PSM Makassar Vs Yangon United di AFC Cup, Juku Eja Harus Kerja Keras

Saling sikut berebut satu tiket ke fase penyisihan grup

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, percaya diri menatap laga play off AFC Cup 2023-24 kontra Yangon United pada Rabu besok (23/8/2023). Meski hanya berjarak lima hari dari pertemuan dengan Persebaya Surabaya, ia mengaku sudah terbiasa dengan jadwal mepet.

"Kita memang tidak memiliki banyak waktu pemulihan jelang pertandingan beok. Tapi ini sudah biasa kami alami di Liga 1," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Selasa sore (22/8/2023).

1. Pelatih kepala PSM Makassar tak mau memandang remeh tamu dari Myanmar

PSM Makassar Vs Yangon United di AFC Cup, Juku Eja Harus Kerja KerasPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares (kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan play off AFC Cup 2023-24, Selasa 22 Agustus 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Tavares sendiri tak mau memandang sang tamu dengan sebelah mata. Bersama Shan United, Yangon United juga menjadi penyumbang pemain terbanyak ke Timnas Myanmar. Belum lagi materi pemain asingnya yang juga disebut berkualitas.

"Kami akan melawan salah satu tim terbaik di Myanmar. Mereka punya pemain berpengalaman yang memperkuat Timnas Myanmar, ditambah pemain asing dan seorang pelatih dari Jerman yang juga bagus," jelas pelatih 43 tahun tersebut.

"Mereka datang ke sini bukan untuk kalah. Mereka ingin menang. Jadi kalau ingin hasil yang bagus besok, kita harus kerja keras," imbuh pemegang lisensi UEFA Pro itu.

2. Yangon United punya beberapa pemain berbahaya, terutama di sektor depan

PSM Makassar Vs Yangon United di AFC Cup, Juku Eja Harus Kerja KerasPara pemain Yangon United berpose sebelum pertandingan Myanmar National League 2023. (Facebook.com/Yangon United Football Club)

Ada beberapa pemain Yangon United yang harus diwaspadai Wiljan Pluim dan kawan-kawan. Sebut saja duet penyerang Sekou Sylla dan Jose Adolfo Valencia yang sudah mengemas total 18 gol dari seluruh pertandingan.

Turut pula trio gelandang enerjik lintas generasi yakni wonderkid Zaw Win Thein dan duo Timnas Myanmar Yan Naing Oo - Hlaing Bo Bo. Di sektor belakang, terdapat Marlle Habila dan Rein Soe Thu.

Sang pelatih kepala, Gerd Zeise, memang baru memimpin The Lions (julukan Yangon United) dalam dua pertandingan. Tapi, pria 70 tahun tersebut punya modal pengalaman di sepak bola Myanmar dan Asia Tenggara selama nyaris satu dekade.

Baca Juga: Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh Suporter

3. Yuran Fernandes, sebut laga ini akan berjalan keras dan sulit

PSM Makassar Vs Yangon United di AFC Cup, Juku Eja Harus Kerja KerasBek PSM Makassar Yuran Fernandes dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan play off AFC Cup 2023-24, Selasa 22 Agustus 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, bek tengah Yuran Fernandes sudah siap menghadapi Yangon United. Kemenangan dibidik demi satu tempat di fase penyisihan grup AFC Cup 2023-24. Tapi ada rintangan terjal yang harus mereka taklukkan lebih dulu.

"Kita berharap menang tentu saja. Kita mempersiapkan diri sama seperti pertandingan lain. Kita mengantisipasi pertandingan yang keras dan sulit," ungkap pemain asal Cape Verde tersebut.

"Kita juga akan menghadapi pemain-pemain yang bagus, dan posisi mereka di Liga Myanmar juga sedang bagus. Jadi laga besok akan berjalan sulit," sambung Yuran.

Baca Juga: AFC Cup: Bedah Kekuatan Yangon United, Lawan PSM di Play Off

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya