Comscore Tracker

Anggota Polsek Sirenja Donggala yang Tertembak Berangsur Membaik

Pascaperawatan intensif di RS Bhayangkara Makassar

Makassar, IDN Times - Setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, kondisi kesehatan Aipda Nabud Salama berangsur membaik. Nabud merupakan satu dari dua anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tertembak beberapa waktu lalu, kemudian dirujuk Makassar, Sabtu (9/11).

“Alhamdulillah sudah mulai membaik,” kata Kepala RS Bhayangkara Makassar Kombes Pol dr Farid Amansyah, Selasa (12/11).

1. Patah rahang mengharuskan Aipda Nabud dirawat lebih lama sebelum dioperasi

Anggota Polsek Sirenja Donggala yang Tertembak Berangsur MembaikIstimewa

Perwira yang menjabat sebagai Kepala Unit (Kanit) Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Sirenja itu mengalami patah tulang pada bagian rahang. Akibatnya, luka yang diderita mengalami pembengkakan.

Kondisi tersebut awalnya sempat dicemaskan tim dokter, mengingat saluran pernapasan akan terganggu jika tak ditangani segera. Namun setelah melalui serangkaian proses perawatan medis, kondisi Nabud perlahan lebih lebih baik dari sebelumnya.

Hanya saja kata Farid, pihaknya belum bisa melakukan operasi karena tahapan kesehatan Nabud yang harus ditunggu hingga mencapai fase stabil. “Kita stabilkan dulu, untuk meredakan daerah yang mengalami pembengkakan karena daerah operasi itu adalah jalan saluran nafas,” terang Farid.

2. Tim dokter berupaya meredakan daerah pembengkakan dengan injeksi

Anggota Polsek Sirenja Donggala yang Tertembak Berangsur MembaikSahrul Ramadan/IDN Times

Sembari menunggu kondisi kesehatan yang betul-betul dianggap stabil, lanjut Farid, pihaknya sementara memberikan rangsangan injeksi praoperasi. Perawatan dilakukan dengan memasukkan cairan ke daerah yang dianggap rawan terserang infeksi pascaluka.

“Agar tidak infeksi dan bengkak serta perawatan jalan nafas agar tidak terganggu,” urai Farid menjelaskan tujuannya. 

Nabud pun hingga kini masih ditempatkan di Ruang ICU RS Bhayangkara.

Baca Juga: Polisi yang Tertembak di Polsek Sirenja Mengalami Patah Bagian Rahang

3. Kasus ini masih diselidiki

Anggota Polsek Sirenja Donggala yang Tertembak Berangsur MembaikIstimewa

Dua anggota Polsek Sirenja Donggala tertembak pada Jumat (8/11) sekitar pukul 10.00 WITA. Peristiwa diduga tanpa disengaja oleh Aiptu Purwanto saat membersihkan senjata laras panjang jenis V2. 

Diduga kemudian terjadi ledakan dan peluru mengenai Nabud yang ikut mendampingi pemeriksaan senjata. Diduga Aiptu Purwanto yang ketakutan lantas menembak dirinya sendiri. Namun informasi ini belum dibenarkan polisi.

Hanya saja Farid masih enggan menjelaskan lebih detil menyoal latar belakang informasi dari perkara tersebut. Dia menegaskan bahwa penyelidikan merupakan kewenangan pihak Polda Sulteng.

“Masih dalam penyelidikan apalagi bukan juga kapasitas saya untuk jawab itu,” tutup Farid.

Baca Juga: Anggota Polsek Sirenja yang Tertembak Tiba di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya