Libas Yangon United 4-0, PSM Makassar Genggam Tiket Fase Grup AFC Cup!

Dua gol Juku Eja dicetak oleh Adilson da Silva

Makassar, IDN Times - PSM Makassar resmi mendapat satu tiket ke babak penyisihan grup AFC Cup 2023-24. Mereka menang dengan skor meyakinkan 4-0 atas tamu asal Myanmar, Yangon United, dalam laga play-off yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Rabu malam (23/8/2023).

Menilik susunan pemain yang diturunkan, PSM menurunkan duet Adilson da Silva dan Everton Nascimento di sektor depan. Dzaky Asraf dipercaya mengisi pos winger kanan, dan Ananda Raehan Alief menjadi gelandang serang. Adapun Wiljan Pluim diparkir di bangku cadangan.

Yangon United sendiri tak diperkuat oleh penyerang andalan mereka, Sekou Sylla, yang terpaksa absen akibat masalah visa. Alhasil, sang juru taktik yakni Gerd Zeise memakai skema 4-3-3 ketimbang 4-4-2 yang lazim mereka gunakan.

PSM memimpin lebih dulu pada menit ke-6. Manfaatkan umpan jarak dekat Yuran Fernandes di tepi kotak penalti, Adilson da Silva yang lolos dari perangkap offside berhadapan satu lawan satu dengan kiper Sann Set Naing. Adilson bisa menceploskan bola dengan tenang, sekaligus menjadi gol perdananya untuk PSM musim ini.

Tampil menekan, Juku Eja mampu gandakan keunggulan pada menit ke-36. Kali ini lewat sepakan Everton Nascimento yang memanfaatkan skema serangan balik dari bola sapuan Yuran Fernandes. Meski sudah dikawal ketat oleh bek Marlle Habila, striker asal Brasil tersebut tetap mampu mencetak gol dari jarak dekat.

Unggul dua gol, PSM tak mengendurkan serangan. Mereka terus mengirim ancaman melalui sisi sayap. Kenzo Nambu nyaris mencetak gol pada menit ke-39, tapi tendangan setengah volinya membentur mistar gawang. Skor 2-0 iringi kedua tim masuk masa turun minum.

Hanya lima menit setelah babak kedua bergulir, PSM kembali mencetak gol ketiga. Di awali kerja sama anatara Yance Sayuri dan Everton Nascimento, bola kemudian dikirim pada Yakob Sayuri yang berdiri bebas di sebelah kanan kotak penalti Yangon United. Tak menyia-nyiakan ruang tembak luas, Yakob melepas tendangan plesing ke pojok kiri gawang Sann Set Naing.

Tertinggal 3-0, Yangon United coba mengoptimalkan ancaman dari sisi sayap. Min Kyaw Khant dan Yan Kyaw Htwe menjadi motor serangan memakai kecepatan mereka. Tapi, sektor belakang PSM masih sigap dalam menutup ruang gerak ujung tombak Jose Adolfo Valencia.

Adilson da Silva benar-benar menggila di laga ini. Ia kembali menyarangkan bola ke gawang Yangon United di menit ke-61 lewat bicycle kick, manfaatkan bola pantul sundulan Yakob Sayuri.

Tim tamu bukannya tanpa peluang. Jose Adolfo Valencia bisa melepas tendangan jarak dekat pada menit ke-79 meski dalam kawalan ketat dua bek PSM. Sayangnya, sepakan striker asal Kolombia tersebut masih terlalu lemah dan bisa ditepis kiper Reza Arya Pratama.

The Lions masih menggempur pertahanan PSM di pengujung waktu normal. Serangan dikirim dari sisi sayap lewat Yan Kyaw Soe serta Min Kyaw Khant. Meski begitu, trio bek tuan rumah masih mampu menjaga fokus dengan memotong nyaris seluruh umpan silang.

Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit Majed Mohammed Al-Shamrani, skor 4-0 untuk Pasukan Ramang tidak berubah. Wiljan Pluim dan kawan-kawan kini hanya menunggu hasil pembagian grup yang akan berlangsung pada Kamis besok (24/8/2023).

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Dzaky Asraf (Donald Bissa, 87'), Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Muhammad Arfan, 66'), Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 66'); Everton Nascimento (Andy Hardjito, 81'), Adilson da Silva (Wiljan Pluim, 66')

Yangon United (4-3-3)

Sann Set Naing (GK); Thue Rein Soe, Marlle Habila (Zarni Htet, 65'), Kyaw Phyo Wai, David Htet; Hlaing Bo Bo (Yan Kyaw Soe, 65'), Yan Naing Oo, Zaw Win Thein; Oakkar Naing (Min Kyaw Khant, 55'), Jose Adolfo Valencia, Yan Kyaw Htwe (Sa Aung Pyae Ko, 86')

Baca Juga: Preview PSM Vs Yangon United: Berebut Satu Tiket ke AFC Cup

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya