Comscore Tracker

Dua Tewas, Densus Tangkap 20 Orang terkait Teroris di Makassar

Mereka disebut jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD)

Makassar, IDN Times - Petugas Detasemen Khusus  88 Antiteror Polri menembak mati dua orang terduga teroris dalam penyergapan di Villa Mutiara, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu pagi (6/1/2021).

Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam mengatakan, petugas Densus dibantu Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar sejauh ini menangkap 20 orang di lokasi yang sama, termasuk dua orang yang meninggal, R dan A. Mereka yang dibekuk diduga terkait jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Dua di antaranya meninggal dunia karena melakukan perlawanan dan satu luka tembak, serta 17 orang diamankan," kata Kapolda saat meninjau lokasi penangkapan, Rabu.

Baca Juga: Kapolda: Dua Terduga Teroris yang Ditembak Gabung JAD sejak 2015

1. Polisi tidak temukan bahan peledak

Dua Tewas, Densus Tangkap 20 Orang terkait Teroris di MakassarGaris polisi dipasang di lokasi penangkapan teroris di Kompleks Perumahan Villa Mutiara, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Merdisyam menjelaskan, dua orang yang ditembak adalah pimpinan JAD di Villa Mutiara Makassar. Jaringan ini merekrut ratusan anggota lain hingga ke luar Sulsel. Mereka dibaiat untuk mengikuti ajaran khilafah ISIS pada tahun 2015 di Pondok Pesantren Ar Ridho yang dipimpin Ustaz Basri, terpidana kasus terorisme yang meninggal di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.

Petugas, kata Kapolda, menyita sejumlah barang dari lokasi penangkapan. Antara lain senjata tajam berupa parang, senjata PCP, panah, busur, serta sejumlah berkas dokumen. Petugas tidak menemukan bahan peledak.

"Dalam pengembangannya ditangani Densus 88. Sudah lama didalami yang bersangkutan dan bukti-buktinya ada," Kapolda menerangkan.

2. R dan A disebut melawan sehingga ditembak

Dua Tewas, Densus Tangkap 20 Orang terkait Teroris di MakassarLokasi penangkapan teroris di Kompleks Perumahan Villa Mutiara, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Kapolda mengatakan R dan A berupaya melawan aparat saat hendak ditangkap. Karena itu mereka ditembak sehingga meninggal.

"Pada saat dilakukan upaya penangkapan kedua pelaku melakukan perlawanan dengan masing-masing menggunakan sajam senjata parang dan senapan angin, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur," ucap Merdisyam.

Dari lokasi, jasad dua terduga teroris dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk diautopsi. Sedangkan orang lain yang turut ditangkap dibawa ke Mabes Polri untuk diperiksa.

3. Polisi periksa saksi di sekitar lokasi peyergapan

Dua Tewas, Densus Tangkap 20 Orang terkait Teroris di MakassarLokasi penangkapan teroris di Kompleks Perumahan Villa Mutiara, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Merdisyam mengatakan 20 orang ditangkap dalam satu rumah. Usai penyergapan, polisi menggelar olah tempat kejadian perkara sembari meminta keterangan sejumlah saksi, yakni warga di sekitar lokasi.

"Kalau menurut saksi, mereka sudah lama tinggal di sini. Mereka membentuk pengajian sendiri. Ini campur (orang luar) makanya kita masih mendalami," kata Merdisyam.

Baca Juga: Polisi Tembak Mati Dua Terduga Teroris di Makassar

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya