Kemenag: Pelunasan Haji di Sulsel 94 Persen

Pelunasan diperpanjang hingga 12 Mei 2023

Makassar, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulawesi Selatan mencatat masih ada sebagian jemaah haji belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). Dari 7.272 orang di daftar berangkat tahun 2023, baru 6.806 melunasi Bipih.

Kemenag membuka pelunasan Bipih sejak 11 April hingga 5 Mei 2023. Belakangan pelunasan Bipih diperpanjang. Pemberangkatan jemaah haji tahun ini akan dimulai pada akhir Mei 2023.

"Data yang kami catat sampai dengan 5 Mei kemarin itu baru 94 persen, makanya ada perpanjangan pelunasan sampai tanggal 12 Mei mendatang," kata Humas Kemenag Sulsel Mawardi Siradj kepada IDN Times Sulsel, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Daftar Tunggu Terlama di Indonesia, Calon Haji Bantaeng Antre 47 Tahun

1. Jemaah belum melunasi Bipih bisa diganti oleh cadangan

Kemenag: Pelunasan Haji di Sulsel 94 PersenIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Kemenag Sulsel memastikan akan menunggu pelunasan Bipih hingga batas waktu 12 Mei 2023. Jika masih ada jemaah belum melunasi, maka akan digantikan dengan cadangan di daftar tunggu keberangkatan.

Sejauh ini masih ada 467 orang melunasi Bipih. Sedangkan jemaah cadangan yang melunasi Bipih ada 66 orang.

"Jadi kalau masih ada jemaah yang belum melunasi sampai batas waktu yang ditentukan itu, maka jemaah haji tersebut akan diganti dengan jemaah haji cadangan yang sudah melunasi," Mawardi menerangkan.

2. Banyak jemaah belum lunas di Makassar, Pare Pare sudah 100 persen

Kemenag: Pelunasan Haji di Sulsel 94 PersenIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Menurut sebaran daerah, Kemenag Sulsel mencatat jemaah asal Kota Makassar yang terbanyak belum melunasi Bipih. Jumlahnya 166 orang. Sedangkan tingka pelunasan baru 85 persen.

Di daerah lain, tingkat pelunasan bervariasi antara 85 persen hingga 99 persen. "Kalau yang 100 persen itu baru Pare Pare," ujar Mawardi.

3. Jemaah haji diingatkan persiapkan diri

Kemenag: Pelunasan Haji di Sulsel 94 PersenKepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni (Dok. Humas Kemenag Sulsel)

Kemenag Sulsel mulai menggelar manasik haji dua pekan terakhir. Teranyar, manasik digelar di Kabupaten Takalar, Jumat (5/5/2023).

Saat manasik di Takalar, Kepala Kemenag Sulsel Khaeroni mengingatkan jemaah agar fokus beribadah saat nanti tiba di Tanah Suci. Ibadah haji disebut butuh persiapan matang dan relatif lebih berat dibandingkan ibadah lainnya.

"Mulai kini harus menjaga kondisi fisiknya, karena haji ini ibadah fisik, butuh stamina lebih, dan begitu tiba di tanah suci manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk ibadah, jangan banyak belanjaannya," kata Khaeroni.

Baca Juga: Catat, Ini Kouta Haji 24 Kabupaten/Kota di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya