Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Mahasiswi UIN Makassar

Pelaku ketakutan karena korban tengah berbadan dua

Makassar, IDN Times - Jajaran Polsek Manggala dan Polrestabes Makassar mengungkap motif di balik pembunuhan AH (23), mahasiswi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM). Mahasiswi Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) itu sebelumnya ditemukan tewas bersimbah darah di kamar rumah kontrakannya di Kompleks Perumahan Citra Elok B2 Jalan Tamangapa RW 03, RT 03 Raya 5, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu (14/12) petang.

Hubungan asmara diduga kuat menjadi salah satu faktor sekaligus pemicu pelaku bernama Ridhoyatul Khair (21) nekat melakukan perbuatan sadis kepada korban. “Karena dia (korban) hamil empat bulan dia minta pertanggungjawaban pacarnya. Namun karena pacarnya (Ridhoyatul Khair) ketakutan, dia melakukan pembunuhan," ungkap Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, Senin (16/12).

1. Korban berniat melaporkan soal kondisi kandungannya ke orangtua pelaku

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Mahasiswi UIN MakassarAparat kepolisian mengamankan lokasi temuan mayat perempuan di Kompleks Perumahan Citra Elok B2 Jalan, Tamangapa RW 03, RT 03 Raya 5, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu (14/12) petang / Sahrul Ramadan

Sebelum mengancam untuk membunuh, pelaku dijelaskan Yudhiawan, sempat terlibat cekcok dengan korban.

Adu mulut terjadi karena korban berniat untuk melaporkan kondisi kandungannya kepada orangtua pelaku. Namun karena pelaku yang terkesan ketakutan akhirnya bertindak nekat menghabisi nyawa korbannya. “Diancam (korban) akan dilaporkan ke orangtuanya (pelaku) makanya dia melakukan pembunuhan," kata Yudhiawan.

2. Pelaku mengenal korban sejak delapan bulan terakhir

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Mahasiswi UIN MakassarAparat kepolisian mengamankan lokasi temuan mayat perempuan di Kompleks Perumahan Citra Elok B2 Jalan, Tamangapa RW 03, RT 03 Raya 5, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu (14/12) petang / Sahrul Ramadan

Korban pertama kali ditemukan oleh Satriani (23), rekan satu tempat tinggalnya di dalam rumah itu sekitar pukul 12.00 WITA, Sabtu (14/12) lalu. Kecurigaan rekannya yang baru saja pulang dari Kabupaten Gowa, setelah melihat situasi rumah dalam keadaan kosong, tak seperti biasanya.

Saat masuk, mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar itu mulai curiga, karena melihat kondisi dalam rumah yang cukup berantakan. Setelah mengecek ke dalam kamar, Sutriani menemukan AS sudah dalam kondisi tak bernyawa. Karena kaget dan panik, Sutriani berinisiatif untuk memanggil warga dan ketua RT setempat sebelum berkoordinasi dengan pihak Polsek Manggala.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Manggala, Iptu Syamsuddin mengatakan pelaku telah mengenal korban sejak bulan Maret 2019 lalu. “Tapi status pacaran tidak dia jelaskan, hanya bilang punya hubungan dekat," kata Syamsuddin menuturkan pengakuan pelaku.

Baca Juga: Mayat Perempuan Terbungkus Seprai Ditemukan di Tepi Sungai di Makassar

3. Pelaku diamanakan di lokasi kejadian perkara

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Mahasiswi UIN Makassarhttps://riaurealita.com/mobile/detailberita/1942/sadis-petani-ini-perkosa-dan-bunuh-siswi-kelas-1-sd

Syamsuddin mengatakan, pelaku diamankan di sekitar lokasi sesaat setelah penyidik melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi-saksi, Sabtu (14/12) lalu. Petugas menemukan fakta bahwa Ridhoyatul Khair merupakan pelaku pembunuhan.

Barang bukti pisau dapur sempat dibuang pelaku ke sungai dekat tempat tinggal korban. Pelaku diketahui merupakan mahasiswa yang satu fakultas dengan korban. "Pelaku ini datang juga ke TKP dan setelah kami dapat informasi kami langsung amankan sementara," terang Syamsuddin.

Saat ini pelaku masih diamankan di Mako Polsek Manggala untuk pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut. Pelaku dijerat dengan pasal 338 KUPidana dengan ancaman maksilam 15 tahun penjara.

Baca Juga: Mayat Perempuan Bersimbah Darah Ditemukan dalam Rumah di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya