Comscore Tracker

Viral Foto Satpol PP Makassar Pakai Sepeda Brompton, Ini Faktanya

Foto yang beredar disebut sebagai dokumentasi lama

Makassar, IDN Times - Baru-baru ini viral foto dan video enam petugas Satuan Polisi Pamong Praja mengendarai sepeda mewah. Konten yang beredar di media sosial menunjukkan petugas berseragam berjejer dengan sepeda lipat Brompton.

Foto antara lain diunggah akun Instagram @plat_dinas_official pada Selasa 7 Juli 2020. Akun yang sama mengunggah ulang video anggota Satpol PP mengendarai Brompton dari @urbansneakersociety.

Pada dokumentasi lainnya, video enam orang anggota Satpol PP tersebut mengendarai masing-masing sepeda tersebut di sekitar lokasi pedestrian. Foto pertama beredar setelah diunggah Akun Instagram plat_dinas_official 16 jam lalu. Kemudian akun itu kembali merepost dokumentasi video anggota Satpol PP mengendari sepeda Brompton, dari akun Instagram urbansneakercociety.

Menurut penelusuran IDN Times, foto diambil di Jalan Penghibur Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Situasi lokasi pengambilan foto dan video persis dengan jalan di depan Rumah Jabatan Wali Kota Makassar. Tapi tidak diketahui pasti kapan foto dan video diambil.

Baca Juga: 5 Fakta Sepeda Mahal Brompton, Sejarah hingga Jenisnya

1. Enam orang Satpol PP bertugas di Pemkot Makassar

Viral Foto Satpol PP Makassar Pakai Sepeda Brompton, Ini FaktanyaKepala Satpol PP Makassar Iman Hud. Istimewa

Kepala Satpol PP Makassar Iman Hud membenarkan bahwa gambar pada foto dan video yang beredar berlokasi di Makassar. Petugas Satpol yang ada dalam gambar merupakan anggotanya di Satpol PP Makassar.

Iman membenarkan bahwa foto yang beredar di medsos diabadikan oleh anggotanya. Petugas mengabadikannya saat bertugas di sekitar Rujab Wali Kota, yang berhadapan dengan Anjungan Pantai Losari.

"Iya betul itu anggota saya. Tapi saya tidak tahu kenapa foto itu tersebar lagi. Itu foto tahun lalu bukan sekarang ini," kata Iman saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (8/7/2020).

2. Sepeda dipinjam dari komunitas sepeda Brompoton Makassar

Viral Foto Satpol PP Makassar Pakai Sepeda Brompton, Ini FaktanyaIDN Times/brompton.com

Iman menjelaskan bahwa sepeda Brompton dalam foto dan video bukan kendaraan Satpol PP. Petugas meminjamnya dari sebuah komunitas sepeda untuk digunakan berfoto. Kejadiannya juga disebut sudah lama.

Iman juga menyatakan Satpol PP Makassar tidak punya kendaraan sepeda lipat Brompton yang harganya terbilang mewah.

"Bukan aset inventaris dari Satpol PP Makassar. Darimana Satpol mau ambil uang sebanyak itu dikalikan dengan harga sepeda, misalnya satu unit sampai Rp90 juta. Itu kan pasti tidak masuk akal," Iman mengungkapkan.

3. Satpol PP Makassar tidak menanggapi serius foto yang beredar

Iman mengaku tidak tahu mengapa foto lama itu kembali viral di media sosial. Lagi pula, dia menyatakan tidak ambil pusing. Pihaknya juga tidak menyiapkan langkah apa pun terkait isu yang beredar bahwa Satpol menggunakan sepeda mewah.

"Lagian itu bukan fakta. Kita tidak mungkin punya sepeda begitu, mending kita pakai motor," kata Iman.

Iman mengimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dan tidak mudah percaya begitu saja dengan informasi yang beredar di medsos. Iman menduga bahwa viralnya video anggotanya di medsos sengaja dilakukan oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab.

"Bisa saja begitu. Intinya tidak mungkin kami punya aset itu. Mending kita pakai motor yang harganya hampir sama dengan sepeda itu. Atau paling tidak kita buatkan seragam dinas anggota untuk dipakai bertugas," Iman menambahkan.

Baca Juga: Peradi Protes Peraturan Masuk Makassar Wajib Suket Bebas COVID-19

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya