Comscore Tracker

Bocah di Bulukumba Temukan Kartu KIS Dibuang ke Tong Sampah

Pemerintah menyelidiki asal-usul kartu temuan

Makassar, IDN Times - Beredar video di media sosial tentang bocah yang menemukan puluhan lembar Kartu Indonesia Sehat (KIS) di tong sampah, di Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang beredar, kartu-kartu itu ditemukan terbungkus amplop. Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba dr. Wahyuni membenarkan soal penemuan di lokasi samping puskesmas setempat tersebut.

"(Di) samping puskesmas, ini anak informasinya lagi main, sampai dia dapat itu di dalam tempat sampah," kata Wahyuni saat dihubungi IDN Times, Selasa (29/6/2021).

1. KIS terbungkus di dalam amplop putih

Bocah di Bulukumba Temukan Kartu KIS Dibuang ke Tong SampahTangkapan layar rekaman video temuan lembaran KIS di tong sampah puskesmas di Bulukumba/Screenshot

Wahyuni mengatakan, kejadian penemuan kartu di tempat sampah diabadikan pada Sabtu, 26 Juni 2021. Namun Dinas Kesehatan Bulukumba baru mendapatkan laporan soal itu pada Senin, 28 Juni.

Dia menerangkan, saat ditemukan, kartu-kartu itu terbungkus dengan amplop putih. Kartu sempat dibawa pulang ke rumah oleh bocah yang menemukan.

"Kemudian dibuka mungkin sama orang-orang di situ baru ditahu," kata dia.

2. Dinkes selidiki asal-usul kartu

Bocah di Bulukumba Temukan Kartu KIS Dibuang ke Tong SampahIlustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Wahyuni menyebut KIS yang ditemukan berjumlah sekitar 90 lembar. Soal temuan itu, Dinkes sudah memanggil seluruh petugas di Puskesmas Herlang.

Wahyuni menyatakan KIS yang ditemukan diterbitkan pada tahun 2017. Dinas menyelidiki temuan itu, berkoordinasi dengan BPJS Bulukumba. "Biar jelas, bagaimana ini bisa ditahu," katanya.

3. Video penemuan KIS di tong sampah tersebar di medsos

Bocah di Bulukumba Temukan Kartu KIS Dibuang ke Tong SampahIDN Times/Sukma Shakti

Temuan kartu KIS di dalam tong sampah beredar luas di media sosial. Dalam video berdurasi 32 detik itu, nampak sejumlah wanita membongkar satu per satu isi amplop. Setelah itu kartu-kartu KIS ditumpuk di samping amplop.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari menyatakan telah mendapat informasi awal soal kejadian itu. Tapi dia belum tahu banyak soal asal-usulnya.

"Saya coba koordinasi dulu sama Dinkesnya untuk pastikan," kata Ichsan.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya