Comscore Tracker

Petugas Lalai, 15 Tahanan Polda Sulsel Kabur dari Sel 

Polda jamin, tahanan kabur bakal ditangkap kembali

Makassar, IDN Times - Belasan tahanan kabur dari ruang tahanan di Markas Kepolisian Daerah Polda Sulawesi Selatan, di Makassar. Informasi itu dibenarkan Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo.

Ibrahim mengatakan, ada 15 tahanan yang kabur dari dalam sel sejak Senin (30/3) kemarin.

"Benar, dari kemarin hanya saya silent-silent saja. Ada kelalaian anggota. Itu nanti akan dievaluasi," ungkap Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Selasa (31/3).

Baca Juga: Ribuan Masker Sitaan Dihibahkan untuk RS Rujukan Corona di Makassar

1. Tahanan kabur dengan menjebol terali dan ventilasi

Petugas Lalai, 15 Tahanan Polda Sulsel Kabur dari Sel (IDN Times/Mia Amalia)

Ibrahim mengatakan, para tahanan kabur dari ruang tahanan di lantai tiga Kantor Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Mereka kabur dengan menjebol terali dan lubang ventilasi pada ruang tahanan.

Tahanan yang kabur disebut terdiri dari tersangka kasus narkoba serta kasus lain. Oknum petugas jaga, menurut Ibrahim, lalai menjalankan tugas karena kurang memperhatikan kondisi tahanan di dalam ruangan itu.

"Memang standar prosedurnya ada yang dilanggarlah. Kalau standar prosedurnya dilaksanakan ketat, gak akan kabur itu," ujar Ibrahim.

2. Belasan tahanan kabur sedianya segera dilimpahkan ke jaksa

Petugas Lalai, 15 Tahanan Polda Sulsel Kabur dari Sel Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo. IDN Times/Sahrul Ramadan

Tahanan yang kabur, masih menjalani penyidikan oleh polisi. Kasus hukum mereka juga masih sementara berjalan.

Penyidik, kata Ibrahim, telah mempersiapkan perampungan berkas perkara sebelum diserahkan ke pihak kejaksaan.

"Tahanan baru semua, itu sementara dipersiapkan berkasnya untuk dikirim ke kejaksaan ke jaksa penuntut umum (JPU)," ucap Ibrahim.

3. Petugas jaga terancam sanksi disiplin

Petugas Lalai, 15 Tahanan Polda Sulsel Kabur dari Sel Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo. IDN Times / Sahrul Ramadan

Ibrahim meyakinkan bahwa Polda Sulsel segera menangkap kembali seluruh tahanan yang kabur. Saat ini petugas masih mengidentifikasi kemungkinan lokasi yang jadi pelarian mereka. Polda Sulsel belum mengumumkan identitas para tahanan yang kabur, guna memaksimalkan pencarian. 

Sementara oknum anggota yang dianggap lalai, Ibrahim memastikan mereka bakal mendapat sanksi indisipliner. Mereka dianggap melanggar karena lalai melakukan tugas penjagaan.

"Itu nanti akan dievaluasi. Insya Allah ini jadi bahan evaluasi bagi kita, untuk membenahi sistemnya," ucapnya.

Baca Juga: Dampak COVID-19, Polda Sulsel Tutup Layanan SIM dan Samsat Dua Bulan 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya