Ramai Desakan, Ormas B120 Makassar Dinyatakan Bubar

Para anggota diharapkan tidak kembali ke jalan

Makassar, IDN Times - Organisasi kemasyarakatan Batalyon 120 Makassar membubarkan diri. Sebelumnya ramai desakan pembubaran ormas itu karena anggotanya dikaitkan dengan sejumlah kasus kriminal.

Meski demikian, Koordinator Dewan Komando B120 menampik pembubaran terkait ramainya desakan dari berbagai pihak. "B120 bubar melalui pertimbangan-pertimbangan yang cukup baik," kata Faizal kepada IDN Times Sulsel, Senin (15/5/2023).

Sebelumnya Batalyon 120 dibentuk sebagai wadah pembinaan para anak jalanan mantan pelaku kriminal. Oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto, mereka diharapkan berperan memetakan potensi kriminal jalanan dan merangkul orang-orang yang berpotensi melakukan tindak kriminal untuk dibina.

Baca Juga: Ormas B120 Makassar Pasrah jika Dibubarkan Polda Sulsel

1. Pembubaran sudah diketahui para dewan pembina

Ramai Desakan, Ormas B120 Makassar Dinyatakan BubarPoster undangan pengukuhan Batalyon 120 Makassar. (Istimewa)

Faizal mengatakan, pembubaran organisasi ini sebelumnya sudah dikomunikasikan dengan para dewan pembina. Di antaranya Walikota Makassar Danny Pomanto dan eks Kapolrestabes Makassar Brigjen Pol Budhi Haryanto.

"Ada juga pak Dandim Makassar sebagai dewan pembina kami, itu semua sudah dikomunikasikan. Saya bilang ijin membubarkan diri, jadi mereka juga lanjut bekerja secara profesional juga," ungkap Rizal.

"Mereka menyerahkan sepenuhnya ke saya terkait keputusan pembubaran ini. Jadi bukan karena ada desakan dari pihak-pihak luar tapi ini murni dari komunikasi dengan dewan pembina kami," dia melanjutkan.

2. Rizal : satu tahun kami berupaya keras bina adik-adik B120

Ramai Desakan, Ormas B120 Makassar Dinyatakan BubarPengukuhan ormas Batalyon 120 Makassar, 14 Maret 2022. (Dok. Pemkot Makassar)

Batalyon 120 dikukuhkan pada 14 Maret 2022. Pemerintah Kota Makassar ingin ormas itu membantu petugas keamanan menjaga keamanan di Kota Makassar. Ormas itu punya tiga pembina, yakni eks Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, dan Komandan Kodim 1408 Makassar Letkol Inf. N. Syahreda.

Koordinator Dewan Komando Batalyon 120 Makassar Faisal Sahabuddin mengatakan ormasnya berperan membina mantan pelaku kriminal jalanan agar tidak kembali ke jalan. Batalyon 120 juga memetakan potensi kriminal jalanan, dan merangkul orang-orang yang berpotensi melakukan tindak kriminal jalan untuk dibina.

Faizal menceritakan, sejak terbentuk, B120 sudah mengumpulkan ratusan anak jalanan untuk dibina melakukan kegiatan positif.

"Satu tahun ini kami berupaya keras merubah paham (bina) adik-adik di B120. Bukan perkara mudah, tapi yang kemudian muncul di publik itu hal-hal yang negatif, tidak melihat hal poitif yang kami lakukan," ucap Rizal.

3. Rizal harap pemuda binaan B120 tidak turun lagi ke jalanan

Ramai Desakan, Ormas B120 Makassar Dinyatakan BubarRatusan senjata tajam (Sajam) berbagai jenis yang diserahkan dari Ormas Batalyon 120 Makassar ke Polrestabes Makassar untuk dimusnahkan, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Rizal mengatakan, dengan bubarnya B120, ormas itu tidak lagi berkegiatan. Anggotanya juga kembali ke jalan masing-masing.

"Kita berharap agar mereka (binaan B120) tidak turun kembali lagi ke jalanan," kata Rizal.

Baca Juga: Ketua Ormas B120 Makassar Ditangkap terkait Perusakan Hotel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya