan nama terkadang akan membuat beberapa orang merasa tersinggung. Akan tetapi, dalam masyarakat Bugis ada beberapa nama yang dapat terpeleset dengan mudah. 

Beberapa plesetan nama panggilan orang Bugis di bawah ini, sering kita dengar pada nama beberapa tokoh. Kok bisa?

1. Ikhsan

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!ilustrasi suku Bugis (indephedia.com)

Ikhsan tentunya menjadi salah satu nama yang sangat familiar untuk Anda dengar. Ada banyak nama seperti ini yang dapat ditemukan di sekitar Anda.

Plesetan nama panggilan orang Bugis untuk Ikhsan biasanya akan dipanggil dengan nama Iccang. Iccang tentunya sedikit jauh berbeda dengan nama Ikhsan. Akan tetapi, hampir semua masyarakat Bugis dengan nama ini memang dipanggil seperti ini. Tidak hanya untuk Ikhsan, Irsan juga memiliki nama plesetan yang sama.

2. Arman

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!(Ilustrasi) IDN Times/Muhammad Nur Abdurrahman

Kali ini, nama plesetan yang dapat Anda temukan adalah Arman. Bila masyarakat di luar Bugis akan tetap memanggil nama ini dengan Arman, maka masyarakat Bugis akan memanggil nama ini dengan sebutan Ammang. Nama ini kurang lebih memiliki plesetan yang hampir mirip dengan Ikhsan. 

Dalam plesetan nama panggilan orang Bugis ini, biasanya ada beberapa orang yang mengubah sedikit nama plesetan tersebut. Hal ini dilakukan agar nama yang Anda miliki terdengar lebih keren. Plesetan yang biasanya mereka buat dikenal dengan nama Ammank.

3. Irfan

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!Dua orang tengah membaca koran IDN Times dengan latar belakang foto Masjid 99 Kubah di CPI Makassar pada 2019 lalu/Irwan Idris

Bagian yang akan Anda temukan kali adalah nama Irfan. Biasanya Irfan merupakan nama yang sangat mudah untuk dilafalkan. Akan tetapi, bagi orang Bugis mengucapkan nama ini bukanlah hal yang cukup mudah dilakukan. Sebab itu, masyarakat Bugis mengubah nama tersebut juga menjadi nama Ippang.

4. Ifa

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!Ilustrasi pria dan perempuan Bugis. Instagram.com/rinifeblita

Setiap kata Muslifah, Sarifah, Cifah atau beberapa nama lain yang mengandung kata Ifa sudah pasti tidak akan lagi dipanggil lagi dengan nama tersebut. Sebab, masyarakat Bugis memiliki nama plesetan untuk setiap nama yang mengandung kata Ifa ini. Beberapa dari Anda mungkin sering mendengar plesetan nama panggilan orang Bugis ini. 

Tepat sekali, Iphe merupakan nama yang diplesetkan dari Ifa. Akan tetapi, saat ini beberapa pemilik nama tersebut akan lebih memilih untuk dipanggil dengan nama Ipa. Bila tidak Ipa maka untuk terdengar lebih keren, mereka akan meminta panggilan dengan nama Ipha.

Baca Juga: Gelar Bugis yang Mirip Mesir, Mongol, hingga Spanyol

5. Yusuf atau Jusuf

Inilah Sejumlah Plesetan Nama Panggilan Orang Bugis, Unik!Jusuf Kalla (IDN Times/Kevin Handoko)

Kali ini, hal yang harus Anda ketahui sebagai salah satu nama yang paling sering diplesetkan adalah nama Yusuf. Yusuf merupakan salah satu nama yang populer digunakan oleh masyarakat. Bahkan, salah satu mantan wakil presiden Indonesia juga memiki nama ini. Akan tetapi, plesetan nama panggilan orang Bugis membuat Yusuf atau Jusuf menjadi Ucu. 

Hal ini dapat Anda buktikan secara langsung dengan melihat nama Jusuf Kalla yang lebih sering dipanggil dengan nama Daeng Ucu. Nama ini merupakan plesetan yang terdengar mirip dan lebih mudah diucapkan oleh masyarakat Bugis. Sebab itu, akan sangat jarang bagi Anda untuk mendengar nama Yusuf di Bugis. 

Itulah beberapa plesetan nama panggilan orang Bugis yang dapat Anda ketahui. Masih ada banyak nama panggilan yang dapat Anda ketahui diplesetkan oleh orang Bugis.

Baca Juga: Mengenal Filosofi Cara Menerima Tamu dalam Budaya Suku Bugis

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya