Preview PSM Vs Yangon United: Berebut Satu Tiket ke AFC Cup

Tamu asal Myanmar tak diperkuat dua pemain andalannya

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tengah membidik tiket menuju kompetisi antarklub Asia. Mereka akan menjamu wakil asal Myanmar, Yangon United, dalam duel play-off AFC Cup 2023-24 pada Rabu malam (23/8/2023) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Nasib kedua tim jelang laga ini sedang bertolak belakang. PSM Makassar sedang diterpa tren negatif di Liga 1 serta belum beranjak dari papan tengah. Mereka kalah dua kali secara beruntun, meski secara permainan dan strategi sudah membaik ketimbang pada pekan-pekan awal kompetisi.

Sedangkan Yangon United menikmati dua kemenangan beruntun di Myanmar National League. Tak cuma menempel ketat pemuncak klasemen dari peringkat kedua, kedatangan pelatih baru Gerd Zeise membawa perubahan pada klub berjuluk The Lions tersebut.

Baca Juga: AFC Cup: Bedah Kekuatan Yangon United, Lawan PSM di Play Off

1. PSM Makassar tak mau memandang remeh sang tamu asal Myanmar

Preview PSM Vs Yangon United: Berebut Satu Tiket ke AFC CupBek PSM Makassar Yuran Fernandes (kiri) dan pelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares (kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan play off AFC Cup 2023-24, Selasa 22 Agustus 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, tak memandang sebelah mata sang tamu. Yangon United disebut memiliki materi pemain berkualitas, hingga pelatih kepala yang sudah sangat mengenal sepak bola Myanmar. Demi memetik kemenangan, ia sudah melakukan evaluasi di seluruh lini.

"Kami perbaiki semuanya karena kami menyerang dan bertahan bersama-sama," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Selasa kemarin (22/8/2023).

"Kami rasa ini aakan menjadi pertandingan yang sulit, dan pastinya mereka ingin menang seperti kami yang juga membidik hasil positif," sambung pelatih asal Portugal itu.

Juku Eja sendiri bisa menurunkan seluruh pemain pilarnya, termasuk Wiljan Pluim. Meski begitu, bukan tidak mungkin Tavares akan melakukan rotasi pemain untuk menyiasati jadwal padat. Kike Linares, Safrudin Tahar, Muhammad Arfan hingga Adilson da Silva bisa menjadi opsi.

2. Yangon United tiba di Bali tanpa dua pemain asing lantaran masalah visa

Preview PSM Vs Yangon United: Berebut Satu Tiket ke AFC CupPelatih tim asal Myanmar Yangon United Gerd Fiedrich Horst Zeise (kanan) memimpin sesi latihan resmi jelang pertandingan playoff AFC Cup 2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Di sisi lain, Gerd Zeise selaku juru taktik Yangon United juga menaruh respek pada sang lawan. Ia tak memandang peringkat PSM Makassar di kompetisi domestik sebagai gambaran kekuatan yang utuh. Meski begitu mereka berangkat ke Bali tanpa dua pemain asing andalan mereka.

"PSM Makassar adalah tim yang bagus, mereka juga tim yang hebat," ungkap pelatih asal Jerman tersebut dalam kesempatan terpisah.

"Masalah besar bagi kami adalah visa dua pemain asing tidak berhasil. Sulit untuk kompetisi karena hanya satu saja yang mendapatkan visa. Tapi kita ingin tetap menampilkan yang terbaik dan siap bersaing," ujar Zeise.

Dua pemain asing yang dimaksud adalah bek tengah Marlle Habila serta striker andalan Sekou Sylla. Alhasil, Zeise harus memutar otak untuk pengisi dua pos kosong.

3. Pemenang laga ini akan mendapat satu tempat di babak penyisihan grup AFC Cup 2023-24

Preview PSM Vs Yangon United: Berebut Satu Tiket ke AFC CupPesepak bola tim asal Myanmar Yangon United mengikuti sesi latihan resmi jelang pertandingan playoff AFC Cup 2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Kike Linares; Yakob Sayuri, Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Yangon United (4-4-2)

Sat San Naing (GK); Kyaw Phyo Wai, Hein Zeyar Lin, Min Kyaw Khant, Zarni Htet; Hlaing Bo Bo, Zaw Win Thein, Yan Naing Oo, David Htan; Yan Kyaw Htwe, Jose Adolfo Valencia

Jika pertandingan berakhir dengan skor imbang di waktu normal, pertandingan akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Jika masih sama kuat, pemenang akan ditentukan melalui adu penalti.

Siapa yang berhak atas satu tiket ke fase grup AFC Cup 2023-24? Saksikan PSM Makassar versus Yangon United pada Rabu malam ini (23/8/2023) pukul 19.00 WITA.

Baca Juga: PSM Makassar Vs Yangon United di AFC Cup, Juku Eja Harus Kerja Keras

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya