Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber Alasannya

Perubahan jadwal secara mendadak jadi biang keladi

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, akhirnya buka suara terkait masa persiapan tim yang cuma berjalan empat hari jelang meladeni Bali United. Ia menyebut bahwa perubahan jadwal secara mendadak jadi penyebab utama.

PSM akan menghadapi Bali United dalam laga play-off Liga 1 untuk penentuan wakil Indonesia di Liga Champions Asia. Pertandingan digelar dua leg, yaitu di kandang Bali United hari ini, Selasa (6/6/2023) lalu di kandang PSM, Sabtu (10/6/2023).

"Kita tidak memiliki waktu yang banyak seperti yang dimiliki Bali United. (Awalnya) sebelum musim Liga 1 di mulai, akan diadakan sekitar pekan kedua atau ketiga di bulan Juni, tapi tiba-tiba ada perubahan," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Senin malam (5/6/2023).

Baca Juga: Jadwal Terbaru Bali United Vs PSM Makassar, Kick-Off Dimajukan

1. PSM langsung mengasah taktikal alih-alih memulihkan fisik

Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber AlasannyaBek PSM Makassar, Kike Linares (kiri) dan Erwin Gutawa (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Wiljan Pluim dkk berkumpul untuk pemusatan latihan sejak Kamis pekan silam (1/6/2023). Adapun bek tengah andalan mereka, Yuran Fernandes, malah baru bergabung dengan tim pada hari Minggu lalu (4/6/2023).

Alhasil, kurang dari sepekan, Pasukan Ramang tidak punya waktu untuk memulihkan kebugaran setelah libur panjang. Bernardo Tavares langsung tancap gas dengan mengasah taktikal dan strategi di lapangan hijau.

2. Para pemain disebut layak mendapat waktu libur lebih lama

Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber AlasannyaPara pemain PSM Makassar merayakan gol ke gawang Madura United dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat 31 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Tavares sendiri memiliki alasan tak mengubah jadwal hari pertama latihan. Juku Eja jadi tim Indonesia yang paling banyak bertanding pada musim lalu, sehingga waktu libur lebih panjang dirasa sangat perlu.

"Musim lalu PSM Makassar menjalani pertandingan terbanyak dan perjalanan yang melelahkan sehingga saya memutuskan memberi libur kepada para pemain untuk memulihkan fisik dan psikis," jelasnya. Pada musim 2022-23, PSM melakoni 38 pertandingan resmi, atau 47 laga jika ikut menghitung uji coba dan Piala Presiden.

3. PSM lakoni leg pertama play-off kontra Bali United, Selasa malam ini (6/6/2023)

Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber AlasannyaPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan resmi di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 5 Juni 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Pasukan Ramang akan melakoni leg pertama play-off  di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa malam ini (6/6/2023). Mereka baru menjamu Serdadu Tridatu pada leg kedua, Sabtu mendatang (10/6/2023), bertempat di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

Pemenang babak play-off wakil Indonesia masih harus melalui dua partai kualifikasi LCA 2023-24. Di fase preliminary round, ada klub Hong Kong yakni Lee Man SC yang harus dikalahkan.

Jika berhasil menekuk runner-up Hong Kong Premier League tersebut, langkah sang pemenang semakin berat. Ada juara bertahan LCA 2022, Urawa Red Diamonds, yang sudah menunggu di play-off round.

Baca Juga: Daftar Pemain yang Pernah Membela PSM dan Bali United, Ada M Rahmat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya