Tips Memelihara Pitbull agar Jadi Ramah dan Tidak Menyerang Manusia

Pitbull memiliki kerentanan stres yang tinggi

Makassar, IDN Times - Peristiwa serangan anjing pitbull di beberapa daerah di Indonesia baru-baru ini, menjadi tren perbincangan hangat. Setelah penyerangan pitbull terhadap seorang satpam di Jakarta Pusat 2018 lalu, menyusul serangan yang dialami bocah berinisial MW di Medan, Sabtu (23/11), dan terakhir seorang wanita berinisial IZA di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Minggu (24/11).

Agar kejadian serupa tidak terulang, penggiat komunitas hewan, khususnya pitbull menjelaskan secara rinci bagaimana sebenarnya sifat dan karakter umum hewan yang dikenal garang tersebut, berikut tips dan trik memeliharanya.

1. Pitbull sebenarnya adalah jenis anjing ras petarung yang setia

Tips Memelihara Pitbull agar Jadi Ramah dan Tidak Menyerang ManusiaBayi pitbull / Instagram @sahasika_kennel_solo

Pada umumnya hampir seluruh anjing ras, khususnya pitbull memiliki karakter dan sifat yang baik. Anjing jenis petarung ini sangat patuh kepada perintah majikannya. Tak jarang sebagian besar orang yang memelihara anjing menjadikannya sebagai penjaga yang ramah kepada siapapun.

“Sebenarnya pokok persoalannya itu ada di ownernya (pemilik). Owner yang mengetahui betul apa yang harus dilakukan untuk misalnya pitbullnya. Karena owner itu sebagai patokannya,” kata Katra, saat berbincang dengan IDN Times pada Jumat (29/11).

2. Pitbull punya tingkat stres yang tinggi

Tips Memelihara Pitbull agar Jadi Ramah dan Tidak Menyerang ManusiaBayi pitbull / Instagram @sahasika_kennel_solo

Katra menambahkan, bahwa anjing pitbull merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang diketahui memiliki kerentanan stres yang tinggi. Itu sebabnya, pemilik sebaiknya dapat mencari aktivitas alternatif lain kepada pitbull miliknya. Bukan justru mengurungnya di dalam kandang atau mengikatnya setiap saat.

“Itu wajib. Misalnya diajak keliling-keliling di sekitar lingkungan tempat tinggal dan di wilayah yang dianggap nyaman. Setidaknya pitbull ini punya aktivitas selain didik dan dilatih,” terang pria asal Solo, Jawa Tengah ini.

3. Pitbull wajib diajak bersosialisasi

Tips Memelihara Pitbull agar Jadi Ramah dan Tidak Menyerang ManusiaBayi pitbull / Instagram @sahasika_kennel_solo

Ada sejumlah faktor yang membuat pitbull gampang stress. Kata Katra, umumnya stres terjadi karena kurangnya aktivitas pitbull  di luar rumah. Apalagi jika pemiliknya kerap mengurungnya di dalam kandang atau di area pekarangan rumah. Kurangnya aktivitas atau pergerakan fisik, membuat tingkat kecemasan dan stres pitbull bisa semakin bertambah.

“Makanya wajib jika misalnya ownernya ini ajak pitbullnya jalan-jalan. Bermain di lapangan misalnya. Kemudian misalnya di tempat umum yang jelas pengawasannya harus baik. Dijaga, dididik agar mau menuruti perintah ownernya,” ujarnya.

Baca Juga: Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar Kritis

4. Cara didik dan melatih pitbull dengan baik

Tips Memelihara Pitbull agar Jadi Ramah dan Tidak Menyerang ManusiaBayi pitbull / Instagram @sahasika_kennel_solo

Katra mengungkapkan, mendidik pitbull bisa dilakukan dengan beragam cara. Selain bersosialisasi, pitbull juga harus diperkenalkan dengan jenis-jenis anjing lain di luar rasnya, termasuk juga mengenalkan hewan selain anjing. Sebab, kata Katra, tingkat agresifitas pitbull jika melihat hewan yang berbeda dianggap sebagai ancaman.

Sifat petarung itulah yang bisa membahayakan jika pitbull terus menerus dikurung dan jarang diajak bersosialisasi. “Pitbull itu galak kalau sesama hewan. Tapi lagi-lagi kalau sering dilatih diajak ke mana-mana, dididik, diajari untuk tenang pitbull akan merasa nyaman dan aman."

Beberapa poin yang disebutkan di atas bisa menjadi referensi bagaimana membuat pitbull yang dikenal garang, menjadi anjing yang ramah terhadap hewan lain, maupun kepada manusia. Pola didik yang baik bisa menghilangkan kekhawatiran untuk memelihara dan merawat pitbull dengan baik dan benar.

Baca Juga: Pemilik Diperiksa Intensif, Pitbull yang Gigit Warga Dititipkan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya