Polda Sulsel Tangkap 3 dari 15 Tahanan yang Kabur dari Sel

Polisi imbau tahanan lain agar segera menyerahkan diri

Makassar, IDN Times - Aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan telah menangkap tiga dari 15 tahanan yang kabur dari sel tahanan. Sebelumnya tahanan melarikan diri dari sel tahanan di lantai tiga Mako Polda Sulsel, sejak Senin (30/3) lalu.

"Baru tiga (ditangkap)," ucap Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo kepada IDN Times, saat dikonfirmasi, Rabu (1/4).

Ibrahim tak menjelaskan rinci di mana dan kapan ketiga tahanan itu ditangkap Namun mereka sudah dimasukkan kembali ke sel tahanan untuk menjalani proses hukum.

Baca Juga: Petugas Lalai, 15 Tahanan Polda Sulsel Kabur dari Sel 

1. Tahanan lain yang kabur diimbau menyerahkan diri

Polda Sulsel Tangkap 3 dari 15 Tahanan yang Kabur dari SelIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Polda Sulsel telah berkoordinasi dengan keluarga para tahanan yang belum ditangkap. Keluarga diharap menginformasikan keberadaaan mereka. 

Polisi juga masih berupaya mencari keberadaan sisa tahanan lain. "Kita imbau kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan diri dan juga keluarganya untuk menginformasikan keberadaan para tersangka tersebut," ungkap Ibrahim.

2. Tahanan kabur akibat kelalaian anggota

Polda Sulsel Tangkap 3 dari 15 Tahanan yang Kabur dari SelKabid Humas Polda Sulsel Ibrahim Tompo. IDN Times / Istimewa

Sebelumnya Ibrahim Tompo mengakui bahwa tahanan yang kabur akibat kelalaian dari anggota yang saat itu bertugas. "Benar, dari kemarin hanya saya silent-silent saja. Ada kelalaian anggota. Itu nanti akan dievaluasi," ujar Ibrahim Tompo kepada sejumlah jurnalis, kemarin.

Menurut informasi polisi, belasan tahanan tersebut berhasil kabur setelah menjebol terali dan ventilasi di ruang tahanan Polda Sulsel. Ruangan itu berisi tahanan kasus narkoba dan kasus lain. 

Ibrahim menyebut sejumlah petugas yang berjaga kurang memperhatikan kondisi tahanan. Mereka dianggap lalai dalam menjalankan tugas.

"Memang standar prosedurnya ada yang dilanggarlah. Kalau standar prosedurnya dilaksanakan ketat. Gak akan kabur itu," ujar Ibrahim.

3. Tahanan yang kabur sudah siap dilimpahkan ke jaksa

Polda Sulsel Tangkap 3 dari 15 Tahanan yang Kabur dari SelPengadilan Negeri Makassar dok IDN Times

Belasan tahanan yang kabur itu rata-rata belum lama mendekam dibalik jeruji Mako Polda Sulsel. Kata Ibrahim, mereka ditahan sembari menunggu proses penyidikan atas kasus yang menjerat masing-masing.

Penyidik bahkan telah mempersiapkan perampungan berkas perkara sebelum diserahkan ke pihak kejaksaan. "Tahanan baru semua, itu sementara dipersiapkan berkasnya untuk dikirim ke kejaksaan ke jaksa penuntut umum (JPU)," ucap Ibrahim.

Baca Juga: Dihampiri Patroli Corona, Pengunjung Warkop di Makassar Bubar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya