Comscore Tracker

Selamat! PSM Makassar Wakili Indonesia di AFC Cup 2022

PSM diajukan oleh PSSI bersama Bali United 

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengumumkan bahwa mereka akan mewakili Indonesia di AFC Cup tahun 2022.

Menurut pernyataan tertulis manajemen yang diterima IDN Times, Kamis siang (30/12/2021), PSM ditunjuk setelah PSSI lebih dulu bersurat ke AFC terkait klub perwakilan Indonesia.

Keputusan ini tak lepas dari nasib Liga 1 2020 yang berhenti akibat pandemik. Nama PSM diajukan sebab berstatus sebagai juara Piala Indonesia 2018/19. Turut pula nama Bali United sebagai jawara Liga 1 2019.

Baca Juga: Perkenalkan Pelatih Baru PSM Makassar: Joop Gall!

1. Tak lepas dari status juara Piala Indonesia 2018/19 dan lisensi klub AFC

Selamat! PSM Makassar Wakili Indonesia di AFC Cup 2022Pesepakbola PSM Makasar Zulkifli Syukur berpelukan dengan Erwin Gutawa usai berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Asisten manajer PSM yakni Syahrir Nawir Nur, kabar gembira ini juga tak lepas dari keberhasilan mengantongi lisensi AFC beberapa bulan lalu. 

"Yang pertama, kita pasti bangga bisa mewakili Indonesia dan kembali berlaga di level Asia," ujarnya melalui pesan singkat pada Kamis siang (30/12/2021).

"Ini juga buah kerja keras manajemen dan tim club licensing sebagai salah satu syarat terpilihnya PSM sebagai kontestan AFC Cup 2022," imbuh pria yang biasa disapa Riri tersebut.

2. Juku Eja harus melalui babak play-off teebih dulu

Selamat! PSM Makassar Wakili Indonesia di AFC Cup 2022Sejumlah pemain PSM Makassar menyapa pendukung setelah gagal melaju ke babak final seusai pertandingan melawan Becamex Binh Duong di laga semifinal leg kedua Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selanjutnya, manajemen Juku Eja akan menunggu instruksi dari induk sepak bola benua Asia terkait hal-hal teknis.

"Kita akan persiapkan secara matang semuanya sambil melihat perkembangannya seperti apa. Baik itu regulasi, format turnamen, sampai drawing. Kita lihat perkembangannya ke depan seperti apa," tutup Riri.

Untuk mengamankan satu tempat di babak penyisihan grup AFC Cup 2022, PSM harus melewati hadangan salah satu dari tiga klub pada fase play-off. Mereka yakni Hantharwady United (Myanmar), Visakha FC (Kamboja) dan Young Elephants (Laos).

3. Terakhir bermain di ajang AFC Cup 2020 yang berhenti akibat pandemik

Selamat! PSM Makassar Wakili Indonesia di AFC Cup 2022Pesepak bola PSM Makassar Asnawi Mangkualam (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Shan United Tagoe Daniel (kiri) dalam pertandingan lanjutan fase Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Ini jadi keikutsertaan PSM ke delapan kali dalam kompetisi Asia, sekaligus yang ketiga di kejuaraan AFC Cup.

Pastisipasi terakhir Pasukan Ramang yakni di musim 2020. Di fase play-off, mereka mengandaskan wakil Timor Leste yakni Lalenok United, dengan agregat 7-2.

Tergabung di Grup H, PSM sempat bermain 3 kali sebelum pandemik COVID-19 menghentikan ajang tersebut di tengah jalan. Saat itu mereka bertengger di posisi ketiga dengan koleksi 4 poin.

Baca Juga: Diminta Maksimalkan Pemain Muda PSM, Syamsuddin: Tunggu Pelatih Baru

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya