Comscore Tracker

KPK Geledah Rumah Mewah di Makassar, Bawa Satu Koper Barang

Rangkaian penggeledahan usai OTT Gubernur Nurdin Abdullah

Makassar, IDN Times - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sebuah rumah di Kompleks Perumahan Lili, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/3/2021) pagi.

Kabarnya, rumah itu milik Agung Sucipto, pengusaha-kontraktor tersangka dugaan suap dan gratifikasi terhadap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Seorang petugas keamanan membenarkan penggeledahan yang berlangsung sekitar pukul 9.00 Wita. Di saat yang sama, penyidik KPK juga menggeledah Kantor Gubernur Sulsel.

"Memang tadi ramai-ramai, ada (petugas) pakaian polisi juga. Tapi kita tidak tahu apa," kata sekuriti yang menolak disebutkan namanya, Rabu siang.

Baca Juga: Usai Dinas PUTR, Penyidik KPK Geledah Kantor Gubernur Sulsel

1. Petugas menyita satu koper diduga barang bukti

KPK Geledah Rumah Mewah di Makassar, Bawa Satu Koper BarangPetugas KPK menggeledah rumah diduga mikik 1 tersangka di Makassar/Istimewa

Penggeledahan rumah bertingkat tiga di kompleks perumahan mewah itu berlangsung selama tiga jam. Petugas membawa satu koper berwarna merah dari dalam rumah itu, dan dibawa pergi dengan mobil. Penggeledahan dikawal petugas kepolisian bersenjata.

Pantauan IDN Times di lokasi pascapenggeledahan, rumah itu nampak lengang. Tidak ada aktivitas apa pun yang terlihat di dalam dan luar rumah. Petugas sekuriti melarang jurnalis mengambil gambar. 

2. KPK juga geledah Kantor Gubernur Sulsel

KPK Geledah Rumah Mewah di Makassar, Bawa Satu Koper BarangIlustrasi rumah jabatan Gubernur Sulsel. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pada Rabu pagi hingga siang, penyidik KPK juga menggeledah Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo Makassar. Di sana tim, menggeledah sejumlah ruangan, salah satunya kantor Bagian Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Penggeledahan masih berlangsung, dan tim KPK tidak membiarkan orang masuk ke dalam gedung.

Jurnalis belum mendapatkan informasi mengenai barang apa saja yang disita penyidik KPK dalam serangkaian penggeledahan.

3. KPK temukan barang bukti dan uang tunai di Rujab Gubernur

KPK Geledah Rumah Mewah di Makassar, Bawa Satu Koper BarangRujab Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Kemarin, Selasa 2 Maret 2021, tim penyidik KPK menggeledah kantor Dinas PUTR Sulsel. Pantauan IDN Times, tim penyidik KPK keluar gedung Dinas PUTR Sulsel dengan membawa tiga koper.  

Tim penyidik KPK menggeledah sekitar lima jam lebih di dalam gedung Dinas PUTR Sulsel. Tim juga sempat menggeledah mobil dinas Kadis PUTR Sulsel yang terparkir di halaman kantor dinas.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penyidik menyita barang bukti terkait kasus dugaan suap proyek insfrastruktur yang menjerat Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin Abdullah. Selain dari Kantor Dinas PUTR, penyidik juga menggeledah rumah Nurdin Abdullah.

"Ditemukan dan diamankan bukti di antaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini dan juga sejumlah uang tunai," ujar Ali Fikri, Selasa.

Baca Juga: Sekretaris Ditangkap KPK, Kadis PUTR Sulsel Pilih Bungkam

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya