Bentrok di Unismuh, Polisi Bidik Tersangka dari 14 Terperiksa

Mereka masih diperiksa intensif di Mako Polrestabes Makassar

Makassar, IDN Times - Tim penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar masih terus memeriksa secara intensif 14 terduga pelaku bentrokan antar mahasiswa di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Dari 14 orang yang masih berstatus saksi, polisi membidik tersangka. 

“Betul (masih saksi), tapi tetap ada (yang jadi tersangka). Kan bawa senjata,” kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono saat dikonfirmasi, Sabtu (13/12).

Bentrokan antara mahasiswa satu jurusan itu sebelumnya terjadi, Rabu (11/12), sekitar pukul 22.15 WITA. Kedua kelompok yang bentrok membawa senjata, seperti parang dan busur hingga dan alat berbahaya lainnya. 

1. Bentrok bawa senjata tajam, siapapun yang menjadi tersangka dijerat UU Darurat dengan ancaman bui 10 tahun

Bentrok di Unismuh, Polisi Bidik Tersangka dari 14 TerperiksaKapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono / Sahrul Ramadan

Sementara ini, polisi menduga bentrokan dipicu karena perbedaan pilihan saat pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar. Kegiatan pemilihan itu digelar secara musyawarah, di lantai sembilan menara Gedung Iqra Unismuh.

Dalam pemilihan ketua HMJ itu, ada dua kandidat yang berasal dari dua daerah berbeda. Kedua kandidat tersebut, bersaing memperebutkan kursi nomor satu di Jurusan Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Bentrok pecah ketika ada perkataan yang dinilai menyinggung perasaan kubu lawan. “Gak boleh bawa senjata di jalan-jalan sudah ada undang-undangnya. Undang-Undang Darurat Pasal 51 ancaman hukuman 10 tahun,” Yudhiawan menegaskan.

2. Polisi dalami peran masing-masing terperiksa

Bentrok di Unismuh, Polisi Bidik Tersangka dari 14 TerperiksaBarang bukti hasil kejahatan komplotan begal sadis dalam eskpos di Mako Polrestabes Makassar, Sabtu (7/12) / Sahrul Ramadan

Bentrokan dari dalam kampus meluas hingga ke Jalan Talasalapang Raya karena sebagian mahasiswa terlibat saling kejar.  Dalam insiden tersebut, beberapa mahasiswa terkena tembakan busur.

Sementara itu, polisi juga mendalami peran masing-masing mahasiswa dalam bentrokan itu. “Kita akan pilah-pilah dulu karena ada yang dari luar kampus Unismuh juga,” ungkap Yudhiawan.

Baca Juga: Beda Pilihan Ketua HMJ, Mahasiswa Unismuh Bentrok, 14 Orang Diamankan

3. Polisi koordinasi dengan pihak kampus untuk meredam dan tindak tegas pelaku yang terlibat

Bentrok di Unismuh, Polisi Bidik Tersangka dari 14 TerperiksaKapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono / Sahrul Ramadan

Aparat jajaran Polrestabes Makassar saat ini berkoordinasi dengan pengelola kampus untuk meredam sekaligus mencegah konflik dan bentrokan susulan terjadi. Yudhiawan berjanji akan menindak tegas siapapun pelaku yang terlibat dalam bentrokan yang dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat khususnya proses belajar mengajar di dalam kampus.

Namun pihak kampus Unismuh sejauh ini belum memberikan keterangan resmi. Wakil Rektor III Unismuh Muhammad Tahir enggan berkomentar panjang. “Saya masih sementara di Polsek (Rappocini) lagi kawal adik-adik (mahasiswa) koordinasi dulu dengan kepolisian,” kata dia. 

Baca Juga: Buntut Bentrok Mahasiswa Makassar, Aktivitas di Kampus Dibatasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya