Comscore Tracker

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan Kesamaannya

Kedua ponsel dibanderol dengan harga satu jutaan

Makassar, IDN Times - Xiaomi Indonesia mulai memasarkan produk ponsel terbarunya, Redmi 8 Series, di Makassar, Sulawesi Selatan. Seri ini terdiri dari Redmi 8 dan Redmi 8A, yang melanjutkan lini terlaris Xiaomi di Indonesia

Redmi 8 Series diperkenalkan dengan slogan "Hape Kece Batre Gede". Kedua produk menawarkan desain bergaya dan tampilan yang nyaman, serta didukung fitur penting. Ponsel ini pilihan bagi pengguna harian, dengan dukungan daya baterai besar.

"Produk ini didesain sesuai karakteristik pengguna Redmi dengan gaya hidup aktif, penuh tantangan, dan awet muda," kata Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia pada acara pengenalan produk Redmi 8 Series di Makassar, Kamis (20/12).

Dua ponsel Redmi 8 Series dipasarkan dengan harga satu jutaan rupiah. Meski berada di kelas yang sama, keduanya menawarkan ciri khas masing-masing. Berikut sejumlah persamaan dan perbedaannya.

Baca Juga: Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Sulsel, Makassar Jadi Fokus

1. Sentuhan unibodi dan matte

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaRedmi 8 Series. IDN Times/Aan Pranata

Redmi 8 berbahan kaca unibody dengan kesan premium dan elegan. Penempatan dua kamera didesain vertikal pada bagian tengah, yang berderet dengan pemindai sidik jari. Produk ini terdiri dari tiga warna, yaitu Saphire Blue, Ruby Red, dan Onyx Black.

Bodi Redmi 8A berdesain matte, dengan strip khas vertikal di bagian tengah. Seri ini terdiri dari tiga warna, yakni Ocean Blue, Sunset Red, dan Midnight Black.

Pada masing-masing tipe terdapat lengkungan 3D di bagian belakang, sehingga mudah digenggam. Bobotnya beda tipis, yang Redmi 8 190 gram, Redmi 8A 188 gram.

2. Layar jambul 6,22 inci

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaIDN Times/Aan Pranata

Kedua ponsel, Redmi 8 dan Redmi 8A mengusung layar 6,22 inci, rasio 19:9 dan kualitas warna HD+. Bagian atas berupa dot drop atau jambul, tempat kamera depan melekat.

Masing-masing layar berbahan kaca Corning Gorilla Glass 5, yang umumnya digunakan pada ponsel premium. Layar juga menggunakan filter cahaya biru, yang membuat mata lebih rileks menatapnya.

3. Baterai diklaim bisa bertahan 25 hari

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaXiaomi

Redmi 8 Series sama-sama dibekali baterai berdaya 5.000 mAh. Pengisian daya menggunakan slot USB tipe C, yang memungkinkan fast charging. Pengisian daya yang standarnya 10 watt, bisa dioptimalkan menjadi 18 watt.

Menurut klaim Xiaomi, teknologi kecerdasan buatan atau AI memungkinkan baterai bertahan dalam kondisi standby selama 25 hari. Kapasitas baterai juga konon cukup untuk mendengarkan musik selama 180 jam, 31 jam membaca, 28 jam menelepon, main game 12 jam, serta sembilan jam merekam video.

4. Prosesor sama, pilihan memori penyimpanan berbeda

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaTampilan Redmi 8. IDN Times/Aan Pranata

Redmi 8 dan Redmi 8A bertumpu pada prosesor Qualcomm Snapdragon 439, yang disebut optimal untuk manajemen baterai sekaligus performa. Prosesor ini berjenis Octa Core dengan kecepatan 2.0 GHz.

Di Redmi 8 ada dua pilihan memori. Pertama, RAM 4 GB untuk penyimpanan 32 GB. Dan yang kedua, RAM 8 GB untuk penyimpanan 64 GB.

Kedua tipe mendukung perluasan penyimpanan hingga 512 GB, lewat slot kartu SD Card.

5. Fitur kamera Redmi 8 lebih lengkap

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaIDN Times/Aan Pranata

Di Redmi 8, terdapat penempatan dua kamera belakang, yakni berukuran 12+2 Mega Pixel. Berbeda dengan Redmi 8A yang hanya satu kamera belakang ukuran 12 MP. Adapun di kamera depan, ukurannya sama-sama 8 MP.

Meski perangkat keras berbeda, kedua tipe dibekali teknologi kecerdasan buatan atau AI yang sama. Teknologi ini mampu menyesuaikan algoritma warna dengan mengenali objek foto, misalnya pemandangan, potret, atau kurang cahaya.

6. Harga berkisar satu jutaan

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaIDN Times/Aan Pranata

Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A mulai dijual pada hari belanja online nasional, 12 Desember 2019. Kini produknya tersedia di Authorized Store di Makassar, atau toko online Mi.com.

Redmi 8 dijual dengan harga perkenalan Rp1.699.000 untuk varian 3+32, dan Rp1.799.000 untuk varian 4+64. Sedangkan Redmi 8A dibanderol dengan harga perkenalan Rp1.399.000.

Berikut ini spesifikasi Redmi 8 Series. Kalau kamu, pilih yang mana?

Xiaomi Redmi 8 dan 8A Hadir di Makassar, Ini Beda dan KesamaannyaXiaomi

Baca Juga: Pas di Tangan! Ini 7 Handphone Ukuran Compact Terbaik Tahun 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya