Comscore Tracker

Pindah ke Format Daring, Rock In Celebes 2020 Tetap Ingin Menggelegar

Durasi konser daring akan berlangsung sekitar 5 jam

Makassar, IDN Times - Pandemik dan pembatasan aktivitas tak menghalangi Rock In Celebes (RIC) merayakan musik. Untuk acara edisi kesebelas ini, festival musik terbesar di Indonesia Timur itu memilih format gabungan. Berupa konser virtual di hari pertama dan Trade Show luring pada hari kedua.

Mengangkat tajuk "Ride In Celebes", RIC 2020 harus mengurungkan niat kolaborasi dengan pegiat seni yang sudah berjalan beberapa tahun. Kondisi yang ada membuat panitia harus mengemasnya dalam bentuk baru

"Kami menawarkan sesuatu yang belum pernah kami lakukan sebelumnya secara lebih profesional, salah satunya melalui daring, tentunya ini menjadi tantangan baru juga," ungkap pencetus Rock In Celebes, Hardinansyah Putra Siji, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu (26/12/2020) pagi.

Baca Juga: Pengin Nonton Konser Musik Inilah Konsep Baru Pertunjukan Era Pandemik

1. Konser daring Rock In Celebes 2020 bakal dihelat selama sekitar 5 jam

Pindah ke Format Daring, Rock In Celebes 2020 Tetap Ingin MenggelegarSalah satu band Makassar pengisi acara Rock In Celebes 2020, Surgir, saat merekam penampilan mereka untuk acara konser daring yang ditayangkan pada Sabtu (26/12/2020). (Instagram.com/terbit_surgir)

Menurut Ardy, sapaan akrabnya, orang-orang banyak beranggapan bahwa festival musik daring jauh lebih mudah diorganisir. Namun misi terpenting di edisi 2020 adalah tetap mempertahankan esensi Rock In Celebes yang menampilkan beragam band.

"Yang biasanya hadir di festival luring kami hadirkan melalui daring, yang secara durasi pun mungkin ini adalah event live streaming terpanjang untuk program musik di tahun ini, sebab akan berlangsung selama 5 jam," lanjutnya.

Meski tanpa panggung megah dan disaksikan ratusan penonton, yang dilakukan penyelenggara adalah tetap membuat RIC eksis. Setiap inovasi di tiap tahun, termasuk 2020, dianggap sebagai proses mencari bentuk yang diinginkan para penikmat musik. Ini juga sebagai bentuk terima kasih atas apresiasi dari khalayak luas yang setia menunggu.

2. Edane, band rock papan atas nasional, ikut meramaikan RIC 2020

Pindah ke Format Daring, Rock In Celebes 2020 Tetap Ingin MenggelegarEdane, salah satu band rock papan atas nasional yang bakal tampil meramaikan konser virtual Rock In Celebes 2020. (Instagram.com/edane_official)

Seperti yang disebutkan sebelumnya Rock In Celebes 2020 digelar selama dua hari (26-27 Desember) dengan format berbeda. Pada Sabtu (26/12/2020), rangkaian konser daring dilakukan mulai pukul 19.00 WITA di situs soundstream.id. Kamu bisa menonton secara gratis via streaming dengan lebih dulu mendaftar.

Sejumlah musisi nasional dan lokal dari beragam genre siap tampil menghibur para pecinta musik di rumah. Ada Jamrud, Edane, Superglad, The Hotdogs, Art2Tonic, Unremains, Surgir, Ruang Baca, Lizzie, Oscar Lolang, Sky Sucahyo, Feel Koplo, Bleu House, Heals, Fuzzy, Rocket Rockers, Captivate, Puji Raharjo dan masih banyak lagi.

Turut pula tiga band lokal yang lolos seleksi program Submission yang diadakan bulan lalu. Mereka yakni Defy (hardcore - Palu), Murka (rock - Makassar) plus Risingroad (rock - Makassar). 

Komedian Tama Randy plus dua visual artist, Wildan Indra Sugara dan Sabiq Hibatulqi, juga meramaikan RIC 2020 sebagai tamu spesial. Bertindak sebagai pembawa acara yakni duo Wendi Putranto-Anita Mae, bersama sepuluh co-host lainnya.

3. Di event hari kedua, RIC 2020 akan mengajak para pecinta musik lebih dekat dengan para penggerak skena lokal Makassar

Pindah ke Format Daring, Rock In Celebes 2020 Tetap Ingin MenggelegarDok. Istimewa (rockincelebes.com)

Untuk hari kedua pada Minggu (27/12/2020), panitia menggelar acara pendukung di ruang kreatif BikinBikin Creative Hub, Nipah Mall Makassar. Dimulai sejak pukul 10.00 WITA, program Trade Show menghadirkan pelaku musik dan ekosistemnya. Pengunjung bisa mengenal lebih dekat penggerak skena lokal di Kota Makassar.

"Selain Trade Show, kami menghadirkan program conference dengan format talkshow dan showcase musik yang sarat akan edukasi baik untuk para pelaku serta penikmatnya," papar Ardy.

Area pusat perbelanjaan Nipah Mall dipilih sebab memiliki standar fasilitas hingga protokol yang sesuai untuk kegiatan luring RIC 2020. "Yang mana dari keseluruhan kegiatan ini, kesehatan dan keamanan tetap menjadi prioritas. Nipah Mall juga memiliki standar itu," katanya.

Baca Juga: Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Ini

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya