Comscore Tracker

Pencatut Kajari Toraja Minta Uang, Tipu Pejabat hingga Kades

Waspada! Penipuan mencatut nama Kepala Kejari Tator

Makassar, IDN Times - Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Erianto L Paundanan menyatakan namanya dicatut oleh seorang penipu. Pelaku meminta uang ke sejumlah pejabat hingga kepala desa.

"Mengaku Kepala Kejaksaan Negeri Tator dan meminta sejumlah uang melalui aplikasi WhatsApp dengan nomor 081394132787," kata Erianto dalam siaran pers yang diterima Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Mengenal Tau-tau, Replika Orang Meninggal dari Suku Toraja

1. Kajari Tator tegaskan tak pernah meminta barang dan uang kepada siapapun

Pencatut Kajari Toraja Minta Uang, Tipu Pejabat hingga KadesKepala Kajari Tator Erianto L Paundanan (kiri) dalam konferensi pers di kantornya / Dok. Kejati Sulsel

Erianto mengatakan, kasus penipuan itu diketahui setelah mendapat laporan dari sejumlah masyarakat dan anggota jajarannya, sejak Kamis, 27 Januari 2022. Pihaknya kemudian menindaklanjuti informasi itu dan memberikan klarifikasi.

Dia menegaskan, nomor kontak yang digunakan penipu bukanlah miliknya. "Kepala Kejari Tator tidak pernah meminta sesuatu berupa barang, uang kepada beberapa pejabat daerah, kepala dinas, kepala desa dan lembang," ucapnya.

2. Salah satu korban mengirim uang Rp20 juta

Pencatut Kajari Toraja Minta Uang, Tipu Pejabat hingga KadesTangkapan layar percakapan penipu catut nama Kajari Tator/Dok. Kejati Sulsel

Erianto menyebut, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, sudah ada tujuh orang korban yang dihubungi oleh penipu untuk meminta uang. Korban diminta mengirim ke rekening 314701010780506 atas nama pemilik rekening Laila Dinar.

Erianto memperlihatkan sejumlah bukti percakapan permintaan uang penipu kepada korban. Di salinan bukti lainnya, salah satu korban bahkan sempat mengirim uang ke pelaku penipuan berjumlah Rp20 juta dan Rp5 juta. Namun, tidak semua korban mengirim uang ke rekening yang telah disediakan penipu.

"Bahwa untuk yang sudah terlanjur mengirimkan sejumlah uang kepada oknum tersebut, kami sarankan segera melapor ke pihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian," ungkap Erianto.

3. Kajari imbau masyarakat jadi korban segera melapor

Pencatut Kajari Toraja Minta Uang, Tipu Pejabat hingga KadesKepala Kajari Tator Erianto L Paundanan (kiri) dalam konferensi pers di kantornya / Dok. Kejati Sulsel

Erianto mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menjadi korban penipuan mengatasnamakan dirinya, untuk tidak terpengaruh dengan permintaan itu. Kejari Tator juga sementara berkoordinasi dengan kepolisian untuk menelusuri pelaku.

"Kepada siapapun apabila ada seseorang yang menghubungi dengan mengatas namakan Kajari Tator maupun seluruh pegawai kejari terkait permintaan suatu barang atau uang agar tidak ditanggapi dan segera lapor kepada kami," kata Erianto.

Baca Juga: 6 Kue Tradisional Khas Toraja yang Jadi Oleh-oleh Favorit

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya