Turun ke Jalan, Mahasiswa di Makassar Demo Tolak Penundaan Pemilu

Sempat tahan truk kontainer untuk orasi dan bakar ban

Makassar, IDN Times - Ratusan mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan Jalan Sultan Alauddin-Jalan AP Pettarani, Kamis (7/4/2022) sore. Mereka menyuarakan penolakan wacana penundaan pemilihan umum atau Pemilu 2024.

Mahasiswa menganggap penundaan pemilu melanggar atau sangat bertentangan dengan amanat konstitusi. "Menolak wacana tiga periode jabatan presiden," kata koordinator unjuk rasa, Al Fitrah di lokasi demonstrasi.

1. Selain menolak penundaan pemilu, mahasiswa juga suarakan isu lain

Turun ke Jalan, Mahasiswa di Makassar Demo Tolak Penundaan PemiluMahasiswa di Makassar demo tolak penundaan pemilu. (Istimewa)

Demo mahasiswa di Makassar mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera bersikap untuk menghentikan polemik penundaan Pemilu 2024. Selain perpanjangan masa jabatan presiden itu, mahasiswa juga mendesak pemerintah menuntaskan persoalan lain.

Masalah genting yang dimaksud antara lain, pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN). Mahasiswa minta RUU IKN ditinjau ulang. Juga, persoalan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Mahasiswa menilai, kenaikan mendadak itu sangat membebani masyarakat.

2. RUU IKN hingga PPN naik dinikai membebani masyarakat

Turun ke Jalan, Mahasiswa di Makassar Demo Tolak Penundaan PemiluNagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Menurut Fitrah, pengesahan RUU IKN terkesan dikebut, atau tergesa-gesa tanpa memikirkan dampak yang terjadi. Mereka menilai rancangan itu sudah banyak menghabiskan duit negara. "Banyak memakan biaya," tegas Fitrah.

Belum selesai persoalan RUU IKN, lanjut Fitrah, pemerintah kemudian membuat lagi satu persoalan yang sangat berdampak kepada rakyat. "Belum lagi naiknya PPN yang mempengaruhi kenaikan harga," ucapnya.

Baca Juga: Survei CRC: 88,8% Warga Makassar Tolak Pemilu 2024 Ditunda

3. Sempat bersitegang dengan polisi

Turun ke Jalan, Mahasiswa di Makassar Demo Tolak Penundaan PemiluIlustrasi Keterbatasan Berpendapat/Orasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebagai bentuk protes, ratusan mahasiswa ini sempat memblokade jalan di lokasi demonstrasi. Mereka bahkan menahan truk kontainer untuk dijadikan panggung orasi dan membentangkan spanduk tuntutan hingga membakar ban.

Akibatnya, kendaraan yang melintas di lokasi sempat terhambat. Petugas kepolisian yang berjaga di lokasi setempat juga sempat bersitegang dengan mahasiswa. Beberapa saat usai tuntutan dibacakan, pengunjuk rasa membubarkan diri.

Baca Juga: 11 April, Mahasiswa Makassar Demo Tolak Pemilu Ditunda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya