Rumor RS Wahidin Makassar Rawat Pasien Suspect Corona, Ini Faktanya

Rumor beredar lewat pesan berantai yang disertai video

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari menampik beredarnya informasi tentang seorang warga di daerahnya yang dikabarkan suspect virus corona. Rumor itu membuat heboh baru-baru ini karena tersebar melalui pesan berantai di media sosial dan grup aplikasi percakapan. 

Menurut informasi yang beredar beserta video, pasien disebutkan sempat dirawat di Rumah Sakit Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Pasien itu kemudian dibawa ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk menjalani penanganan medis lanjutan.

"Pasien corona yang dirujuk tidak benar. Jadi kalau ada berita, foto-foto yang mengatakan ada, itu tidak benar," kata Ichsan kepada jurnalis di Makassar, saat dikonfirmasi Jumat (13/3).

Baca Juga: Nurdin Abdullah Berencana Bangun Ruang Isolasi Bintang 5, Seperti Apa?

1. Pasien yang dikabarkan suspect masih sebatas diobservasi

Rumor RS Wahidin Makassar Rawat Pasien Suspect Corona, Ini FaktanyaDok. IDN Times

Video berdurasi 35 detik itu sebelumnya beradar di sejumlah percakapan grup WhatsApp. Video memperlihatkan beberapa orang petugas rumah sakit menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, mengangkut pasien turun dari mobil ambulans.

Ichsan mengatakan, pasien dalam video itu belum bisa dikatakan suspect Covid-19. Yang bersangkutan belum menjalani pemeriksaan lanjutan sebagaimana penerapan dalam menangani pasien corona.

"Kalau diisolasi berarti baru pemeriksaan karena itu kan belum di-confirm namanya. Di-confirm itu berarti positif ya. Karena gejala-gejala awal tentu itulah yang dilihat. Adalah demam, kemudian batuk, kemudian ada riwayat dari tempat-tempat di mana ada infeksi. Itu baru diobservasi bukan positif sekali lagi," Ichsan menerangkan.

2. Pasien yang dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar masih berstatus orang dalam pemantauan

Rumor RS Wahidin Makassar Rawat Pasien Suspect Corona, Ini FaktanyaRuang penanganan pasien suspect corona di Gedung Infection Centre RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. IDN Times / Sahrul Ramadan

Kepala Sub Bagian Humas dan Pemasaran Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Dewi Rizki Nurmala membenarkan bahwa pihaknya menerima pasien rujukan dari Rumah Sakit Syech Yusuf, Gowa.

Hanya saja. kata Dewi, pasien tersebut belum dapat dinyatakan suspect apalagi terpapar wabah Covid-19. Pasien masih akan diperiksa lebih lanjut petugas medis di Gedung Infection Center RS Wahidin Sudirohusodo.

"Pasien yang dirujuk dari RS Syech Yusuf belum dikategorikan terjangkit virus corona, statusnya masih orang dalam pemantauan (ODP)," ungkap Dewi dalam keterangan resmi kepada wartawan.

3. Warga diimbau tenang dan tidak terprovokasi romur soal wabah Covid-19 di Sulsel

Rumor RS Wahidin Makassar Rawat Pasien Suspect Corona, Ini FaktanyaData lengkap virus corona di Indonesia. IDN Times/Arief Rahmat

Kadis Kesehatan Ichsan Mustari mengimbau kepada masyarakat agar tenang, tidak khawatir dan jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi, menyoal wabah virus Covid-19.

Segala informasi terkait Covid-19 di Sulsel akan disampaikan secara resmi oleh Pemprov melalui Dinas Kesehatan. Selain itu. kata Ichsan, pihaknya juga mengintensifkan koordinasi dengan rumah sakit untuk memastikan kesiapsiagaan perawatan dan penanganan, jika suatu waktu terdapat pasien yang suspect.

"Secara resmi nanti kami akan sampaikan kalau ada yang positif di Sulsel. Rumah sakit di daerah juga kita akan mengecek kekurangannya. Semua rumah sakit harus siap," ujar Ichsan.

Baca Juga: RS Wahidin Makassar Pastikan APD Penanganan Pasien Corona Lengkap

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya