Jepang Sumbang 200 Tempat Tidur Medis ke Sulsel

Keduanya jalin kerja sama kembangkan pelayanan kesehatan di Sulsel

Makassar, IDN Times - Pihak Rumah Sakit (RS) Kitasanto Jepang memberikan sumbangan 200 tempat tidur medis kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Bantuan itu khusus untuk pengembangan mutu pelayanan kesehatan di Sulsel.

"Alhamdulillah kunjungan tim kesehatan ke RS Kitasato Jepang membuahkan hasil," kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam keterangan tertulis, Senin (1/7).

Diketahui tim kesehatan Pemprov Sulsel yang berkunjung itu, yakni Ketua TGUPP, Yusran Yusuf, Koordinator Tim Kesehatan, Dudu, Tim Kesehatan, Hasanuddin, dan Plt Kadinkes Sulsel, Bachtiar Baso.

Baca Juga: Hak Angket untuk Nurdin Abdullah Jadi Alarm bagi Bupati dan Wali Kota

1. Bantuan itu senilai Rp12-15 miliar

Jepang Sumbang 200 Tempat Tidur Medis ke SulselIstimewa

Tak hanya tempat tidur medis yang diberikan oleh Jepang, kata Nurdin, mereka juga memberikan kursi dan meja. Adapun nilai bantuan yang diberikan pihak RS Kitasanto Jepang itu senilai Rp12-15 miliar.

Namun, lanjut Nurdin, Pemprov Sulsel dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) yang akan melakukan penyaluran bantuan tersebut.

2. Pemerintah Jepang dan Sulsel bekerja sama kembangkan rumah sakit di Sulsel

Jepang Sumbang 200 Tempat Tidur Medis ke SulselIstimewa

Menurut mantan Bupati Bantaeng dua periode ini, Pemerintah Jepang dan RS Kitasato bakal menjadi mitra Pemprov Sulsel. Untuk mensupervisi dan mengembangkan rumah sakit di Sulsel, agar mutu pelayanan dan fasilitasnya mendekati standar Jepang.

Tak hanya itu, RS Kitasato Jepang juga akan membuka pelatihan bagi dokter dan perawat dari Sulsel. "Mohon doa dan dukungannya agar kerja sama ini memberikan dampak positif bagi masyarakat," tutur Nurdin.

3. Pemprov Sulsel kembali terima bantuan mobil ambulance bulan ini

Jepang Sumbang 200 Tempat Tidur Medis ke SulselIstimewa

Setelah mendapat bantuan dari RS Kitasato, menurut dia, pihaknya akan kembali menerima bantuan dari Jepang 39 unit mobil ambulance pada Juli 2019.

"Jepang akan kirim bantuan itu melalui jalur laut dengan empat tahap," tambahnya.

Baca Juga: Disetujui, Ini 5 Materi Hak Angket DPRD untuk Gubernur Sulsel  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya