Intel Polisi Datangi Rumah Siswa SMP Islam Athirah Makassar yang Tewas

Polda Sulsel tidak tahu polisi datangi rumah korban

Makassar, IDN Times - Sejumlah polisi dari Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), tiba-tiba mendatangi rumah almarhum Basman Nafa Nasykura, siswa SMP Islam Athirah yang tewas di sekolahnya.

Rumah Basman di Jalan Hertasning Baru Makassar, didatangi sejumlah polisi intel pada Selasa (30/5/2023). Ayah Basman, Benny Nurdin Yusuf, mengaku kaget dengan kehadiran para intel tersebut.

Namun Benny, Kepala Subdirektorat Prasarana Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan pada Kementerian Perhubungan itu mengatakan, kehadiran anggota polisi intel itu dari perintah atasan mereka di Polda Sulsel.

"Ada tadi DItintelkam Polda saya tidak tahu tiba-tiba datang, mereka sampaikan ada perintah dari pimpinannya terkait kasus ini untuk perlu dipantau. Sehingga kedatangan beliau-beliau tentu menanyakan seputar kematian anak saya," ungkap Benny kepada wartawan usai pertemuan itu.

Kasus kematian Basman, siswa kelas 8 ini diselidiki oleh pihak penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar. Korban diduga tewas usai terjatuh dari lantai 8 bangunan Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Rabu pagi (24/5/2023).

1. Benny sebut anggota intel kunjungi rumahnya untuk pemantauan

Intel Polisi Datangi Rumah Siswa SMP Islam Athirah Makassar yang TewasAyah Basman Nafa Nasykura, Benny Nurdin Yusuf dan ibunya, Jane Riatri Timbonga. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pantauan IDN Times Sulsel, ada lima anggota polisi dari Ditintelkam Polda Sulsel yang datang dengan mengenakan baju kaos. Mereka disebut bertemu dengan ayah almarhum Basman, Benny didampingi kuasa hukumnya kurang lebih dua jam. Terlihat salah satu penyidik membawa berkas bertuliskan unit 2 Polda.

"Memang cukup lama pertemuan tadi untuk ngobrol seputaran kasus kematian anak saya," kata Benny.

Kedatangan intel polisi dari Polda Sulsel itu, menurut Benny, hanya untuk memantau situasi di rumah korban. "Kita percayakan kepada pihak Polrestabes untuk bekerja profesional," ujar Benny.

2. Polda Sulsel tidak tahu kedatangan intel

Intel Polisi Datangi Rumah Siswa SMP Islam Athirah Makassar yang TewasKabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana, menyebutkan, tidak ada pemberitahuan terkait kedatangan anggota Ditintelkam Polda Sulsel ke rumah siswa Islam Athirah itu.

"Saya belum tahu intel dari mana itu, bukan diikutsertakan. Bisa saja Polda turun untuk menginvestigasi, membantu atau backup wilayah. Tapi tugas intel bisa saja dia sebagai penggalangan, lidik tapi informasi-informasi itu dikembangkan ke Serse (Reskrim)," kata Komang kepada wartawan.

Baca Juga: Keluarga Nilai Ada Kejanggalan Kematian Siswa SMP Athirah Makassar

3. Benny yakin anaknya tidak bunuh diri

Intel Polisi Datangi Rumah Siswa SMP Islam Athirah Makassar yang TewasSuasana SMA Islam Athirah 1 Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Benny menyebutkan dia sudah mendatangi sekolah SMP Islam Athirah pada Senin (29/5/2023) kemarin. Dia ingin memastikan lagi apakah benar putra sulungnya itu bunuh diri dari lantai 8. Dia pun mengamati langsung bangunan sekolah tersebut hingga mendatangi titik-titik anaknya singgah sebelum jatuh.

"Kemarin itu saya hanya ingin memastikan seperti apa lokasi kejadian, dan saya melihat sesuai dengan yang diberitakan, ada lantai 8, ada rooftop, terus saya juga memastikan (lokasi) sepatu dan tas anak saya dimana, serta titik jatuhnya. Itu saja yang saya lihat," ungkap Benny Nurdin Yusuf.

"Kalau saya lihat di lantai 8 itu tidak ada tempat untuk lompat, sehingga saya melihat di rooftop itulah ada tangga. Saya tanya orang di sana tidak ada yang lihat, CCTV juga tidak bisa membuktikan bahwa anak saya naik ke atas. Sehingga saya masih yakin anak saya tidak bunuh diri," sambungnya.

Baca Juga: Siswa Athirah Tewas, Keluarga Masih Harap Polisi Ungkap Kejanggalan 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya