Comscore Tracker

Segera Bersihkan Earphone Kamu, Sebelum Jadi Sarang Kuman!

Earphone mengandung bakteri lebih banyak dari talenan loh

Makassar, IDN Times - Untuk mendengar musik, kamu lebih suka menggunakan yang mana: earbud, earphone, headset, atau AirPod? Ya, deretan perangkat audio ini seolah kini tak terpisah dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan anak muda. 

Earbud dan sebangsanya bisa membantu kamu mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja, tanpa mengganggu orang-orang di sekitarmu. Praktis dan mudah dibawa ke mana aja.

Tapi, tau gak sih kalau benda-benda tersebut ternyata perlu dijaga kebersihannya? (Sebagai info, KBBI udah punya padanan istilahnya: pelantang telinga)

1. Ternyata, earphone mengandung bakteri 2.708 kali lebih banyak daripada talenan!

Segera Bersihkan Earphone Kamu, Sebelum Jadi Sarang Kuman!unsplash.com/@rupixen

Alasannya? Sederhana kok: earphone bisa menjadi sarang kuman.

Dalam postingan situsnya pada Septmember 2016, hasil penelitian pusat kesehatan Whittier Hospital Center di California, Amerika Serikat menyebut jumlah bakteri di pelantang telinga ternyata lebih banyak dari beberapa benda-benda di dapur loh.

Rincinya? Enam kali lebih banyak daripada bak cuci piring, 330 kali lebih banyak ketimbang meja masak dan 2.708 kali lebih banyak dari bakteri di talenan tempat kamu biasa memotong-motong bahan makanan.

Jika belum pernah dibersihkan, sudah pasti pelantang telinga milikmu --yang diameternya nyaris hampir sama dengan telunjuk-- udah jadi habitat kuman berkembang biak. Ngeri!

Baca Juga: Viral Dua Matahari di Langit Makassar, Ini Penjelasan Ilmiahnya

2. Pelantang telinga penuh bakteri bisa membuat penggunanya mengalami ruam dan infeksi

Segera Bersihkan Earphone Kamu, Sebelum Jadi Sarang Kuman!Unsplash.com/@richwilliamsmith

Selain itu, pelantang telinga penuh bakteri berpotensi membuat penggunanya terkena alergi, ruam dan --yang paling buruk-- infeksi. Selain itu, kotoran di dalam saluran telinga juga bisa meningkat jauh dari taraf normal.

"Telinga kita sudah dirancang untuk membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, mengenakan earbuds (dan sejenisnya) membuat kotoran telinga yang harusnya keluar malah terjebak. Penumpukan kotoran yang berlebihan dapat memengaruhi pendengaran Anda," ungkap mereka.

Nah, sebelum situasi jadi gawat, ada baiknya kamu mulai membersihkan pelantang telinga milikmu seminggu sekali. Selain itu, berusahalah agar earbud kamu gak dipinjam orang lain. Gak ada yang mau berbagi kuman, kan?

3. Cara membersihkannya? Mudah, kok

Segera Bersihkan Earphone Kamu, Sebelum Jadi Sarang Kuman!unsplash.com/Siddharth Bhogra

Nah, gimana cara membersihkannya? Mudah, kok. Menurut Stay Mobile, gunakan kain lembut atau kapas untuk membersihkan permukaan earbud atau sejenisnya ketika sedang lepas dari barang elektronik.

Butuh hasil lebih baik? Basahi kapas/kain dengan air secukupnya. Butuh hasil maksimal? Pakai tisu basah dengan kandungan alkohol.

Kemudian, ambil sikat gigi kering untuk menghilangkan debu dan partikel pada bagian logam earbud. Pakai juga tisu kering untuk menghilangkan kelembaban. Jika telantang telinga milikmu punya penutup silikon, bersihkan pula bagian tersebut. Setelahnya, keringkan earbud selama beberapa menit sebelum digunakan.

Baca Juga: Penelitian Ilmiah Ungkap 5 Alasan Seseorang Masih Jomblo, Apa Saja?

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya