Comscore Tracker

[BREAKING] Tolak UU Ciptaker, Demonstran Makassar Blokade Flyover

Unjuk rasa di momen satu tahun Jokowi-Ma'ruf

Makassar, IDN Times - Ratusan demonstran memadati kawasan fly over di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa petang (20/10/2020). Massa dari Gerakan Rakyat Makassar berunjukrasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

Unjuk rasa juga digelar sebagai satu evaluasi satu tahun kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Dalam kurun waktu dua periode pemerintahan Jokowi-Amin menghasilkan produk-produk kebijakan yang bertentangan dan kontra produktif dengan kepentingan rakyat," kata Koordinator Gerakan Rakyat Makassar yang disebut Jlow, dalam pernyataan sikapnya saat unjuk rasa.

Ratusan demonstran berunjuk rasa dengan memadati kolong flyover Urip Sumoharjo. Mereka memblokir persimpangan Jalan AP Pettarani, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Tol Reformasi. Tidak ada kendaraan yang bisa melintasi kawasan itu, sehingga terpaksa mengarah ke jalur lain.

Selain berorasi secara bergantian, massa aksi juga membentangkan sejumlah spanduk kecaman terkait UU Ciptaker berbentuk omnibus law serta membakar ban bekas.

Demonstran adalah gabungan dari organisasi sipil, lembaga independen, aktivis lingkungan, buruh hingga mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Makassar. Hingga saat ini unjuk rasa masih berlangsung. Tampak aparat kepolisian mengawal mereka.

Baca Juga: Polisi Masih Tahan Mahasiswi Demonstran UU Ciptaker di Makassar

Topic:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya