Comscore Tracker

Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum Terungkap

Tim Labfor sementara meneliti material di lokasi kebakaran

Makassar, IDN Times - Petugas Polsek Tamalanrea, Kota Makassar, belum bisa memastikan penyebab kebakaran Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan. Kantor di Jalan Perintis Kemerdekaan itu terbakar pada Kamis 30 Juli 2020 lalu.

Api menghanguskan lantai dua gedung kantor. Sejumlah ruangan ludes terbakar, di antaranya gedung perencanaan, ruang keuangan, dan bagian farmasi.

"Masih sementara jalan (penyelidikan), sambil kita tunggu dulu seperti apa hasil penelitian dan uji laboratorium forensik (Labfor)," kata Kepala Unit Reskrim Polsek Tamalanrea, Iptu Muhalis Hairuddin kepada IDN Times, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga: Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2

1. Polisi mengambil sampel material di lokasi kebakaran

Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum TerungkapIlustrasi petugas laboratorium forensik. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Muhalis mengatakan, pihaknya bersama tim Laboratorium Forensik Polrestabes Makassar sudah menggelar olah tempat kejadian perkara. Dari lokasi kantor yang terbakar, polisi meganmbil sejumlah sampel material yang terbakar.

Barang yang diambil antara lain lembaran kertas hingga sejumlah benda berbahan plastik. Dari sana diharap bisa diketahui penyebab keakaran.

"Selebihnya nanti saya sampaikan kalau sudah ada hasil (penelitian) yang dilakukan teman-teman di Labfor," ucap Muhalis.

2. Kebakaran susulan sempat melukai seorang petugas pemadam

Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum TerungkapPetugas Damkar Makassar terluka saat memadamkan kebakaran yang terjadi di Kantor Dinkes Sulsel/Damkar Makassar

Kebakaran susulan sempat dilaporkan terjadi di lokasi kebakaran, pada Jumat siang 31 Juli 2020. Menurut informasi dari Dinas Kebakaran Kota Makassar, diduga api berasal dari material sisa kebakaran.

"Bekas terbakar semestinya langsung di urai, seperi rak besi dan bahan-bahan yang menyimpan panas dipisahkan dengan bahan lainnya yang mudah terbakar," ujar Kabid Pengenadilan dan Operasi Damkar Makassar Hasanuddin, dalam keterangan tertulisnya.

Dua unit armada dan 11 orang personel diterjunkan memandamkan api. Kata Hasanuddin, kebakaran baru berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 14.40 WITA. Satu petugas damkar terluka dalam peristiwa itu.

"Ada anggota kecelakaan kerja di lokasi dinkes. Tangan robek kena pecahan kaca," kata Hasanuddin.

3. Dinas Kesehatan masih mengidentifikasi barang yang terbakar

Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum TerungkapKebakaran di kantor Dinkes Sulsel/Damkar Makassar

Pihak Dinas Kesehatan Sulsel tengah mengidentifikasi barang apa saja yang dilahap api pada kejadian itu. Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, para pegawai di kantornya tetap masuk kerja dengan memanfaatkan gedung lain.

"Saya akan mengidentifikasi untuk membagi teman-teman kantor, untuk sementara sambil juga saya perintahkan sama staf untuk mencoba mengidentifikasi barang-barang yang terbakar," kata Ichsan di lokasi kejadian, Kamis.

Ichsan menyebut, kebakaran menghanguskan sejumlah ruangan kantor di lantai dua. Di antaranya ruang perencanaan, ruang keuangan, dan bagian farmasi. Menurut laporan saksi, diduga api berasal dari ruang perencanaan.

"Pada saat kejadian saya tidak di tempat. Tapi berdasarkan cleaning service yang pertama kali lihat memang kan jam 06.00 WITA ya, persiapan untuk kebersihan. Jadi cuma satpam saja yang ada dan cleaning service," kata Ichsan.

Baca Juga: Nurdin Pastikan Ventilator di Gudang Kantor Dinkes Sulsel Tak Terbakar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya