Comscore Tracker

Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEAN

Belum mau memikirkan absennya Yuran dan Agung Mannan

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, tersenyum lebih lebar dari biasanya. Ini lantaran anak asuhnya sukses mengamankan tempat di babak final Zona ASEAN AFC Cup 2022.

Mereka berhasil menundukkan wakil asal Malaysia, Kedah Darul Aman FC, dengan skor 2-1 saat saling jajal di partai semifinal yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa malam (9/8/2022). Kian istimewa sebab Juku Eja jadi yang pertama melakukannya, sejak AFC Cup berubah format pada tahun 2017.

"Senang rasanya bisa menjadi tim Indonesia pertama yang lolos ke babak final Zona ASEAN AFC Cup. Ini patut dirayakan, jadi saya turut memberi selamat pada para pemain saya," ungkapnya dalam sesi jumpa pers setelah laga rampung.

1. Bernardo Tavares (tengah) memilih langsung alihkan fokus ke Liga 1

Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEANPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyalami kiper Reza Arya Pratama selepas laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Tavares sendiri enggan memikirkan kartu merah yang dikantongi oleh dua bek andalan mereka, yakni Yuran Fernandes dan Agung Mannan. Ia memilih langsung mengalihkan fokus untuk laga pekan keempat BRI Liga 1 2022-23.

"Yang pertama-tama akan kami lakukan adalah memulihkan diri, kemudian menganalisis permainan RANS Nusantara FC," ujarnya.

"Terkait lawan nanti di AFC Cup, kita sudah kenal dengan Kuala Lumpur. Sementara untuk Viettel kami tak tahu banyak," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

Tanpa Yuran dan Agung, praktis stok pemain belakang PSM menyisakan para pemain lokal. Sebut saja Yance Sayuri, Ganjar Mukti, Safrudin Tahar, Dallen Doke, Samuel Christianson, Edgard Amping, Ibnul Mubarak serta Abdul Rahman Sulaeman yang baru sembuh dari cedera parah.

2. Wiljan Pluim (dua dari kiri) menyebut timnya tampil lebih agresif ketimbang Kedah

Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEANSalah satu momen laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 antara PSM Makassar kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Sementara itu, kapten tim Wiljan Pluim akhirnya bisa mengecap nikmat sukses di tingkat kontinental. Tiga kali mencoba, akhirnya Pasukan Ramang bisa melampaui capaian edisi 2019. Saat itu, mereka digagalkan oleh Becamex Binh Duong.

Saking bangganya, sang playmaker tak ragu menyebut PSM tampil lebih dominan serta agresif ketimbang Kedah sepanjang 90 menit.

"Saya merasa bahagia sekarang dengan pencapaian ini. Saya besyukur bahwa kita satu-satunya yang sudah mencapai fase ini. Selamat kepada semuanya, mulai dari klub hingga suporter," kata pemilik nomor punggung 80 tersebut.

"Bukannya sombong, tapi memang kita layak menang. Lihat saja statistik. Bahkan dengan 10 orang pun kita lebih baik daripada tim lawan," imbuhnya.

3. Selanjutnya, Juku Eja jalani final Zona ASEAN pada 24 Agustus mendatang

Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEANPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri) dan Everton Nascimento (kanan), merayakan gol ke gawang Kedah Darul Aman FC dalam laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Untuk melaju hingga babak perempatfinal, atau lebih tepatnya play-off semifinal antar zona melawan wakil Asia Selatan yakni Mohun Bagan FC, PSM harus mengalahkan Kuala Lumpur City FC atau Viettel FC asal Vietnam.

Laga kedua fase semifinal Zona ASEAN, antara The City Boys melawan The Red Tornado, baru berlangsung pada Rabu malam ini (10/8/2022) di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh City.

Babak puncak Zona ASEAN sendiri akan berlangsung pada 24 Agustus mendatang. Bertindak sebagai tuan rumah yakni antara KL City FC atau Viettel.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya