Comscore Tracker

Dua Anjing Pelacak Siaga di Rutan Makassar Cegah Selundupan Narkoba

Jumlah barang titipan untuk tahanan meningkat saat lebaran

Makassar, IDN Times - Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar menyiagakan dua ekor anjing pelacak untuk memeriksa seluruh barang bawaan pengunjung untuk para tahanan.

"Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi resiko dalam pencegahan peredaran narkoba di rutan," kata Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis, Jumat (14/5/2021).

1. Jumlah barang titipan untuk tahanan meningkat saat momen lebaran

Dua Anjing Pelacak Siaga di Rutan Makassar Cegah Selundupan NarkobaIlustrasi. Sidak di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Makassar

Sulistyadi mengungkapkan, dua ekor anjing pelacak dari unit K-9 didatangkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel. Kerja sama dengan BNNP untuk mencegah masuknya barang berbahaya itu saat momentum lebaran. 

"Pada saat hari lebaran kapasitas jumlah barang titipan meningkat drastis dibanding hari biasa. Untuk itu pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan," ungkap Sulistyadi. 

2. Anjing pelacak bersiaga selama 3 hari di rutan

Dua Anjing Pelacak Siaga di Rutan Makassar Cegah Selundupan NarkobaAnjing pelacak BNNP Sulsel bersiaga di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Terpisah, Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel Agustinus Sollu mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk pencegahan. "Rencananya anjing pelacak ini akan bersiaga selama 3 hari di dalam rutan," imbuhnya. 

Hadirnya anjing pelacak ini juga diapresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Menurutnya, ini adalah salah satu bukti kerja sama yang baik dengan BNNP Sulsel. "Utamanya dalam pencegahan peredaran gelap narkotika di Rutan," tegasnya. 

Baca Juga: Lapas-Rutan di Sulsel Siapkan Kunjungan Virtual saat Lebaran

3. Penghuni Rutan dan Lapas belum boleh dibesuk langsung oleh keluarganya

Dua Anjing Pelacak Siaga di Rutan Makassar Cegah Selundupan NarkobaIlustrasi. Sidang online tahanan Rutan Kelas 1 Makassar. IDN Times/Rutan Kelas 1 Makassar

Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel belum mengizinkan penghuni rutan dan lapas dibesuk langsung oleh keluarganya. 

Larangan berkunjung untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Sebagai gantinya, petugas menyediakan fasilitas virtual agar seluruh warga binaan bisa bersilaturahmi dengan keluarga masing-masing saat hari raya Idul Fitri. 

"Lewat aplikasi video call saluran onlinenya, penghuni bisa memakainya tidak ada jadwal yang ditentukan, kapanpun boleh," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi kepada jurnalis, Jumat (7/5/2021) malam.

Baca Juga: Rutan Makassar Gelar Pasar Ramadan, Jual Paket Sembako Murah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya