Comscore Tracker

Kapolrestabes Makassar, Sosok di Balik Suksesnya Final Piala Indonesia

Selalu mengecek kesiapan bawahannya

Makassar, IDN Times - Kesuksesan digelarnya pertandingan final Piala Indonesia 2018/2019 antara PSM Makassar menjamu Persija Jakarta, tidak terlepas dari peran penting aparat Kepolisian.

Pada laga penentu yang disesaki lebih 15.000 orang di Stadion Mattoanging itu, ada sosok kunci yang berhasil memberi rasa aman kepada PSSI dan segenap publik sepak bola Makasssar. Dia adalah Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo.

Wahyu mengerahkan segenap personel Polrestabes Makassar pada Selasa (6/8), untuk mengawal jalannya pertandingan final yang sempat tertunda karena alasan keamanan. Tak hanya di dalam dan sekitar stadion, Wahyu memerintahkan jajarannya agar mengawal konvoi selebrasi kemenangan Juku Eja di setiap jalan protokol Kota Makassar.

Lalu, bagaimana kiprah Wahyu Dwi Ariwibowo dalam Institusi Kepolisian? 

1. Penegakan disiplin terhadap anggotanya

Kapolrestabes Makassar, Sosok di Balik Suksesnya Final Piala IndonesiaIDN Times/Dhidi Hariadi

Wahyu Dwi Ariwibowo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1994. Perwira menengah ini menjabat sebagai Kapolrestabes Makassar sejak 18 Oktober 2018 menggantikan Kombes Pol Irwan Anwar.

Wahyu berpengalaman dalam bidang pendidikan Polri karena pernah menjabat sebagai Kepala SPN Batua Polda Sulsel tahun 2018. Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah 1971 ini pernah menempati beberapa jabatan di tubuh Polri.

Di antaranya Kabagbinkar Ro SDM Polda Kalsel, Kapolres Banjar (2011), Wakapolresta Banjarmasin (2013), Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri, serta Kepala SPN Polda Sulsel (2018).

Dalam keseharian, Wahyu selalu memperhatikan kedisiplinan anggotanya dengan mengecek kesiapan dan sikap bawahannya. Apalagi dia pernah menjabat sebagai Kepala SPN Batua sebelum menjadi Kapolrestabes Makassar.

Dalam penegakan disiplin itu, Wahyu mengecek kerapian para anggota termasuk rambut dan janggut personel yang kurang rapi. “Ini upaya preventif untuk mengecek terjadinya pelanggaran,” ucap Kasubbag Humas Polrestabes Makassar Kompol Alex Dareda menceritakan sosok Wahyu.

2. Fokus berantas narkoba

Kapolrestabes Makassar, Sosok di Balik Suksesnya Final Piala IndonesiaIDN Times/Abdurrahman

Tak hanya penegakan disiplin kepada jajarannya, selama kepemimpinan Wahyu, jajaran Polrestabes Makassar kian gencar melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

“Narkoba masih tinggi, jadi kita berupaya melakukan penindakan dan pencegahan,” ungkap Wahyu beberapa waktu lalu.

Selain masalah narkoba, menurut dia, kejahatan jalanan juga menjadi prioritas Polrestabes Makassar, “kami tingkatkan patroli untuk mencegah kejahatan pencurian kekerasan dan pencurian motor,” katanya.

Baca Juga: 5.000 Personel dari 10 Polres Siap Amankan Laga Final Piala Indonesia

3. Resmi bertugas di Polrestabes Makassar pada November

Kapolrestabes Makassar, Sosok di Balik Suksesnya Final Piala IndonesiaHumas Polrestabes Makassar/Istimewa

Meski surat telegram Kapolri Nomor ST/2750/X/KEP/2018 keluar pada Oktober. Namun serah terima jabatan (Sertijab) baru dilakukan pada Kamis (8/11) di Aula Paramartha SPN Batua Makassar.

Sertijab ini dipimpin Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono dan dihadiri oleh Wakapolda Sulsel serta turut hadir para pejabat utama Polda Sulsel, para pejabat utama Polrestabes Makassar serta para Kapolsek jajaran Polrestabes Makassar.

“Selamat bertugas pejabat baru Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo,” kata Umar kala itu seperti dikutip laman polrestabesmakassar.com.

Baca Juga: Mengenal Hamidin, Kapolda Sulsel yang Ahli Tangani Terorisme

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya