Comscore Tracker

Harga Daging Sapi di Sulsel Masih Normal

Tidak terjadi kenaikan harga seperti di DKI Jakarta

Makassar, IDN Times - Harga daging sapi di pasar tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, hingga kini tidak mengalami lonjakan seperti yang terjadi di DKI Jakarta dan sejumlah daerah lain di sekitarnya. Harga daging sapi di pasar tradisional masih terpantau aman sehingga konsumen tidak perlu risau.

Di Pasar Pabaeng-baeng, harga daging sapi rata-rata masih dijual Rp120.000 per kilogram. Harga itu masih sama dengan bulan Januari lalu. Begitupun dengan daging sapi di Pasar Terong yang dijual seharga Rp115.000 per kilogram.

"Di Pasar Terong termasuk di Pasar Pabaeng-baeng itu Rp100.000 per kilo daging lokal," kata Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, Selasa (1/3/2022).

1. Tidak ada kenaikan harga

Harga Daging Sapi di Sulsel Masih NormalANTARA FOTO/Arnas Padda

Ashari menjelaskan, daging sapi yang dijual para pedagang sebagian besar merupakan daging sapi lokal. Dia pun memastikan tidak ada kenaikan harga daging sapi khususnya daging sapi lokal yang rata-rata masih di harga Rp100.000 per kilogram.

Dengan begitu, kenaikan harga daging di Pulau Jawa tidak berimbas ke penjualan daging sapi di Sulsel.

"Tidak ada kenaikan, saya berbicara tentang Sulsel sampai saat ini laporan jam 11 siang ini tidak ada kenaikan (harga) daging," kata Ashari.

2. Stok daging sapi masih mencukupi

Harga Daging Sapi di Sulsel Masih NormalIlustrasi penjual daging sapi. IDN Times/Holy Kartika

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Azis, mengatakan dengan kondisi harga yang masih normal, stok daging sapi di Sulsel juga masih mencukupi.

"Mudah-mudahan artinya kita punya untuk ketersediaan normal-normal saja. Terkait masalah harga masih terjaga. Memang di Jawa ada kenaikan sampai Rp150.000 per kilogram tapi kalau di sini masih normal," kata Azis.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Pasar Modern Makassar Sudah Turun

3. Stok daging sapi di Sulsel masih aman jelang Ramadan

Harga Daging Sapi di Sulsel Masih NormalIlustrasi. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebih lanjut, Azis memastikan kebutuhan daging sapi di Sulsel tetap tercukupi menjelang bulan Ramadan. Sebab sejak jauh hari pihaknya telah mempersiapkan agar kebutuhan masyarakat akan daging tetap terpenuhi.

"Insyaallah kami jamin artinya masalah ketersediaan daging sapi, kambing, kerbau ini kami bisa di Sulsel. Itu bisa bertahan 1 sampai 2 tahun ke depan," katanya.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Makassar Masih di Atas HET

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya