Comscore Tracker

PPKM, TNI-Polri Bagikan Bagi-bagi Sembako untuk Warga Makassar

Pembagian sembako menyasar PKL dan pekerja serabutan

Makassar, IDN Times - Polrestabes Makassar bersama Kodim 1408/BS Makassar menyalurkan paket bantuan sosial kepada warga Kota Makassar, di tegah pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

KapolrestabesMakassarKombesWitnu Urip Laksana mengatakan sejauh ini setidaknya sudah ada seratusan paket sembako yang disebar. Pembagian sembako untuk kalangan masyarakat tertentu.

"Bantuan sosial berupa sembako dibagikan kepada para Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk selanjutnya disalurkan di wilayahnya masing-masing dengan sasaran kepada masyarakat yang terdampak (PPKM)," kata Witnu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: 7 Pasien Gejala COVID-19 di RSUD Makassar Pulang Paksa

1. Pembagian sembako menyasar pedagang kaki lima hingga pekerja serabutan

PPKM, TNI-Polri Bagikan Bagi-bagi Sembako untuk Warga MakassarBansos paket sembako untuk warga terdampak PPKM di Makassar/Polrestabes Makassar

Witnu mengatakan, sembako mulai didistribusikan sejak 17 Juli 2021 lalu. Pendistribusian menargetkan orang-orang yang perekonomiannya terdampak PPKM. Misalnya para pedagang kaki lima hingga pekerja serabutan. Isi sembako antara lain beras, gula, minyak goreng, hingga mi instan.

"Kita bisa melihat bagaimana potret masyarakat kita selama PPKM Mikro ini diberlakukan, artinya ada masyarakat kita yang terbebani dan ada masyarakat-masyarakat yang terdampak," ujar Witnu.

2. Bentuk keprihatinan bagi masyarakat yang terdampak

PPKM, TNI-Polri Bagikan Bagi-bagi Sembako untuk Warga MakassarBansos paket sembako untuk warga terdampak PPKM di Makassar/Polrestabes Makassar

Witnu menjelaskan, pendistribusian sembako untuk warga terdampak ini, merupakan bentuk keprihatinan dari intitusi Polri dan TNI. Masyarakat yang biasanya beraktivitas untuk mencari nafkah di luar rumah sementara dibatasi akibat kondisi pandemik COVID-19.

"Tetapi sekali lagi saya berharap kita terus bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa dampak kesehatan yang berkaitan dengan COVID-19 ini tetap menjadi proritas utama agar masyarakat kita tidak terpapar secara terus menerus," kata Witnu.

3. Bansos diharapkan bisa meringankan beban masyarakat

PPKM, TNI-Polri Bagikan Bagi-bagi Sembako untuk Warga MakassarIlustrasi PPKM. Dok. IDN Times/bt

Komandan Kodim Kota Besar 1408/BS Makassar, Kolonel Kav Dwi Irbaya, menyatakan bersyukur pihaknya bisa membantu masyarakat terdampak pemberlakuan PPKM. Meski sederhana, bantuan ini diharapkan dapat mengurangi dan meringankan beban masyarakat.

"Kami juga mengingatkan tetap jaga kesehatan, kita masih berdiri di sini Alhamdulillah kita masih diberi kekuatan. Tetap pedomani protokol kesehatan dan tetap jaga kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Dampak PPKM Mikro di Makassar, Industri Perhotelan Terancam Kolaps

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya