Comscore Tracker

Teka-teki Identitas Mayat Korban Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

Sempat dikira perempuan, mayat itu ternyata seorang pria

Makassar, IDN Times - Jajaran Polres Pelabuhan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bertahap mengungkap misteri penemuan mayat dalam peristiwa kebakaran rumah toko di Jalan Nusantara, Kecamatan Wajo. Setelah mengolah tempat kejadian perkara, Selasa (28/7/2020) petang, petugas menemukan sejumlah petunjuk yang mengarah ke identitas korban.

"Sekarang masih didalami, jadi hasil pemeriksaan labfor, telah diotopsi itu (korban) laki-laki, tingginya 150 cm kurang lebih. Di badannya ditemukan cincin di jari sama pakai celana jeans," kata Kapolres Pelabuhan, AKBP M Kadarislam Kasim kepada sejumlah jurnalis, Selasa.

1. Kondisi mayat yang tidak utuh sempat membingkungkan petugas dalam proses identifikasi

Teka-teki Identitas Mayat Korban Kebakaran di Jalan Nusantara MakassarOlah TKP temuan mayat dalam kebakaran ruko di Jalan Nusantara Makassar/Polres Pelabuhan Makassar

Mayat ditemukan dalam kondisi tidak utuh. Sebagian besar luka bakar dan hangus di sekujur tubuhnya. Hal tersebut membuat petugas kepolisian sempat kebingungan dalam mengidentifikasi. Petugas bahkan sempat mengira bahwa mayat yang ditemukan adalah seorang perempuan.

"Karena kondisi korban ini seratus persen terbakar maka akan kita lakukan pendalaman terhadap organ yang masih ada. Apakah dia (tewas) karena benda tumpul atau terkait masalah lain-lainnya lah. Nanti kita tunggu hasil labfornya," ungkap Kadarislam.

2. Polisi temukan sejumlah dokumen di sekeliling mayat

Teka-teki Identitas Mayat Korban Kebakaran di Jalan Nusantara MakassarOlah TKP temuan mayat dalam kebakaran ruko di Jalan Nusantara Makassar/Polres Pelabuhan Makassar

Saat olah TKP berlangsung, petugas menemukan sejumlah dokumen. Mulai dari identitas diri, hingga buku tabungan. Barang sitaan dijadikan bukti petugas untuk mendalami kasus sekaligus penyebab pasti korban tewas terpanggang seiring dengan kebakaran yang terjadi.

"Di TKP sudah kita cek ditemukan ada buku tabungan, terus ada juga KTP perempuan, dan topi. Di samping itu juga kita cari siapa identitas korban, sekaligus melihat kemungkinan-kemungkinan kejanggalan dalam kebakaran itu," tegas Kadarislam.

Baca Juga: Mayat Wanita yang Ditemukan di Lokasi Kebakaran Masih Misterius

3. Polisi duga kebakaran terjadi karena korsleting listrik

Teka-teki Identitas Mayat Korban Kebakaran di Jalan Nusantara MakassarPetugas Pemadam Kebakaran Makassar mengevakuasi mayat dari ruko yang terbakar/Istimewa

Lebih lanjut kata Kadarislam, pihaknya juga telah memeriksa dua orang saksi dalam peristiwa kebakaran di Jalan Nusantara Makassar itu. Keduanya merupakan warga setempat sekaligus yang menjaga ruko yang terbakar. Sementara penyebab kebakaran, lanjut Kadarislam, diduga karena korsleting arus pendek listrik di salah satu kamar tidak berpenghuni di dalam ruko.

"Penyebab kebakaran kedua itu pemadam katakan biasa terjadi. Istilahnya ada satu ruang yang tidak bisa dijangkau dan masih ada unsur panasnya dan timbul api lagi," imbuh mantan Kapolres Kabupaten Bone, Sulsel ini.

Kebakaran terjadi Senin, 27 Juli 2020 kemarin. Mayat ditemukan pertama kali oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, dalam kondisi hangus terbakar dalam posisi tengkurap dan tertindis kasur yang hangus terbakar di dalam kamar.

Kebakaran terjadi, sekitar pukul 12.14 WITA. Api berhasil dikuasai petugas Damkar pukul 15.42 WITA. Sekitar pukul 19.30 WITA, damkar kembali menerima laporan bahwa percikan api masih terlibat di lantai 2 ruko. "Pas di sisir lagi jam 22.00 WITA, kita temukan (mayatnya)," kata Kepala Dinas Damkar Makassar Elodewata, kepada sejumlah jurnalis, kemarin. 

Baca Juga: Mayat Perempuan Ditemukan Usai Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya