Comscore Tracker

Buntut Tunggakan Gaji Pemain, FIFA Jatuhkan Sanksi ke PSM Makassar

PT LIB berharap masalah tersebut segera diselesaikan

Makassar, IDN Times - Induk sepak bola dunia FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSM Makassar. Ini merupakan buntut dari kasus sengketa ketenagakerjaan dengan striker mereka musim lalu, Giancarlo Lopes Rodrigues. Penyerang berpaspor Brasil itu saat ini sudah merumput bersama klub Bangladesh, Sheikh Russel KC.

Dalam salinan surat yang ditandatangani oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, disebut bahwa ini merupakan implementasi salinan putusan FIFA Dispute Resolution Chamber (DRC) dan FIFA Disciplinary Committee tanggal 29 Januari 2021.

1. PSM Makassar dilarang mendaftarkan dan membeli pemain selama tiga periode transfer window

Buntut Tunggakan Gaji Pemain, FIFA Jatuhkan Sanksi ke PSM MakassarPesepak bola PSM Makassar Ferdinand Sinaga (tengah) memainkan bola bersama rekannya dalam sesi latihan menjelang pertandingan AFC Cup 2020 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (21/1/2020). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Terdapat tiga poin dalam surat tersebut. Pertama, FIFA menjatuhkan larangan melakukan pendaftaran pemain pada tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain, Juku Eja dilarang melakukan pembelian pemain baru pada bursa transfer. Hukuman ini berlaku paling lama selama tiga periode pendaftaran (sampai Desember 2022) atau sampai kewajiban klub diselesaikan.

"Bahwa berdasarkan surat PSSI sebagaimana disebutkan di atas, LIB akan melakukan proses pemblokiran sistem pendaftaran kepada klub PSM Makassar sampai dengan kewajikan klub dapat dipenuhi," demikian bunyi poin kedua surat bertanggal 15 Februari 2021 itu.

2. PT LIB selaku operator kompetisi masih berharap manajemen PSM segera menyelesaikan masalah tersebut

Buntut Tunggakan Gaji Pemain, FIFA Jatuhkan Sanksi ke PSM MakassarPemain Bhayangkara FC Renan Silva (kedua kiri) menggiring bola dengan kawalan sejumlah pesepak bola PSM Makassar dalam pertandingan uji coba yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan PSM, di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Selain itu, salinan surat dengan nomor 024/LIB-KOM/II/2021 tersebut telah ditembuskan ke seluruh klub peserta Liga 1 dan Liga 2 2020. Hal tersebut merupakan bagian dari implementasi sanksi pembekuan aktivitas transfer pemain oleh PT LIB selaku operator kompetisi.

Kendati demikian, PT LIB masih berharap manajemen PSM untuk segera menuntaskan perkara ini. Terlebih hukuman ini dijatuhkan saat Liga 1 2021/22 selangkah lagi mendapat izin dari Polri.

Hingga berita ini ditulis Senin (15/2/2021) malam, belum ada pernyataan resmi dari manajemen Pasukan Ramang perihal sanksi FIFA. Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim juga belum merespons upaya konfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Direkrut PSM Makassar, Giancarlo Lopes Ternyata Punya Rekam Jejak Unik

3. Buntut dari tunggakan gaji mantan penggawa Juku Eja musim lalu, Giancarlo Lopes Rodrigues

Buntut Tunggakan Gaji Pemain, FIFA Jatuhkan Sanksi ke PSM MakassarPemain asing baru PSM Makassar Giancarlo Lopes saat akan konferensi pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (8/1/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSM Makassar merupakan buntut konflik kewajiban klub yang belum selesai kepada Giancarlo Lopes. Pemain 31 tahun tersebut bahkan beberapa kali menyinggung hal ini secara terbuka melalui akun Instagram pribadinya @g.carlo30.

"Tentang kepergian saya dari PSM Makassar, klub telah gagal memenuhi kewajibannya terkait dengan pembayaran (gaji)," tulis Carlo, sapaan akrabnya, di unggahan Instastory pada 14 Januari 2021.

"Enam bulan saya berada di rumah, mereka (manajemen PSM Makassar) tak pernah menjawab dan tidak menelepon untuk memberi penjelasan," tulisnya.

Baca Juga: Jebolan Akademi PSM Makassar Edgard Amping Jadi Kapten Garuda Select

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya