Geger, Warga Barru Temukan Benda Mirip Dinamit di Kawasan Pasar 

Benda mencurigakan itu tergeletak di tengah jalan

Makassar, IDN Times - Warga di sekitar Pasar Takkalasi, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, digegerkan dengan sebuah benda mencurigakan. Benda mirip dinamit itu ditemukan warga setempat tergeletak di tengah jalan setapak samping pasar tradisional tersebut.

"Telah ditemukan oleh warga masyarakat Takkalasi, diduga bom (dengan model TNT)," kata Kapolres Barru AKBP Willy Abdillah dalam keterangan resmi yang diterima, sejumlah jurnalis di Makassar, Jumat (27/12).

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2019, Polrestabes Makassar Sita 14,6 Kilogram Sabu

1. Benda tersebut tergeletak di tengah pemukiman padat penduduk

Geger, Warga Barru Temukan Benda Mirip Dinamit di Kawasan Pasar Benda serupa dinamit yang ditemukan warga Takkalasi, Kecamatan Balusu, Barru, Jumat (27/12) / Istimewa

Benda mencurigakan itu ditemukan sekitar pukul 10.30 WITA di sebuah lorong pemukiman padat penduduk. Lokasi itu, juga tidak begitu jauh dari jalan poros penghubung Barru ke kabupaten lainnya.

"Tempat kejadian perkara (TKP) kurang lebih lima meter dari Jalan Poros Barru-Makassar," ungkap Willy.

Benda itu berbentuk beberapa tabung memanjang. Lilitan kabel tampak menyembul dari ujung-ujung tabung tersebut.

2. Petugas mensterilkan area lokasi temuan benda yang diduga bom

Geger, Warga Barru Temukan Benda Mirip Dinamit di Kawasan Pasar IDN Times/Arief Rahmat

Tak butuh waktu lama, petugas langsung mensterilkan lokasi dan memasang garis polisi. Petugas juga meminta warga tidak mendekati lokasi temuan benda yang diduga bom rakitan itu. 

Petugas belum dapat memastikan apakah bom tersebut dalam keadaan aktif atau tidak. "Dan anggota polsek sudah mengamankan TKP dengan memberikan garis polisi serta mengimbau kepada warga agar tidak mendekat," terangnya.

3. Koordinasi dengan tim Jihandak Gegana Polda Sulsel

Geger, Warga Barru Temukan Benda Mirip Dinamit di Kawasan Pasar Tim Gegana Polda Sulsel melakukan penyisiran di kawasan Kantor Kejari Parepare (IDN Times/Polres Parepare)

Sejauh ini, lokasi di sekitar temuan benda mencurigakan itu tergolong aman dan kondusif. Selanjutnya, sambung Willy, pihaknya berkoordinasi dengan tim penjinak bahan peledak, gegana jajaran Polda Sulsel."Dan jihandak Parepare," kata Willy.

Baca Juga: Polisi Pastikan Detonator Aktif Sebabkan Ledakan di Kejari Parepare

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya