Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar, Petugas Temukan Barang Berbahaya

Sendok hingga sikat gigi yang bentuknya telah dimodifikasi

Makassar, IDN Times - Petugas Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar menggelar inspeksi mendadak, Rabu (7/4/2021) malam. Petugas gabungan polisi, TNI dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel memeriksa sejumlah blok dan kamar penghuni rutan. 

"Dari hasil sidak gabungan, tim menyita beberapa barang seperti pisau cukur, silet, sendok besi, ikat pinggang dan sikat gigi yang telah dimodifikasi," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Dian Eka Junianto dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis usai sidak.

1. Sidak diklaim sebagai salah satu bentuk pencegahan peredaran barang berbahaya

Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar, Petugas Temukan Barang BerbahayaSidak di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Makassar

Terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham Sulsel Edi Kurniadi menyebut, razia ini merupakan upaya pencegahan, pemberantasan penyelundupan dan peredaran narkoba yang masih terjadi di Lapas dan Rutan.

Edi bilang, razia ini serentak dilaksanakan di sejumlah Lapas dan Rutan di wilayah Sulsel. Di Rutan Kelas 1 Makassar, tim gabungan menyisir dua blok hunian. "Hal ini untuk menjaga situasi tetap kondusif, keamanan dan ketertiban tetap terjaga di dalam Rutan," jelas Edi. 

2. Sebelum sidak, petugas diingatkan hindari masalah dengan napi

Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar, Petugas Temukan Barang BerbahayaSidak di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Makassar

Sebelumya, Edi sempat menekankan agar mengedepankan nilai-nilai humanis dalam pelaksanaan razia. Dia pun menyampaikan apresiasi atas atensi dari aparat penegak hukum yang bersedia hadir memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan ini.

"Lakukan pendekatan persuasif, timbulkan simpati dan jangan terpancing. Mari kita selesaikan permasalahan tanpa menimbulkan masalah lain," pesan Kadivpas dalam arahannya pada apel gabungan sebelum sidak digelar di Rutan Kelas 1 Makassar.

Baca Juga: 3 Pegawai Rutan Makassar Ditangkap dalam Sidak Narkoba

3. Sidak sebagai upaya untuk memutus potensi peredaran barang berbahaya di dalam rutan

Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar, Petugas Temukan Barang BerbahayaSidak di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Makassar

Dian Eka Junianto kembali menyampaikan, sidak merupakan wujud sekaligus bentuk komitmen pihaknya dalam menciptakan lingkungan rutan bebas dari barang berbahaya. Termasuk yang merusak seperti narkoba.

"Dari semua proteksi yang kami lakukan, kemungkinan penyelundupan pasti akan terus ada. Hal inilah yang terus kita antisipasi, salah satunya lewat kegiatan sidak gabungan," tegas Dian.

Ke depan, lanjut Dian, pihaknya akan semakin memperketat sistem pengawasan di internal Rutan Kelas 1 Makassar. "Meskipun demikian proteksi untuk barang yang masuk dan keluar akan terus diperketat. Harapan kami situasi Rutan tetap aman dan kondusif," imbuhnya.

Baca Juga: 200 Penghuni Rutan Makassar Jalani Rehabilitasi Narkoba

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya