10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib Ditonton

Menghadirkan perpaduan unik antara tema malaikat dan iblis

Intinya Sih...

  • Rage of Bahamut: Mistarcia, iblis, malaikat, dan kunci ajaib
  • Virgin Soul: kekuasaan di Mistarcia, Nina Drango, Rag Demon
  • Devil is a Part-Timer!: Raja Iblis Satan dan Emi Yusa di dunia nyata

Dunia anime, dengan koleksi ragam ceritanya yang luas, mencakup banyak kisah bertema supranatural dan okultisme. Malaikat dan iblis, sebagai entitas yang telah mengakar dalam berbagai legenda budaya, kerap hadir dalam anime dengan karakteristik yang berbeda-beda, tergantung pada mitologi yang menjadi sumber inspirasi para kreatornya.

Keragaman interpretasi terhadap makhluk-makhluk fantastis ini menciptakan variasi yang menarik dalam anime. Malaikat dan iblis juga sering digunakan sebagai simbol budaya yang kuat ketika penulis atau produser ingin memanfaatkan nama-nama yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Berikut adalah rekomendasi anime tentang Malaikat dan Iblis yang harus kamu tonton!

1. Rage Of Bahamut: Genesis (2014)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonRage Of Bahamut: Genesis (dok. MAPPA/Rage Of Bahamut: Genesis)

Dalam mitologi dunia nyata, Bahamut dikenal sebagai makhluk kolosal yang menopang Bumi, namun berbeda dengan gambarannya dalam Rage of Bahamut, ia tidak digambarkan sebagai sosok jahat. Kisah ini berlatar di dunia fantasi bernama Mistarcia, di mana iblis, manusia, dan malaikat hidup berdampingan dalam harmoni yang rapuh, selama Bahamut tetap terkurung.

Satu-satunya kunci untuk membebaskan Bahamut adalah sebuah kunci ajaib yang terpecah menjadi dua bagian. Satu bagian diberikan kepada para iblis, sementara bagian lainnya dipegang oleh para dewa, yang dalam narasi ini menggantikan peran malaikat, sehingga memastikan kunci tersebut tidak akan pernah bersatu kembali. Plot cerita mulai bergerak dengan kemunculan Amira, seorang gadis misterius yang memiliki separuh kunci milik dewa. Dengan ingatan yang samar, Amira hanya mengetahui satu hal: ia harus menemukan ibunya. Ia kemudian merekrut dua protagonis utama, Favaro Leone dan Kaisar Lidfard, dua pemburu bayaran, untuk membantunya dalam pencarian tersebut.

Perjalanan mereka dipenuhi dengan... (bagian ini tidak diterjemahkan karena tidak termasuk dalam teks asli). Perlu diketahui bahwa kisah ini awalnya berasal dari sebuah game kartu digital sosial yang dirilis pada tahun 2011, dan telah diadaptasi menjadi seri manga bagi mereka yang lebih menyukai format cerita tradisional.

2. Rage of Bahamut: Virgin Soul (2017)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonRage of Bahamut: Virgin Soul (dok. MAPPA/Rage of Bahamut: Virgin Soul)

Virgin Soul hadir sebagai musim terakhir dari seri Rage of Bahamut, melanjutkan kisah yang dimulai pada musim pertamanya, Genesis, yang dirilis pada tahun 2014. Berlatar sepuluh tahun setelah para pahlawan dari musim pertama berhasil mengalahkan Bahamut, dinamika kekuasaan di dunia Mistarcia telah mengalami perubahan drastis. Populasi iblis lokal kini hidup dalam penindasan dan eksploitasi manusia, sementara para dewa kehilangan pengaruhnya, dan kebencian antar ras semakin membara.

Seorang pemburu hadiah yang penuh semangat, Nina Drango, tiba di kota Anatae dengan impian meraih ketenaran dan kekayaan. Namun, takdir membawanya pada pertemuan tak terduga dengan seorang ksatria yang teguh namun terbelah dalam konflik batin, serta makhluk berbahaya yang dikenal sebagai Rag Demon, yang bertekad membalas dendam kepada manusia atas perlakuan buruk yang diterima rasnya. Sementara itu, para dewa berusaha mencari jalan untuk mengembalikan kekuatan yang hilang di dunia yang telah berubah. Virgin Soul mengikuti jejak Genesis dengan intrik politik yang rumit, faksi-faksi yang saling bersaing memperebutkan kekuasaan, dan karakter-karakter utama yang terjebak di tengah pusaran konflik.

3. Black Butler (2008)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonBlack Butler (dok. A-1 Pictures/Black Butler)

Sebastian Michaelis, kepala pelayan keluarga Phantomhive yang mempesona dengan ketampanan dan keanggunannya, merupakan perwujudan sempurna dari gaya, sopan santun, elegansi, dan yang terutama, kepatuhan terhadap protokol sosial. Namun, di balik semua itu, tersembunyi identitasnya yang sebenarnya: seorang iblis.

Tuan muda dari keluarga tersebut, Ciel Phantomhive, memikul tanggung jawab besar sebagai "anjing penjaga Ratu". Ia ditugaskan untuk menjaga keamanan tahta dari berbagai ancaman supranatural yang mengintai, sesuai dengan tradisi keluarganya. Tugas ini ia emban dengan bantuan dari Sebastian, sang iblis yang telah dijanjikan jiwa Ciel sebagai imbalan.

Walaupun Ciel saat ini dapat memerintah Sebastian sesuka hatinya, hal itu hanya karena adanya perjanjian di antara mereka. Pada akhirnya, Sebastian akan menagih janjinya dan melahap jiwa Ciel yang manis. Dilema moral ini menjadi salah satu daya tarik utama dalam cerita: apakah Sebastian sebenarnya adalah sosok antagonis yang jahat, atau justru memiliki sisi baik yang tersembunyi di balik topeng iblisnya?

4.The Devil Is A Part-Timer! (2013)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonSadao Maou dan Chiho Sasaki karakter The Devil Is A Part-Timer! (dok. White Fox/The Devil Is A Part-Timer!)

Iblis dan malaikat mungkin merupakan sosok yang menakutkan di dimensi mereka sendiri, namun The Devil is a Part-Timer! menampilkan bagaimana jadinya jika makhluk-makhluk supernatural ini terdampar di dunia nyata. Dalam anime ini, dunia tersebut adalah Ente Isla.

Raja Iblis Satan, dengan bantuan para pengikutnya, berusaha menguasai Ente Isla namun dihalangi oleh seorang pahlawan bernama Emi Yusa, yang ternyata juga keturunan malaikat agung. Emi mengejar Satan hingga ke dunia manusia, di mana keduanya berubah menjadi remaja, meskipun sebagian kekuatan mereka masih tersisa.

5. Devilman Crybaby (2018)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonDevilman: Crybaby (dok. Science SARU/Devilman: Crybaby)

Manga Devilman, yang telah meraih popularitas tinggi di kalangan penggemar dan kritikus, menjadi dasar bagi adaptasi anime yang sangat dinantikan oleh para penggemar setianya. Devilman Crybaby menghadirkan kembali premis dan alur cerita yang sama dengan sentuhan modern, memindahkan latar waktu dari tahun 1970-an ke era kontemporer.

Sesuai dengan judulnya, serial anime ini berkisah tentang keberadaan iblis di tengah-tengah manusia. Akira, sang protagonis, adalah sosok unik yang sebagian dirasuki oleh iblis namun mampu mengendalikan kekuatan jahat tersebut dengan tekad dan kemauan kerasnya. Ia berjuang untuk menemukan individu-individu lain yang serupa dengan dirinya, membentuk aliansi untuk melawan invasi iblis sebelum seluruh umat manusia terancam. Kehadiran malaikat baru terungkap di penghujung cerita, namun detail lebih lanjut mengenai mereka akan menjadi spoiler yang sangat signifikan.

6. Claymore (2007)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonClaymore (dok. Madhouse/Claymore)

Claymore mengisahkan sekelompok wanita yang telah mendapatkan peningkatan kekuatan dari organisasi misterius bernama The Organization, dengan tujuan untuk memburu dan membasmi iblis. Meskipun proses peningkatan kekuatan ini diselimuti misteri, rumor beredar bahwa para wanita ini telah menyatu dengan kekuatan iblis atau berhasil menguasai kekuatan mematikan yang serupa.

Ksatria-ksatria wanita dalam seri ini memang tidak secara eksplisit disebut sebagai malaikat, namun banyak aspek dalam penggambaran mereka yang mengingatkan pada sosok-sosok surgawi. Hal ini terlihat jelas pada karakter seperti Teresa, yang selalu tampil tenang dan damai, serta enggan menggunakan kekuatan iblisnya kecuali dalam situasi yang mendesak.

7. Angel Beats! (2010)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonAngel Beats! (dok. P.A. Works Source: Original/Angel Beats!)

Wajar saja jika ada malaikat dan iblis dalam sebuah cerita yang berlatar di alam antara, tempat jiwa-jiwa yang trauma berkumpul. Yuzuru Otonashi, sang protagonis, tiba di alam baka ini tanpa memiliki ingatan tentang masa lalunya. Untuk mencapai kedamaian dan melanjutkan perjalanan ke Surga, ia harus berhadapan dengan iblis-iblis yang menghantuinya.

Namun, kisah ini tidak hanya berpusat pada perjuangan Otonashi. Ia segera direkrut oleh Yuri Nakamura untuk bergabung dengan Afterlife Battlefront, sebuah kelompok pemberontak yang menentang takdir dan melawan Tuhan serta ketua OSIS yang secara ironis bernama Angel. Pertempuran antara manusia dan takdir pun dimulai, mengungkap rahasia kelam di balik alam baka yang misterius ini.

8. Neon Genesis Evangelion (1995)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonNeon Genesis Evangelion (dok. Gainax, Tatsunoko Production/Neon Genesis Evangelion)

Neon Genesis Evangelion dipenuhi dengan referensi okultisme yang begitu kaya, sehingga beberapa episodenya bahkan dilengkapi dengan catatan yang merekomendasikan bacaan-bacaan terkait, banyak di antaranya berasal dari sumber-sumber religius seperti Injil. Meskipun secara resmi bergenre fiksi ilmiah, anime ini juga dikenal sebagai karya eksperimental yang menggabungkan elemen thriller psikologis dengan eksplorasi tema-tema spiritual yang mendalam.

Para malaikat dalam Evangelion pada awalnya tampak sebagai makhluk asing, namun sejarah mereka di planet ini dijelaskan dengan istilah-istilah spiritual. Salah satu dari mereka bahkan dijuluki Adam, sementara malaikat-malaikat lainnya menggunakan nama-nama yang sama dengan para malaikat dalam Alkitab yang membawa kehancuran pada dunia. Lebih jauh lagi, anime ini meminjam banyak elemen dari kepercayaan okultisme dan menampilkan visi tentang kiamat yang terinspirasi dari Kitab Wahyu, lengkap dengan pertempuran akhir yang menghadirkan Tuhan ke Bumi.

9. Black Clover (2017)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonAsta karakter Black Clover (dok. Pierrot/Black Clover)

Dunia Black Clover mengingatkan kita pada desa abad pertengahan di Eropa, lengkap dengan nuansa religius Kristen yang kental, termasuk penggunaan istilah iblis yang merujuk pada entitas jahat. Para penyihir yang berjuang melawan iblis dalam anime ini memiliki kemiripan dengan malaikat dalam hal penampilan dan kekuatan magis mereka. Mereka menggunakan lingkaran salib yang bersinar untuk mengurung iblis dan mengandalkan kitab suci yang dianugerahkan oleh alam semesta, menyiratkan simbolisme religius yang jelas.

Asta dan Yuno, dua karakter utama Black Clover, merupakan dua anak yatim piatu yang ditinggalkan di panti asuhan pada hari yang sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, bukan hanya dalam kepribadian, tetapi juga dalam kemampuan magis mereka. Yuno adalah sosok pendiam dan penuh pertimbangan yang diberkahi bakat sihir yang luar biasa, hal yang umum di negeri Raja Penyihir. Di sisi lain, Asta pada awalnya tidak memiliki kemampuan sihir sama sekali dan harus berjuang keras melatih fisiknya untuk membangkitkan kekuatan tersembunyi di dalam dirinya.

Gelar Raja Penyihir bukanlah gelar seorang penguasa kerajaan, melainkan gelar yang diberikan kepada penyihir terkuat di wilayah tersebut. Baik Asta maupun Yuno bercita-cita untuk meraih gelar tersebut demi melindungi negeri mereka dari ancaman para iblis. Perjalanan mereka dipenuhi dengan intervensi dari kekuatan ilahi dan iblis, serta pengembangan kemampuan supernatural mereka yang semakin terasah seiring waktu.

10. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (2019)

10 Anime Terbaik dengan Tema Malaikat dan Iblis yang Wajib DitontonKumpulan Poster Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (dok. Koyoharu Gotoge, SHUEISHA, Aniplex, ufotable/Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba)

Demon Slayer sangat bergantung pada mitologi dan legenda iblis Jepang. Dalam seri populer ini, yang telah bertransformasi dari manga menjadi anime televisi dan bahkan video game, iblis mendominasi panggung cerita, sementara malaikat jarang terlihat. Tanjiro Kamado, sang protagonis, awalnya menjalani kehidupan yang begitu damai, namun takdir berkata lain. Keluarganya menjadi korban serangan iblis, dan adik perempuannya dirasuki oleh salah satu makhluk kegelapan tersebut.

Kini, Tanjiro harus memikul beban ganda, menyelamatkan dunia dari ancaman iblis sekaligus berusaha mengembalikan adiknya ke wujud manusia. Anime ini kerap dikategorikan sebagai horor, sebutan yang pantas mengingat adegan-adegan penuh darah dan kekerasan yang ditampilkan. Selain itu, Demon Slayer juga dapat dianggap sebagai penggambaran era Taisho Jepang, dengan pakaian dan desain yang kental akan nuansa tradisional.

Sepuluh anime ini menghadirkan perpaduan unik antara tema malaikat dan iblis, menciptakan kisah-kisah yang menarik dan penuh dengan konflik moral. Dari aksi pertempuran epik hingga drama emosional yang mendalam, setiap anime menawarkan pengalaman menonton yang berbeda namun tetap memikat. Kehadiran makhluk-makhluk supernatural ini tidak hanya menambah dimensi baru pada cerita, tetapi juga memberikan ruang bagi eksplorasi tema-tema filosofis dan eksistensial.

Baca Juga: 10 Anime Terbaik dari Era 1980-an yang Wajib Ditonton

jajang nurjaman Photo Community Writer jajang nurjaman

Order undangan nikah online murah di https://invee.me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya