Comscore Tracker

BPOM Sidak Pusat Takjil di Makassar Periksa Bahan Makanan Berbahaya

Mulai dari boraks, formalin dan pewarna makanan berbahaya

Makassar, IDN Times - Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BBPOM Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menguji beberapa kandungan makanan di kawasan pusat takjil di Jalan Andi Mappanyukki, Senin (4/4/2022).

"Kita melakukan pengawasan makanan takjil. Kita sampling dan nanti akan kita uji, ada boraksnya atau tidak," kata Kepala BPOM Makassar Hardaningsiih di sela pemeriksaan makanan takjil, Senin sore.

1. Periksa banyak sampel makanan dan minuman

BPOM Sidak Pusat Takjil di Makassar Periksa Bahan Makanan BerbahayaPetugas BPOM Makassar memeriksa makan-minum di pusat takjil di Jalan Mappanyukki. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Dalam pengawasan kali ini, petugas BPOM Makassar yang dibagi menjadi beberapa tim, berkeliling menyisir satu per satu penjual takjil. Sebelum mengambil sampel, petugas lebih dulu memintia keterangan para pedagang.

Salah satu yang tak luput dari perhatian untuk pengujian oleh petugas BPOM adalah, makanan basah yang dimasak atau dikukus. "Ada juga es, minuman yang berwarna itu," ucap Hardaningsih.

2. Selain boraks, petugas cari formalin dan pewarna berbahaya

BPOM Sidak Pusat Takjil di Makassar Periksa Bahan Makanan BerbahayaKepala BPOM Makassar Hardaningsih. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Menurut Hardaningsih, pengujian bahan makanan untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan bahan pengawet dalam makanan atau minuman yang diperdagangkan ke masyarakat. Semua sampel makanan dan minuman telah diambil.

"Tujuannya itu untuk mengetahui bahwa makanan-makanan dan minuman ini aman dari bahan berbahaya yang biasanya dicampurkan di dalam makanan. Di antaranya formalin, boraks dan pewarna lain," tegasnya.

Bila hasil pemeriksaan didapati bahan berbahaya yang mencemaskan seperti yang disebutkan sebelumnya, maka petugas BPOM akan menyita produk makanan dan minuman supaya tidak diperdagangkan ke masyarakat.

Baca Juga: 2500 Polisi Jaga Makassar selama Ramadan

3. Pemeriksaan akan berjalan sepanjang Ramadan

BPOM Sidak Pusat Takjil di Makassar Periksa Bahan Makanan BerbahayaPetugas BPOM Makassar memeriksa makan-minum di pusat takjil di Jalan Mappanyukki. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Hasil pemeriksaan BPOM Makassar, lanjut Hardaningsih, bisa diketahui dalam waktu dekat. Dia menegaskan kegiatan ini akan berlangsung sepanjang bulan Ramadan. Tempat pengambilan sampel juga akan diacak. Salah satunya di pasar tradisional.

Terpisah, salah satu pedagang di pasar takjil Mappanyukki bernama Rahmawati menambahkan, pemeriksaan bahan makanan oleh petugas sudah sering dia dapati. "Hampir tiap tahun pasti ada pemeriksaan begini," katanya usai pemeriksaan.

Sebagai pedagang, dia mengaku bersyukur karena petugas kesehatan makanan bisa membantu mengawasi ada atau tidaknya zat berbahaya yang terkandung dalam makanan dan minumn yang diperdagangkan. "Iya ini bagus," imbuhnya.

Baca Juga: Polisi Larang 'Sahur on the Road' di Makassar selama Ramadan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya