Tabrak Pemotor, Dua Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Makassar

Kapolrestabes Makassar meminta maaf

Makassar, IDN Times - Dua oknum polisi bintara tinggi atau Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) IR dan IA diperiksa tim Propam Polrestabes Makassar, usai viral karena diduga menabrak pengendara motor.

"Terhadap dua anggota (Aipda IR dan IA) dilakukan pemeriksaan atas kejadian itu," ungkap Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhammad Ngajib kepada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (14/6/2023).

Viral di media sosial (Medsos) beberapa hari lalu, sebuah mobil Patroli Pengawalan (Patwal) yang diduga dikendarai Aipda IR dan IA, menabrak seorang pengendara motor di Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar.

Dalam kejadian itu, disebutkan pengendara motor tidak mengalami luka serius. Hanya saja, tindakan yang dilakukan dua anggota Satlantas Polrestabes Makassar itu sifatnya bisa mencelakai pengguna jalan.

1. Ngajib pastikan akan evaluasi anggotanya

Tabrak Pemotor, Dua Polisi Diperiksa Propam Polrestabes MakassarIlustrasi. Personel Polrestabes saat apel pasukan. IDN Times/Polrestabes Makassar

Kombes Ngajib pun menegaskan, saat ini tim Propam Polrestabes Makassar telah mengambil langkah untuk proses pemeriksaan, serta dilakukan evaluasi terhadap Aipda IR serta Aipda IA terkait tindakan yang telah mereka lakukan.

"Tentunya kami melakukan proses evaluasi apa yang dilakukan anggota itu, dan kami melakukan tindakan kepada anggota itu untuk melihat kejadian pada saat itu apa yang menjadi kesalahan," terang Kombes Ngajib.

2. Polrestabes Makassar mohon maaf atas kejadian itu

Tabrak Pemotor, Dua Polisi Diperiksa Propam Polrestabes MakassarKapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhammad Ngajib. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Atas peristiwa itu, Ngajib menyampaikan permohonan maaf. Dia meminta jajaran Polrestabes Makassar untuk belajar dari kejadian tersebut. Ngajib juga berjanji tidak akan menindak tegas anggotanya yang melanggar.

"Ini satu koreksi bagi kami, dan mohon maaf atas kejadian tersebut. Kita akan perbaiki kedepan, karena sampai saat ini tidak ada korban, tapi melihat video yang beredar itu suatu koreksi untuk kami," jelas Ngajib.

Baca Juga: Viral! Anggota Polantas di Makassar Gelar Tilang tanpa Atribut

3. Kronologis menurut Kasat Lantas Polrestabes

Tabrak Pemotor, Dua Polisi Diperiksa Propam Polrestabes MakassarIlustrasi. Petugas Satlantas Polrestabes Makassar mengamankan Pak Ogah di sejumlah jalan. IDN Times/Polrestabes Makassar

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Amin Toha mengakui, kejadian viral itu terjadi pada 10 April 2023 lalu. Di mana saat itu pengemudi mobil Patwal Aipda IR langsung meminta maaf ke korban.

"Itu memang mobil (Patwal) Polrestabes Makassar, kejadiannya kurang lebih dua bulan lalu. Tapi yang jelas saat itu ada tugas pengawalan kemudian di pemutaran Pettarani ada juga seorang personel yang melakukan pengaturan lalu lintas, dan ada motor dihentikan tapi menerobos dari belakang dan kena knalpotnya dengan bumper depan mobil patroli," Kompol Amin Toha menjelaskan.

"Tapi pada saat itu motornya kan goyang, tetapi anggota Aipda IR itu membuka kaca kemudian melakukan komunikasi (minta maaf) dari jarak jauh dengan pengendara motor itu. Dan si pengendara motor itu juga membalas senyum dan mengangkat tangan," tambahnya.

Baca Juga: Pak Ogah di Makassar Viral usai Memaki Pengendara Ditangkap Polisi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya